Dukung Infrastruktur, Pabrik Semen Segera Dibangun di NTT

Oleh : Herry Barus | Selasa, 21 Februari 2017 - 04:28 WIB

Ilustrasi Pabrik Semen.
Ilustrasi Pabrik Semen.

INDUSTRY.co.id - Kupang- Gubernur Nusa Tenggara Timur (NTT) Frans Lebu Raya mengatakan rencana pembangunan pabrik Semen Kupang Indonesia di Kupang segera terealisir.

"Proses persiapan sudah selesai. Rencananya peletakan batu pertama pembangunan Semen Kupang Indonesia ini akan dilakukan pada 10 Maret 2017," kata Gubernur Lebu Raya kepada Antara terkait rencana pembangunan Pabrik Semen Kupang Indonesia, Senin (20/2/2017)

Dia menjelaskan, pembangunan pabrik semen dengan kapasitas produksi 1,5 juta ton pertahun ini membutuhkan waktu sekitar tiga tahun, mulai dari pembebasan lahan, desain dan pengadaan pabrik.

Menurut dia, jika pabrik ini beroperasi, maka kapasitas produksi semen di Kupang akan mencapai 1,8 juta ton per tahun.

Saat ini produksi semen dari Pabrik Semen Kupang I dan Pabrik Semen Kupang II sebanyak 300.000 ton per tahun.

Dia mengatakan, awalnya pabrik yang akan dibangun ini dengan nama PT Semen Indonesia, namun dirinya meminta agar nama `Kupang yang melekat pada Pabrik Semen Kupang I dan II tidak dihilangkan, sehingga pabrik yang akan dibangun ini diberi nama Pabrik Semen Kupang Indonesia.

"Saya ingin tetap mempertahankan nama Kupang di pabrik semen ini untuk membuat orang Kupang bangga bahwa ada pabrik besar di Kupang," katanya.

Pembangunan pabrik Semen Kupang Indonesia yang direncanakan berlokasi di sekitar Kawasan Industeri Bolok itu dengan nilai investasi sebesar Rp2 triliun.

Pabrik ini dibangun bersama oleh PT Semen Indonesia (Persero) Tbk dan PT Semen Kupang (Persero).

Semen hasil produksi Semen Kupang Indonesia selain untuk memenuhi kebutuhan dalam negeri juga akan diekspor ke luar negeri seperti Timor Leste.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Wakil Walikota Bukittinggi Irwandi (tengah) usai meresmikan Bukittinggi Broadband Modern City didampingi oleh Direktur Network & IT Solution Telkom Zulhelfi Abidin

Jumat, 18 Oktober 2019 - 01:00 WIB

Telkom Resmikan Bukittinggi menjadi "Modern Broadband City"

Jakarta – PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk (Telkom) berhasil melakukan modernisasi infrastruktur telekomunikasi di kota Bukittinggi. Modernisasi jaringan ini dilakukan dengan menyediakan…

BCA Syariah sosialisasi dan edukasi yuk nabung saham syariah

Jumat, 18 Oktober 2019 - 00:53 WIB

BCA Syariah Optimis Gapai Kenaikan Rekening RDN Tahun Depan

Jakarta - BCA Syariah mendorong masyarakat untuk memiliki tabungan saham-saham syariah. Dorongan tersebut sebagai bentuk edukasi kepada masyarakat.

Vivi Wang, selaku Business Development Director Mobvista Asia Tenggara

Kamis, 17 Oktober 2019 - 23:01 WIB

Mobvista: Peluang Besar Mobile Marketing Konten Video

Jakarta - Mobvista mengeksplorasi bagaimana brand dan marketer di Indonesia dapat memanfaatkan peluang dengan lebih baik untuk memaksimalkan mobile marketing berbentuk konten video.

Prof. Dr. Mohammad Mahfud M.D

Kamis, 17 Oktober 2019 - 22:00 WIB

Mahfud MD: Mahasiswa Instrumen Utama Bela Negara

Peningkatan kualitas sumber daya manusia unggul yang berkarakter nasionalis dan adaptif terhadap perkembangan diperlukan untuk dapat menunjang tercapainya visi tersebut.

Diskusi Fintech bersama AwanTunai

Kamis, 17 Oktober 2019 - 21:39 WIB

Diperlukan Kolaborasi Untuk Pemanfaatan Fintech Dalam Mencapai SDGs

Dibutuhkan kolaborasi dan sinergi yang lebih baik antara pemerintah, sektor swasta, serta pelaku keuangan lainnya, dalam memanfaatkan teknologi keuangan sebagai solusi tantangan pembangunan,…