Hippindo: Sepuluh Merek Lokal Siap Jajaki Pasar Global

Oleh : Ahmad Fadli | Kamis, 22 November 2018 - 13:24 WIB

Kolaborasi Krista Exhibitions dan Himpunan Penyewa Pusat Perbelanjaan Indonesia (Hippindo) dalam acara bertajuk Modern Retail Expo di ajang Sial Interfood 2018, JIExpo Kemayoran, Kamis (22/11/2018)
Kolaborasi Krista Exhibitions dan Himpunan Penyewa Pusat Perbelanjaan Indonesia (Hippindo) dalam acara bertajuk Modern Retail Expo di ajang Sial Interfood 2018, JIExpo Kemayoran, Kamis (22/11/2018)

INDUSTRY.co.id, Jakarta - Ajang pameran aneka kuliner internasional atau Sial Interfood 2018 turut menghadirkan pelaku ritel modern dalam menjajaki pasar luar negeri. Pihak penyelenggara, Krista Exhibitions menghadirkan Modern Retail Expo 2018 bersama Himpunan Penyewa Pusat Perbelanjaan Indonesia (Hippindo) di JIExpo Kemayoran, Kamis (22/11/2018)

Dalam kesempatan tersebut, Ketua Umum Himpunan Penyewa Pusat Perbelanjaan Indonesia (Hippindo) Budihardjo Induasjah menyampaikan akan ada 10 merek lokal yang merambah pasar luar negeri untuk mendongkrak penjualan produk Indonesia.

Lanjutnya, setidaknya sudah ada 4 dari 400 brand anggota Hippindo yang telah menjajal pasar asing melalui strategi pembukaan gerai. Misalnya saja, Alfamart, JCo, The Executive dan restoran Sari Ratu.

“Meskipun kami [Hippindo] hanya sebagai tenant, kami dapat melakukan ekspor produk lokal dengan brand [anggota] kami, bisa dalam bentuk kepemilikan usaha atau membuka peluang waralaba,” ujar dia

Dia memerinci, selama ini Alfamart telah membuka tak kurang dari 100 gerai di Filipina, sedangkan restoran Sari Ratu  akan membuka 50 gerai di Singapura.

Adapun, J.Co telah berekspansi di Manila, Hong Kong, China, dan Singapura. Sementara itu, The Executive telah merambah Kuala Lumpur dan Vietnam.

Budihardjo mengaku asosiasinya mendorong upaya pemerintah untuk melakukan branding produk dalam negeri di pasar asing.

Sementara itu, CEO PT Kristamedia Pratama Daud D Salim menyampaikan Sial Interfood tak sekedar pameran melainkan diselenggarakan kompetisi memasak antar chef dari berbagai bidang masakan, demo teh dan kompetisi menyeduh teh, seminar dan workshop mengenai kopi dan wine, juga pertemuan bisnis antar pelaku industri kuliner internasional.

Ia  menambahkan disini ada banyak pameran makanan minuman, restoran, kafe, catering, dan lainnya. Ada banyak produk yang ditampilkan mulai dari kopi teh, cokelat, rempah-rempah, dan lainnya. Yang lebih menarik acara ini didukung asosiasi. Ada kompetisi kuliner yang pesertanya adalah chef dari hotel berbintang. Tahun lalu yang ikut ada 312 chef hotel berbintang.

“Tahun ini akan ada 610 chef. Dan, 10 persennya berasal dari chef internasional. Juri internasional ada 20 orang lebih. Selain itu untuk pertama kali akan ada proses pembuatan teh Nusantara. Ada banyak ragam teh Tanah air," pungkasnya

 

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Ulang Tahun Slank Band ke 36 di Waingapu NTT

Jumat, 13 Desember 2019 - 12:00 WIB

Ulang Tahun Slank Band ke 36 di Waingapu NTT

Bimbim Slank jatuh cinta dengan keperawanan dan keseksian Pulau Nusa Tenggara Timur (NTT) padahal sebelumnya Bim-Bim buta tentang NTT. Tapi lantaran keinginannya untuk membahagiakan keluarga…

Petani desa di tengah sawah (Foto: Dok Industry.co.id)

Jumat, 13 Desember 2019 - 11:33 WIB

Perlakuan Benih Cegah Serangan Hama dan Penyakit

Karawang Pengendalian hama atau Organisme Pengganggu Tumbuhan (OPT) tidak harus selalu dilakukan pada saat pertanaman sudah tumbuh. Akan tetapi bisa dilakukan juga pada benih padi sebelum ditanam.

Pengurus Asosiasi Bela Hak Cipta yang dipimpin oleh Erwanda Lukas alias Papa T Bob ( berdiri, paling kiri) beraudiensi dengan Komisioner Lembaga Manajemen Kolektif Nasional (LMKN) James F Sundah, Rien Uthami Dewi, Yessi Kurniawan dan Rapin Mudiarjo Kawaradji (Duduk).

Jumat, 13 Desember 2019 - 11:06 WIB

Di Hadapan Musisi Senior, LMKN Tegaskan Pembagian Royalti 2 X Setahun

Lembaga Manajemen Kolektif Nasional atau LMKN yang merupakan Lembaga resmi yang berwenang memungut royalti dan menyalurkannya ke pemilik karya dan hak cipta, menegaskan bahwa mereka menyalurkan…

Bank Permata (Foto Industry News)

Jumat, 13 Desember 2019 - 10:37 WIB

PermataBank Akan Dibeli Bankok Bank

Jakarta – Sehubungan dengan pelaksanaan Perjanjian Pembelian Saham Bersyarat yang diumumkan oleh pemegang saham mayoritas, Standard Chartered Bank (Standard Chartered) dan PT Astra International…

PT Asuransi Tugu Pratama Indonesia Tbk

Jumat, 13 Desember 2019 - 10:00 WIB

Tugu Insurance Raih Top 20 Financial Institution & The Best CFO dari The Finance

PT Asuransi Tugu Pratama Indonesia Tbk (Tugu Insurance) kembali mendapatkan penghargaan Top 20 Financial Institution dari The Finance. Berdasarkan riset yang dilakukan The Finance Institute,…