Industri Properti 2019 Belum Sepenuhnya Pulih

Oleh : Herry Barus | Kamis, 06 Desember 2018 - 15:04 WIB

Ilustrasi Perumahan
Ilustrasi Perumahan

INDUSTRY.co.id - Jakarta- Asosiasi Pengusaha Indonesia (Apindo) memperkirakan sektor properti pada 2019 masih belum sepenuhnya pulih, melanjutkan tren pelambatan pertumbuhan pada 2018.

Ketua Kompartemen Properti Apindo Eddy Hussy di Jakarta, Rabu (5/12/2018)  menyampaikan tantangan dunia properti pada 2019 tidak hanya dilihat dari kondisi ekonomi, tetapi dari situasi politik.

Menurut dia, masyarakat cenderung memiliki banyak pertimbangan dalam membeli properti. Pasalnya, properti merupakan salah satu bentuk investasi jangka panjang.

"Pemilik properti, mulai dari 'office' (perkantoran) dan apartemen harus jeli melihat peluang pada 2019 nanti," sebut Eddy.

Dalam kesempatan itu, Ketua Umum Apindo Hariyadi Sukamdani turut menyoroti alternatif pendanaan yang harus disediakan pemerintah untuk mendorong agar sektor properti terus bertumbuh.

Ia berpendapat, pendanaan untuk sektor properti tidak dapat bergantung pada perbankan, mengingat banyak bank beranggapan keuntungan berinvestasi di sektor properti cenderung kecil.

"Kita mendorong agar sektor properti, khususnya pembangunan rumah juga dapat memanfaatkan dana dari BPJS (Badan Penyelenggara Jaminan Sosial) tenaga kerja dan hari tua. Ada dasar hukumnya, peraturan pemerintah menyebut bahwa 15 persen dari jaminan hari tua dapat dialokasikan untuk perumahan," terang Hariyadi.

Ia menyebut, nilai yang berpotensi dapat dialokasikan ke sektor perumahan mencapai Rp78 triliun.

"Tentu tidak semua uang itu digunakan," sebut Hariyadi.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Direktur Utama Bank, BTN, Maryono, sedang memberikan kuliah umum di kampus Universitas Andalas di Padang, Sumatera Barat, Rabu (24/04/2019)

Rabu, 24 April 2019 - 22:38 WIB

Bank BTN Berharap Dunia Kampus dapat Beradaptasi dengan Teknologi Digital

PT Bank Tabungan Negara Tbk (BBTN), atau Bank BTN, menilai dunia pendidikan perlu dibekali pengetahuan yang sesuai dengan kebutuhan zaman sehingga lulusannya mampu beradaptasi dengan kemajuan…

Sriyono pengrajin kain pantai Sukoharjo yang mendunia

Rabu, 24 April 2019 - 22:09 WIB

Kisah Sukses Sriyono Pengrajin Kain Pantai Sukoharjo yang Mendunia

Di Kabupaten Sukoharjo banyak pelaku UMKM yang sukses membangun usahanya setelah mendapat pinjaman bunga lunak dari LPDB melalui BPR Kartarsura Makmur.

Hoshino Resorts Aomoriya

Rabu, 24 April 2019 - 22:00 WIB

Hoshino Resorts Aomoriya Terpilih Jadi Salah Satu dari 20 Ryokan Terbaik di Jepang

Perusahaan Manajemen Hotel, Hoshino Resorts melalui salah satu cabangnya, Hoshino Resorts Aomoriya, dinobatkan untuk pertama kalinya dalam "Top20 Ryokans in Japan by International Travelers…

Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto saat meninjau pabrik Kaca Alat Farmasi dan Kesehatan PT Schott Igar Glass

Rabu, 24 April 2019 - 20:45 WIB

Industri Kaca Alat Farmasi dan Kesehatan Nasional Tambah Kapasitas Produksi

Kementerian Perindustrian (Kemenperin) terus memacu pengembangan industri kaca untuk alat-alat farmasi dan kesehatan.

Presiden Joko Widodo bersama Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto saat meninjau pameran prosuk kerajinan di INACRAFT 2019

Rabu, 24 April 2019 - 20:15 WIB

Inacraft Targetkan Penjualan Capai Rp 146 Miliar

Menteri Perinduatrian Airlangga Hartarto menyebutkan, penyelenggaraan Inacraft tahun ini, menargetkan transaksi penjualan hingga Rp146 miliar.