Kepala SKK Migas Pelajari Cekungan Giant Discovery

Oleh : Herry Barus | Selasa, 04 Desember 2018 - 09:16 WIB

Dwi Soetjipto Kepala SKK Migas(Foto BUMNTrack)
Dwi Soetjipto Kepala SKK Migas(Foto BUMNTrack)

INDUSTRY.co.id - Jakarta - Kepala SKK Migas baru Dwi Soetjipto akan mempelajari dan memetakan cekungan-cekungan yang berpotensi menjadi cadangan migas besar yang baru atau "giant discovery".

"Saya harus pelajari dulu posisinya seperti apa nanti. Dalam satu dua pekan ini memetakan atau mapping cekungan itu ada dimana yang bisa besar," katanya di Jakarta, Senin (3/12/2018)

Dia juga akan mempelajari data-data dan servis yang telah didapat oleh Kepala SKK Migas sebelumnya Amien Sunaryadi dan timnya.

Upaya Dwi dalam rangka menemukan cadangan migas besar yang baru tersebut merupakan amanah yang disampaikan oleh Amien saat menyampaikan pidato terakhirnya sebagai Kepala SKK Migas.

Dalam pidatonya tersebut, Amien menyampaikan agar perusahaan Indonesia bisa menemukan cadangan migas besar yang baru. "Pesan saya Indonesia butuh cadangan besar baru," tuturnya.

Hal itu menurutnya karena upaya untuk meningkatkan produksi saat ini, namun kalau dilihat dari "lifting" minyak paling naik 300 ribu barel dari 725 ribu barel menjadi satu juta barel. "Itu bukan yang dibutuhkan Indonesia. Indonesia butuh sekitar 1,5 juta barel, jadi yang dibutuhkan oleh Indonesia mau tidak mau adalah cadangan besar yang baru atau giant discovery," tutur Amien.

Perusahaan Indonesia pernah menemukan cadangan minyak agak besar di Jatibarang pada tahun 1967 dan Bunyu Nibung pada tahun 1974. Sejak saat itu perusahaan migas Indonesia belum menemukan kembali cadangan minyak seperti itu, dan bahkan cadangan-cadangan migas berukuran besar di Indonesia ditemukan namun oleh perusahaan asing.

Dwi Soetjipto sebelumnya menjabat sebagai Direktur Utama PT Pertamina periode 2014 hingga 2017. Selama menjabat di Pertamina, ada beberapa pekerjaan yang dilakukan. Salah satunya adalah membekukan PT Pertamina Energy Trading (Petral).

Dwi juga pernah menjabat sebagai Direktur Utama PT Semen Gresik sejak tahun 2005. Seiring dengan transformasi Semen Gresik menjadi PT Semen Indonesia, Dwi melanjutkan jabatannya sebagai orang nomor satu di Semen Indonesia dari tahun 2010 hingga 2014.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Perkuat Ketahanan Pangan, ID Food bersama Kostrad Lakukan Panen dan Penanaman Budidaya Padi Tahap II di Lahan Strategis

Kamis, 18 April 2024 - 22:02 WIB

Perkuat Ketahanan Pangan, ID Food bersama Kostrad Lakukan Panen dan Penanaman Budidaya Padi Tahap II di Lahan Strategis

Subang – Dalam rangka mendukung peningkatan produksi beras nasional, Holding BUMN Pangan ID Food melakukan kolaborasi bersama Komando Cadangan Strategis Angkatan Darat (Kostrad) melalui pengembangan…

Pemprov DKI Jakarta Apresiasi Bank DKI Sebagai BUMD Penyumbang Dividen Terbesar

Kamis, 18 April 2024 - 21:30 WIB

Top! Pemprov DKI Jakarta Apresiasi Bank DKI Sebagai BUMD Penyumbang Dividen Terbesar

Jakarta-Pemprov DKI Jakarta melalui Kepala Badan BP BUMD Provinsi DKI Jakarta, Nasruddin Djoko Surjono menyampaikan apresiasi atas kontribusi Bank DKI sebagai Badan Usaha Milik Daerah (BUMD)…

Chief Commercial Officer Telin Kharisma (keempat dari kanan) dan Group Chief Executive of Dialog Axiata PLC Supun Weerasinghe (kelima dari kiri) saat penandatanganan kemitraan strategis untuk pengelolaan layanan terminasi suara dan SMS internasional antara Telin dan Dialog Axiata

Kamis, 18 April 2024 - 21:03 WIB

Telin dan Dialog Axiata Tandatangani Kemitraan Strategis untuk Kelola Layanan Terminasi Suara dan SMS Internasional

Telin, anak perusahaan Telkom Indonesia yang melayani pelanggan global, dan Dialog Axiata PLC, penyedia konektivitas nomor satu di Sri Lanka, telah menandatangani Perjanjian Layanan Induk (Master…

Ilustrasi pembayaran menggunakan PayLater

Kamis, 18 April 2024 - 17:39 WIB

Pinjol dan Paylater Marak, Perbankan Perlu Ubah Strategi Agar Kredit Mudah Diakses

Laporan terbaru dari Bank Indonesia (BI) tentang kredit nasional dalam Hasil Rapat Dewan Gubernur bulan Maret 2024 mengungkapkan adanya pertumbuhan kredit pada sektor perbankan sebesar 11,28%…

Kawasan Labuan Bajo – Tanamori

Kamis, 18 April 2024 - 17:23 WIB

Kabar dari Labuan Bajo! Pemda Mabar Rencanakan Pembangunan Poltekpar Negeri, Upaya Pemerintah Tingkatkan SDM Unggul

Labuan Bajo-Dalam rangka peningkatan Sumber Daya Manusia (SDM) di Destinasi Pariwisata Super Prioritas Labuan Bajo Flores, Pemerintah Daerah Kabupaten Manggarai Barat bersama Badan Pelaksana…