Produksi Minyak Sukowati Capai 9.700 Barel/Hari

Oleh : Herry Barus | Kamis, 29 November 2018 - 21:20 WIB

Blok Migas (Foto Dok Industry.co.id)
Blok Migas (Foto Dok Industry.co.id)

INDUSTRY.co.id - Kuta- Produksi minyak lapangan Sukowati di Bojonegoro, Jawa Timur, mencapai rata-rata 9.700 barel/hari, meningkat dari produksi pada 20 Mei yang sebesar 6.800 barel/hari.

"Produksi minyak lapangan Sukowati Bojonegoro terus naik setelah dikelola secara penuh oleh Pertamina EP sejak 20 Mei 2018. Sebelum itu dikelola Join Operating Body (JOB) Pertamina-Petrochina East Java (PPEJ) produksinya 6.800 barel per hari," kata Presiden Direktur PT Pertamina EP Nanang Abdul Manafdia di Kuta, Bali, Rabu (28/11/2018)

Media Gathering di Kuta diikuti wartawan dari 54 media di lima wilayah kerja asset Pertamina EP di Tanah Air. Pertamina EP, lanjut dia, melakukan melakukan upaya untuk meningkatkan produksi sumur minyak lapangan Sukowati salah satunya melalui injeksi.

"Secara alamiah produksi sumur minyak Sukowati menurun, tapi dengan adanya injeksi juga usaha lainnya maka produksi sumur minyak lapangan Sukowati di Bojonegoro bisa terus ditingkatkan, " katanya kepada awak media.

Bahkan, ia optimistis dengan berbagai upaya yang sekarang ini terus dilakukan maka produksi sumur minyak lapangan Sukowati akan terus meningkat. Apalagi, menurut dia, Pertamina EP juga sudah merencanakan mengembangkan lapangan Sukowati C di Bojonegoro.

"Ya lapangan Sukowati C akan kami dorong agar bisa terealisasi, " ucapnya.

Menurut dia, produksi minyak di wilayah kerja asset Pertamina EP mampu memasok produksi minyak secara nasional sekitar 10 persen. "Produksi minyak nasional berkisar 700 ribu - 800 ribu barel per hari, di antaranya sekitar 10 persen berasal dari produksi minyak di wilayah kerja asset Pertamina EP, " katanya.

Yang jelas, menurut dia, tantangan yang dihadapi Pertamina EP yakni harus mampu meningkatkan produksi minyak baik dengan mencari cadangan minyak baru yang signifikan maupun melakukan berbagai usaha untuk mempertahankan produksi sumur minyak yang secara alamiah menurun.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

AAJI bersama anggotanya menanam mangrove di PIK

Minggu, 05 Mei 2024 - 06:04 WIB

AAJI Tanam 2000 Bibit Mangrove dan Berikan Literasi Keuangan Pada Kelompok Nelayan

Asosiasi Asuransi Jiwa Indonesia (AAJI) bersama dengan 27 perusahaan anggotanya menunjukkan komitmennya terhadap kelestarian lingkungan dan pemberdayaan masyarakat melalui kegiatan “AAJI Peduli…

Pelatihan membaca nyaring di Kota Padang.

Sabtu, 04 Mei 2024 - 22:56 WIB

Sejumlah Guru, Pegiat Literasi Hingga Orang Tua Ikuti Pembekalan Membaca Nyaring di Kota Padang

Pelatihan membaca nyaring di Kota Padang terbagi ke dalam tiga kelas, yaitu kelas orang tua, kelas guru dan kelas pustakawan/pegiat literasi.

Gedung BNI di Pejompongan Jakarta Pusat

Sabtu, 04 Mei 2024 - 22:51 WIB

Dukungan BUMN Bikin Olahraga Indonesia Semakin Moncer

Dukungan yang diberikan Badan Usaha Milik Negara (BUMN) terhadap aktivitas olahraga, membuat moncer sejumlah cabang olahraga di Indonesia.

Tim Thomas dan Uber ke Final

Sabtu, 04 Mei 2024 - 20:48 WIB

Melaju ke Final, BNI Apresiasi Keberhasilan Tim Thomas dan Uber Indonesia

PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk atau BNI mengucapkan selamat dan menyampaikan apresiasi setinggi-tingginya atas keberhasilan Tim Thomas dan Uber Indonesia melaju ke babak final Kejuaraan…

Delegasi Indonesia asal Kota Bekasi Tampil di Ajang Dubai International Chamber 2024

Sabtu, 04 Mei 2024 - 20:10 WIB

Keren! Delegasi Indonesia asal Kota Bekasi Tampil di Ajang Dubai International Chamber 2024

Jakarta-Bantar Gebang, yang terletak di Bekasi, Jawa Barat, adalah tempat pembuangan sampah terbesar di dunia. Setiap hari, Jakarta menghasilkan sekitar 15.000 ton sampah yang dibuang ke Tempat…