BATIKVAGANZA dan Kirab Budaya Ramaikan Gelaran Rapimnas Kadin

Oleh : Ridwan | Selasa, 27 November 2018 - 10:53 WIB

Ketua Umum Kadin Indonesia Rosa P. Roeslani saat membuka pameran BATIKVAGANZA (Foto: Kadin Indonesia)
Ketua Umum Kadin Indonesia Rosa P. Roeslani saat membuka pameran BATIKVAGANZA (Foto: Kadin Indonesia)

INDUSTRY.co.id - Solo, Rapat Pimpinan Nasional (Rapimnas) Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Indonesia 2018 yang digelar di Kota Solo akan diramaikan dengan serangkaian kegiatan, diantaranya pameran Batikvaganza yang akan digelar selama 3 hari, mulai dari tanggal 26-28 November 2018 di Hotel Alila berlangsung pukul 09.00 hingga 21.00 WIB.

Ketua Kadin Kota Surakarta Gareng S. Haryanto menuturkan, pameran ini menampilkan berbagai kreasi batik terkini dari berbagai daerah di Indonesia.

"Sedikitnya 57 stand UKM binaan kadin telah ambil bagian memeriahkan BATIKVAGANZA, bahkan produsen tekstil industri besar juga turut ambil bagian. Beberapa peserta pameran itu antara lain PT Sritex, Batik Danar Hadi, Batik Semar, Batik Riana Kesuma, Batik Mayaratna, Mustika Ratu dan masih banyak lagi," kata Gareng di Solo (26/11).

Selain produk batik, tambah Gareng, pameran ini juga memamerkan berbagai komoditas produk ukm unggulan daerah diantaranya ada yang sudah berorientasi ekspor. Hal tersebut sejalan dengan tema yang diusung dalam Rapimnas Kadin, “Meningkatkan Ekspor dan Mendorong Pembangunan Industri yang Berdaya Saing Menuju Pembangunan Ekonomi yang Berkeadilan”.

"BATIKVAGANZA merupakan bentuk konsistensi komitmen Kadin untuk mengembangkan UMKM, utamanya dalam hal ini batik sebagai warisan budaya yang bernilai tinggi," ungkap Gareng.

Menurutnya, dalam kaitan itu, Kadin mengajak para pelaku terkait untuk bersama-sama mendukung UMKM agar bisa terus maju dengan memberikan fasilitas permodalan, pelatihan SDM, dan akses pasar yang lebih besar.

Selain BATIKVAGANZA, Rapimnas Kadin juga akan diramaikan serangkaian kegiatan seperti acara welcoming dinner yang dimeriahkan oleh penyanyi kenamaan Katon Bagaskara dan tur Kota Solo. 

Tak hanya itu, kirab budaya juga akan dilaksanakan 27 November 2018 pukul 14.30-17.30 WIB. setelah acara Rapimnas resmi dibuka. Kirab mengambil rute dari stadion Sriwedari melewati Jalan Slamet Riyadi menuju Balai Kota Surakarta.

Panitia dan Pemerintah telah menyiapkan 50 kereta kencana untuk mendukung gelaran Kirab Budaya sebagai bagian dari kegiatan Rapimnas Kadin 2018. Ada Panggung kehormatan di depan Kantor Bank Indonesia.

Kegiatan acara dilanjutkan dengan welcoming dinner para peserta Rapimnas Kadin yang jamuannya diterima langsung oleh Wali Kota Solo FX Hadi Rudyatmo di Pendapi Gede Balai Kota Solo. 

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Perpusnas Press luncurkan 15 judul buku di Hari Buku Sedunia 2024.

Sabtu, 27 April 2024 - 21:05 WIB

Perpusnas Press Luncurkan 15 Judul Buku di Hari Buku Sedunia

Penerbit Perpusnas Press meluncurkan 15 judul di acara World Book Rumah Dunia sebagai dukungan terhadap kemajuan dunia perbukuan dan literasi.

Aksi donor darah di BRI Insurance

Sabtu, 27 April 2024 - 19:11 WIB

BRI Insurance Lakukan Aksi Donor Darah Sebagai Bentuk Kemanusiaan dan Kepedulian Sosial

Sebagai wujud kepedulian terhadap sosial lingkungan di momen HUT 35, BRI Insurance menggelar acara donor darah untuk Pekerja sebagai bentuk kegiatan kemanusiaan yang berlangsung di kantor pusat…

Prabowo dan Gibran (foto Istimewa)

Sabtu, 27 April 2024 - 17:20 WIB

Ini Harapan Pengusaha Kawasan Industri untuk Pemerintahan Prabowo - Gibran

Himpunan Kawasan Industri (HKI) mengucapkan selamat kepada Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka sebagai Presiden dan Wakil Presiden Indonesia terpilih.

Prodi Bisnis Digital, Jurusan Buat Kamu si Paling Gen Z

Sabtu, 27 April 2024 - 12:52 WIB

Prodi Bisnis Digital, Jurusan Buat Kamu si Paling Gen Z

Bagi kamu, Gen Z , tentu sudah tidak asing lagi dengan Jurusan Bisnis digital. Jurusan ini mempelajari tentang cara merancang bisnis yang dikembangkan menggunakan teknologi digital. Kenapa Kamu…

Cerita Film Syirik Related Dengan Gen Z dan Milenial

Sabtu, 27 April 2024 - 11:43 WIB

Cerita Film Syirik Related Dengan Gen Z dan Milenial

Film Syirik Neraka Pesisir Laut Selan Goes To School mendapat sambutann hangat dari ratusan siswa siswi SMK 3 Muhammadiyah Yogyakarta. Terbukti ratusan siswa setia menunggu keadiran aktor pendukung…