Apindo Bangun Kemitraan Pengusaha Daerah-Asing

Oleh : Herry Barus | Kamis, 06 Desember 2018 - 15:12 WIB

 Shinta W. Kamdani, Wakil Ketua Umum Kadin Indonesia bidang Hubungan Internasional (Foto ist)
Shinta W. Kamdani, Wakil Ketua Umum Kadin Indonesia bidang Hubungan Internasional (Foto ist)

INDUSTRY.co.id - Jakarta- Wakil Ketua Umum Asosiasi Pengusaha Indonesia (Apindo) Shinta Widjaja Kamdani mengatakan pihaknya tengah berupaya membangun kemitraan pemilik usaha di daerah selain ibukota DKI Jakarta dengan pengusaha asing.

Saat menyampaikan Prospek Ekonomi dan Bisnis di Indonesia pada 2019 di Jakarta, Rabu (5/12/2018) , Shinta menjelaskan bahwa banyak pengusaha daerah dan penggiat usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) yang memiliki kemampuan untuk mendunia, tetapi terhalang masalah pendanaan dan alih-teknologi.

"Yang penting saat ini adalah membangun kemitraan. Kontribusi apa yang dapat diberikan pengusaha-pengusaha di daerah di saat mereka membangun kemitraan dengan pengusaha asing," sebut Shinta kepada Antara.

Oleh karenanya, ia mengaku pihaknya banyak berkeliling untuk mengajak para pengusaha asing skala menengah yang ingin bermitra dengan pebisnis di Indonesia, khususnya di daerah selain kota-kota besar.

"Problemnya saat ini, banyak pengusaha daerah yang harus ditingkatkan kapasitasnya, belum lagi soal 'global value chain'. Itu yang harus didukung (oleh pemerintah bersama asosiasi pengusaha)," jelas Shinta.

Dalam kesempatan itu, Apindo menyoroti prosedur perizinan yang kerap simpang-siur berpotensi menghambat investasi.

Pasalnya, beberapa perizinan seperti izin lokasi, IMB (izin mendirikan bangunan), SIUP (surat izin usaha perdagangan), TDP (tanda daftar perusahaan), dan HO (izin gangguan) yang menjadi kewenangan pemerintah kabupaten/kota menjadi penentu keberlangsungan investasi dan berusaha di daerah.

Alhasil, Apindo menghimbau agar pemerintah harus mengevaluasi penerapan sistem perizinan tunggal (Online Single Submission/OSS), seraya menyelaraskan regulasi usaha baik di tingkat pusat dan daerah.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

PJ Gubernur Turut Hadir dalam Paskah ASN DKI Jakarta 2024

Minggu, 05 Mei 2024 - 22:53 WIB

Hadiri Paskah, Heru Imbau ASN Tingkatkan Pelayanan Bagi Masyarakat

Jakarta- Pemerintah Provinsi DKI Jakarta menggelar perayaan Paskah Bersama 2024 dengan mengangat tema "Aktualisasi Nilai-Nilai Paskah Pemerintah Provinsi DKI Jakarta Tahun 2024" yang digelar…

Atlet tim Thomas dan Uber

Minggu, 05 Mei 2024 - 22:38 WIB

BNI Apresiasi Tim Thomas dan Uber Indonesia  

PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk atau BNI selaku sponsor resmi Persatuan Bulu Tangkis Seluruh Indonesia (PBSI) menyampaikan apresiasi setinggi-tingginya atas prestasi luar biasa Tim Thomas…

BTN Raih Best Savings Bank Award

Minggu, 05 Mei 2024 - 22:22 WIB

Konsisten Jalankan Peran, BTN Raih Best Savings Bank Award

Jakarta-Konsistensi PT Bank Tabungan Negara (Persero) Tbk menjalankan peran sebagai bank tabungan dan meningkatkan tingkat inklusi keuangan di masyarakat membuat perseroan meraih penghargaan…

Peluncuran Oreo Pokemon di Indonesia.

Minggu, 05 Mei 2024 - 22:11 WIB

Oreo Rayakan Kolaborasinya Bersama Pokemon. Ada Kepingan Biskuit Langka Berhadiah Perjalanan ke Jepang

Kolaborasi ini mengajak masyarakat untuk menemukan seluruh gambar koleksi karakter Pokemon pada kepingan biskuit Oreo dan berkesempatan mengikuti undian berhadiah istimewa.

Gebyar undian Bank Mandiri ini hoax

Minggu, 05 Mei 2024 - 21:00 WIB

Bank Mandiri Himbau Masabah untuk Hati-Hati pada Modus Penipuan Berkedok Undian Berhadiah

Bank Mandiri mengimbau kepada para nasabah untuk berhati-hati dengan kejahatan pembobolan rekening dengan modus penipuan berkedok undian berhadiah. Aksi kejahatan dengan modus yang mengatasnamakan…