Peremajaan Kepala Sawit di Batito Utara 3.600 Hektare

Oleh : Herry Barus | Rabu, 28 November 2018 - 19:00 WIB

Kebun Kelapa Sawit (Ist)
Kebun Kelapa Sawit (Ist)

INDUSTRY.co.id - Muara Teweh- Pemerintah Kabupaten Barito Utara, Kalimantan Tengah, melakukan program peremajaan (replanting) kebun kelapa sawit milik petani plasma perusahaan perkebunan PT Antang Ganda Utama PIR Butong Kecamatan Teweh Selatan seluas 3.600 hektare.

"Program yang direncanakan mulai 2019 mendatang ini kami kawal dan fasilitasi agar berjalan sesuai persyaratan yang berlaku," kata Kepala Dinas Pertanian Barito Utara (Barut) Setia Budi pada sosialisasi peremajaan kelapa sawit pekebun dalam kerangka pendanaan Badan Pengelola Dana Perkebunan Kepala Sawit di Muara Teweh, Selasa (27/11/2018)

Menurut Budi, untuk kegiatan peremajaan kelapa sawit di Barito Utara ini alokasinya paling luas mencapai 3.600 haktare dibanding rencana lahan di kabupaten lain di Kalteng hanya sekitar 1.500 haktare.

Inilah, kata dia, upaya pihaknya untuk mendorong masyarakat atau petani kepala sawit di daerah ini agar serius mengurus berkas sebagai peserta replanting.

"Untuk tahap I peremajaan kelapa sawit seluas 852 hektare tahun ini masih menyelesaikan dokumen dan 2019 nanti mulai dilaksanakan. Luas ini akan terus berkembang dengan kesiapan petani mengurus administrasi," katanya.

Sementara Sekretaris Tim Peremajaan Kelapa Sawit Pekebun Barito Utara Aburrahman mengatakan kegiatan ini untuk menyosialisasikan adanya program peremajaan kelapa sawit rakyat kepada pemangku kepentingan di tingkat kabupaten dan perbankan.

Kemudian guna mencapai kesepahaman dan menyinkronisasikan peranan semua "stakeholder" dalam mendukung pengembangan usaha perkebunan kelapa sawit yang lebih efisien terintegrasi dan berkelanjutan melalui peremajaaan kelapa sawit.

"Melalui kegiatan ini diharapkan mampu meningkatkan pengetahuan dan keterampilan petani kelapa sawit, khususnya dalam praktik budi daya kelapa sawit sehingga berdampak bagi peningkatan ekonomi pekebun," jelas Abdurrahman yang juga Kabid Perkebunan Dinas Pertanian Barut ini.

Dia mengatakan peremajaan perkebunan kepala sawit di lahan plasma ini berada di Satuan Pemukiman (SP) 1, SP 2, SP 3 dan SP 4 milik sebanyak 1.800 kepala keluarga.

Produktivitas tanaman kelapa sawit milik petani plasma yang telah berusia 23-24 tahun ini dinilai mulai berkurang yakni biasanya dengan hasil lebih dari 10 ton per tahun per hektare, kini rata-rata hanya kurang dari 8 ton/tahun/hektare.

"Para petani plasma yang berhak menjadi peserta program replanting ini dengan syarat di antaranya lahan kebun plasma itu memiliki sertifikat dan berada di luar kawasan hutan," katanya.

Program peremajaan kelapa sawit yang dilakukan dengan menebang habis pohon yang ada merupakan bantuan hibah dari dana pungutan ekspor minyak sawit mentah (CPO) di mana setiap satu hektare mendapat bantuan Rp25 juta atau Rp50 juta per kapling.

"Jadi bila seluruh syarat yang ditetapkan terpenuhi, kebun petani plasma diusulkan untuk penanaman pada tahun depan dengan bibit unggul berasal dari sumber benih asli penangkaran di Batam, Kepulauan Riau, varietas TN 1," jelasnya.

Kebun sawit milik petani plasma dari PT AGU merupakan perusahaan kelapa sawit tertua di Kalteng. Kini manajemennya tergabung dalam grup PT Dhanistha Surya Nusantara yang memiliki areal seluas 18.087 hektare dengan produksi CPO sekitar 3.200 ton/bulan.(Ant)

Komentar Berita

Industri Hari Ini

The Telkom Hub (Foto: Doc Telkom)

Jumat, 05 Juni 2020 - 00:10 WIB

Kinerja Telkom Ciamik Patut Diacungi Jempol

Ekonom dari Ikatan Sarjana Ekonomi Indonesia (ISEI) Jawa Barat Acuviarta Kartubi, berdasarkan rekapitulasi data terakhir ekonomi makro, pertumbuhan ekonomi makro Indonesia hanya tumbuh 2,97%.…

Menperin Agus Gumiwang

Kamis, 04 Juni 2020 - 22:42 WIB

Kemenperin: Indonesia Masih Menjadi Negara Tujuan Utama Investasi Sektor Industri Manufaktur

Kementerian Perindusterian (Kemenperin) mencatat, selama periode tahun 2015-2019, total nilai penanaman modal asing (PMA) dari sektor industri manufaktur sebesar USD61,5 miliar.

Anand Stanley Presiden Direktur Airbus

Kamis, 04 Juni 2020 - 21:38 WIB

Gantikan Patrick de Castelbajac, Anand Stanley Bos Baru Airbus Asia Pasifik

Anand Stanley resmi menjadi Presiden Airbus Asia Pasifik yang berbasis di Singapura. Anand akan memegang raksasa industri penerbangan tersebut pada 1 Juli 2020 mendatang. Adapun beban Anand…

Gelar Harkopnas 2020 Secara Virtual, Dekopin Menanti Arahan Presiden

Kamis, 04 Juni 2020 - 20:55 WIB

Undang Presiden di Harkopnas Virtual 2020, Nurdin Halid: Covid-19 Momentum Redesain Struktur Ekonomi Negara

Jakarta-Wabah Covid-19 tidak membuat Dewan Koperasi Indonesia (Dekopin) mati gaya. Wadah tunggal gerakan Koperasi Indonesia itu berencana menggelar peringatan Hari Koperasi ke-73 pada 12 Juli…

Menteri Keuangan Sri Mulyani (foto Tempo)

Kamis, 04 Juni 2020 - 20:12 WIB

Kabar Gembira, Menkeu Sri Mulyani Bakal Gelontorkan Insentif Pajak Sebesar Rp123,01 Triliun untuk Dunia Usaha

Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani Indrawati menyampaikan Pemerintah akan mendukung dunia usaha bertahan dari dampak COVID-19 dengan memberikan insentif perpajakan mencapai Rp123,01 triliun.…