Kementerian Pertanian Berangkatkan Peneliti Berprestasi ke Taiwan

Oleh : Wiyanto | Minggu, 18 November 2018 - 11:15 WIB

Peneliti berprestasi ke Taiwan
Peneliti berprestasi ke Taiwan

INDUSTRY.co.id -

Taiwan Kementerian Pertanian memberangkatkan Peneliti Berprestasi untuk mempelajari inovasi teknologi pertanian modern khususnya bidang Hortikultura ke Taiwan, keberangkatan tersebut juga sebagai bentuk tindak lanjut dari apresiasi yang diberikan Menteri Pertanian kepada Sudarmadi Purnama.

Dia salah satu peneliti yang berhasil menemukan beberapa komoditas mangga hasil persilangan yang menghasilkan beberapa tipe mangga dan bisa dipanen hanya dalam hitungan satu tahun.

Sebagai lokasi pertama kunjungannya di Taiwan, Sudarmadi bersama peneliti lainnya berkesempatan untuk meninjau kebun buah naga dan mangga serta mendiskusikan berbagai potensi pengembangan budidaya hortikultura di Stasiun Riset Pertanian Taichung (The Taichung District Agricultural Research and Extension Station) di Taichung, Taiwan. Kota Taichung merupakan kota terbesar ketiga di Taiwan setelah Taipei dan Kaohsiung. Taichung adalah salah satu daerah yang cukup berhasil dalam mengembangkan pertanian modern.

Direktur Taichung District Agricultural Research and Extension Station, Hsueh-Shih Lin, menyambut baik kedatangan para peneliti pertanian Indonesia yang dipimpin Sudarmadi, ia menuturkan fungsi utama stasiun adalah melakukan pembibitan berbagai tanaman utama untuk kepentingan ekonomi, menyelidiki dan meningkatkan kualitas tanah, kesuburan, nutrisi lahan pertanian, hingga mendesain mesin-mesin pertanian "Kami juga mempelajari dan berusaha meningkatkan teknik pengelolaan pertanian di perdesaan" ujar Hsueh-Shih Lin.

Ditengah kunjungannya Sudarmadi mengatakan Indonesia memiliki kekayaan sumber daya alam yang sangat luar biasa, bahkan potensi budidaya hortikultura yang dimiliki Indonesia sangat kaya dan bermutu, sangat layak untuk dikembangkan hingga pasar dunia.

Indonesia kaya akan ragam hortikultura, termasuk buah buahannya, varietas mangga saja jumlahnya mencapai ratusan, yang terdaftar ada 304 varietas" ujar pria 62 tahun ini.

Para peneliti melanjutkan kunjungan ke World Flora Exposition (Flora Expo) di Houli Horse Ranch & Forest Park Area, Kota Taichung. Kegiatan ini menampilkan beragam tanaman aggrek dari 18 Negara yang ditata secara kreatif, termasuk anggrek hasil petani lokal di Taichung, yang memiliki harga jual kompetitif karena dibudidayakan menggunakan teknologi khsusus.

Sudarmadi mengatakan Flora Expo di Taichung bisa dicontoh oleh Indonesia. Menurut dia, dari sisi materi, Indonesia juga memiliki banyak flora yang bisa ditampilkan.

"Dari sisi materi, sebenarnya flora yang ditampilkan banyak yang sudah kita kenal. Tapi memang, pengemasannya sangat bagus. Ini sungguh pembelajaran yang sangat baik, yang bisa kita transformasikan kepada pecinta, pebisnis, dan petani bunga di Indonesia," ujarnya.

Taichung World Flora Exposition digelar sejak 3 November 2018 hingga 24 April 2019 di tiga tempat yakni Houlu, Waipu, dan Fengyuan. Kegiatan ini sangat populer di kalangan masyarakat. Pada akhir pekan, Expo di Holi mampu menarik 20.000 pengunjung per hari, dan 16.000 orang pada hari kerja .

Komentar Berita

Industri Hari Ini

PointStar gelar acara “Iftar Insights: Understand Retail Business Continuity & Operational Challenges during Ramadan”.

Jumat, 29 Maret 2024 - 00:47 WIB

PointStar Dukung Pemerintah Capai Target Pertumbuhan Lewat Transformasi Digital

PointStar berkomitmen untuk menyediakan solusi teknologi yang inovatif dan terdepan untuk membantu perusahaan ritel menghadapi tantangan perekonomian global dan lokal.

Kolaborasi Bank DKI dan PT Jalin Pembayaran Nusantara, Kini Nasabah Bank DKI Bisa Tarik Tunai Tanpa Kartu di ATM BRI

Kamis, 28 Maret 2024 - 22:44 WIB

Kolaborasi Bank DKI dan PT Jalin Pembayaran Nusantara, Kini Nasabah Bank DKI Bisa Tarik Tunai Tanpa Kartu di ATM BRI

Jakarta – Bank DKI kembali menunjukkan komitmennya dalam memberikan layanan terbaik kepada nasabah khususnya dalam layanan digital.

Bank DKI Raih Penghargaan Indonesia Best 50 CEO 2024

Kamis, 28 Maret 2024 - 22:27 WIB

Bank DKI Raih Penghargaan Indonesia Best 50 CEO 2024

Jakarta – Bank DKI kembali meraih apresiasi dari lembaga independen, kali ini dari media The Iconomics sebagai Indonesia Best 50 CEO pada Kategori Bank Daerah, yang diserahkan langsung pada…

Studi Klinis SANOIN dan P&G Health atasi anemia.

Kamis, 28 Maret 2024 - 22:06 WIB

SANOIN dan P&G Health Lakukan Studi Klinis Atasi Anemia

Beberapa temuan dari studi klinis SANOIN terbaru yang didukung P&G Health dan dilakukan oleh para pakar kesehatan terkemuka, menunjukkan efikasi dari suplementasi zat besi dengan Sangobion

Direktur Enterprise & Business Service Telkom Indonesia FM Venusiana R. bersama Kepala LKPP Hendar Prihadi

Kamis, 28 Maret 2024 - 21:48 WIB

Sistem E-Katalog Versi 6.0 LKPP Resmi Meluncur, Lebih Responsif, Bisa Lacak Pengiriman dan Pembayaran

Lembaga Kebijakan Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah (LKPP) luncurkan Katalog Elektronik Versi 6 pada Kamis (28/3) di Jakarta. Inovasi terbaru yang dibangun untuk meningkatkan performa sistem…