Apindo Bangun Kemitraan Pengusaha Daerah-Asing

Oleh : Herry Barus | Kamis, 06 Desember 2018 - 15:12 WIB

 Shinta W. Kamdani, Wakil Ketua Umum Kadin Indonesia bidang Hubungan Internasional (Foto ist)
Shinta W. Kamdani, Wakil Ketua Umum Kadin Indonesia bidang Hubungan Internasional (Foto ist)

INDUSTRY.co.id - Jakarta- Wakil Ketua Umum Asosiasi Pengusaha Indonesia (Apindo) Shinta Widjaja Kamdani mengatakan pihaknya tengah berupaya membangun kemitraan pemilik usaha di daerah selain ibukota DKI Jakarta dengan pengusaha asing.

Saat menyampaikan Prospek Ekonomi dan Bisnis di Indonesia pada 2019 di Jakarta, Rabu (5/12/2018) , Shinta menjelaskan bahwa banyak pengusaha daerah dan penggiat usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) yang memiliki kemampuan untuk mendunia, tetapi terhalang masalah pendanaan dan alih-teknologi.

"Yang penting saat ini adalah membangun kemitraan. Kontribusi apa yang dapat diberikan pengusaha-pengusaha di daerah di saat mereka membangun kemitraan dengan pengusaha asing," sebut Shinta kepada Antara.

Oleh karenanya, ia mengaku pihaknya banyak berkeliling untuk mengajak para pengusaha asing skala menengah yang ingin bermitra dengan pebisnis di Indonesia, khususnya di daerah selain kota-kota besar.

"Problemnya saat ini, banyak pengusaha daerah yang harus ditingkatkan kapasitasnya, belum lagi soal 'global value chain'. Itu yang harus didukung (oleh pemerintah bersama asosiasi pengusaha)," jelas Shinta.

Dalam kesempatan itu, Apindo menyoroti prosedur perizinan yang kerap simpang-siur berpotensi menghambat investasi.

Pasalnya, beberapa perizinan seperti izin lokasi, IMB (izin mendirikan bangunan), SIUP (surat izin usaha perdagangan), TDP (tanda daftar perusahaan), dan HO (izin gangguan) yang menjadi kewenangan pemerintah kabupaten/kota menjadi penentu keberlangsungan investasi dan berusaha di daerah.

Alhasil, Apindo menghimbau agar pemerintah harus mengevaluasi penerapan sistem perizinan tunggal (Online Single Submission/OSS), seraya menyelaraskan regulasi usaha baik di tingkat pusat dan daerah.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Kerjasama Grab dan Pegadaian

Rabu, 22 Mei 2019 - 12:51 WIB

Jaring Nasabah Baru, Pegadaian dan Grab Kerjasama Produk #PegadaianGrabBenefit

Kerjasama ini merupakan bentuk program #PegadaianGrabBenefit yang bertujuan untuk mendapatkan segmen nasabah baru yaitu Mitra Grab serta mendorong peningkatan kinerja bisnis Produk Kreasi Multiguna…

Dirjen Kemensos, Harry Hikmat (Foto Dok Industry.co.id)

Rabu, 22 Mei 2019 - 12:48 WIB

Penyaluran Bansos PKH Makin Transparan Dengan OM-SPAN

Kementerian Sosial berkomitmen untuk menyalurkan bantuan sosial Program Keluarga Harapan (PKH) lebih efektif, efisien, ekonomis, transparan dan akuntabel.

Ilustrasi Balap Sepeda (Foto Ist)

Rabu, 22 Mei 2019 - 12:00 WIB

Tanpa Penjelasan Pasti, Balap Sepeda TdF dan TdT Ditiadakan

Kepala Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Provinsi Nusa Tenggara Timur Wayan Darmawa mengatakan pemerintah Provinsi NTT tidak menggelar kegiatan balap sepeda Tour de Flores (TdF) dan Tour…

Data Analyst Moka Hutami Nadya

Rabu, 22 Mei 2019 - 11:41 WIB

Semangat Bantu UKM, Moka Berbagi Strategi Bisnis dengan Tren Data Ramadan

Melalui medium microsite dan e-book Ramadan yang dapat diakses secara gratis, paparan data ini memberikan tiga gambaran utama untuk bisnis, yaitu dengan menunjukkan tren ritel dan F&B selama…

Dok. Kementerian PUPR

Rabu, 22 Mei 2019 - 11:33 WIB

Jembatan Gantung Kian Rai Ikun Mudahkan Akses Warga Desa di Kabupaten Belu NTT

Program pembangunan jembatan gantung merupakan bagian dari program Nawa Cita Presiden Republik Indonesia yaitu membangun Indonesia dari pinggiran dengan memperkuat daerah-daerah dan desa dalam…