Pertamina Optimalisasi Performa Kompresor SKG

Oleh : Herry Barus | Sabtu, 17 November 2018 - 05:57 WIB

Ilustrasi Pertamina EP
Ilustrasi Pertamina EP

INDUSTRY.co.id - Jakarta - PT Pertamina EP Asset 5 Bunyu Field (PEP Bunyu) memberikan perawatan maksimal pada kompresor SKG dalam bentuk Reliability, Availability, and Maintenance (RAM) untuk mengatasi permasalahan kompresor di SKG Bunyu.

Bunyu Field Manager Julfrinson A. Sinaga dalam keterangan tertulis yang diterima Antara di Jakarta, Jumat memberikan apresiasi kepada tim RAM karena telah mengatasi permasalahan shut down kompresor SKG Bunyu.

Shut down kompresor SKG Bunyu ini disebabkan tingginya vibration fan cooler yang mencapai 1.3 ips. Sehingga fungsi RAM melakukan investigasi untuk mengatasi shut down tersebut.

 Hasil investigasi menunjukkan adanya beberapa permasalahan seperti terjadinya corrosion pada skid dudukan pillow block dan vibration censor yang disebabkan oleh cooler pendinginannya dibantu dengan pengguyuran air.

 Tim RAM PEP Bunyu segera melakukan perbaikan dengan mengganti skid structure dengan material yang sesuai agar kompresor tidak shut down. Tim terdiri dari Pedy Siampa (Hoist & Heavy Equipment Sr. Technician), Muhammad Nasrudin (Gas Production Supervisor), Antok Afan (Mechanical Senior Supervisor), Khairul (tenaga kerja jasa penunjang/TKJP), Dahlan (TKJP), dan Ishak Ponni (TKJP).

Melihat optimisme dan keberhasilan tim RAM dalam menangani shutdown, Bunyu RAM Assistant Manager Ahmad Irfan Goeltom berkomitmen untuk meningkatkan kehandalan kompresor lainnya di PEP Bunyu.

Selesainya permasalahan shut down kompresor ini akan berdampak signifikan pada upaya penambahan produksi PEP Bunyu Field.

PT Pertamina EP Asset 5 Bunyu Field (PEP Bunyu) merupakan salah satu field yang beroperasi di bawah pengawasan PT Pertamina EP Asset 5 (PEP Asset 5). Data Oktober 2018 menunjukkan bahwa produksi minyak mentah (YTD) PEP Bunyu sebesar 4.766 barrel oil per day (BOPD) dari target 4.363 BOPD, atau realisasi sebesar 109,2 persen dari target yang ditentukan. Sedangkan produksi gas (YTD) PEP Bunyu sebesar 6,83 million standard cubic feet per day (MMSCFD) dari target 7,60 MMSCFD, atau realisasi sebesar 89,9 persen.

Julfrinson mengungkapkan bahwa PEP Bunyu Field akan terus meningkatkan sinergi untuk meningkatkan angka produksi. " Kami optimis pada akhir tahun angka produksi dapat tercapai bahkan melebihi target", pungkasnya. (Ant)

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Ilustrasi Pabrik Kaca Lembaran

Rabu, 22 Mei 2019 - 14:30 WIB

Asosiasi Kaca Minta Presiden Baru Segera Tuntaskan Perpres 40/2016 Tentang Penurunan Harga Gas Bumi

Ketua Asosiasi Kaca Lembaran dan Pengaman (AKLP) Yustinus Gunawan mengatakan, salah satu upaya yang bisa dilakukan pemerintahan baru adalah implementasi Peraturan Presiden Nomor 40 Tahun 2016…

Nikmati Kemudahan Menginap saat Libur Lebaran bersama Traveloka

Rabu, 22 Mei 2019 - 14:07 WIB

Nikmati Kemudahan Menginap saat Libur Lebaran bersama Traveloka

Nikmati Kemudahan Menginap saat Libur Lebaran bersama Traveloka

Peringati Hari Jadi, CKB Logistics Bagi Berkah Ramadan untuk Anak Yatim dan Dhuafa

Rabu, 22 Mei 2019 - 13:59 WIB

Peringati Hari Jadi, CKB Logistics Bagi Berkah Ramadan untuk Anak Yatim dan Dhuafa

Peringati Hari Jadi, CKB Logistics Bagi Berkah Ramadan untuk Anak Yatim dan Dhuafa

Kerjasama Grab dan Pegadaian

Rabu, 22 Mei 2019 - 12:51 WIB

Jaring Nasabah Baru, Pegadaian dan Grab Kerjasama Produk #PegadaianGrabBenefit

Kerjasama ini merupakan bentuk program #PegadaianGrabBenefit yang bertujuan untuk mendapatkan segmen nasabah baru yaitu Mitra Grab serta mendorong peningkatan kinerja bisnis Produk Kreasi Multiguna…

Dirjen Kemensos, Harry Hikmat (Foto Dok Industry.co.id)

Rabu, 22 Mei 2019 - 12:48 WIB

Penyaluran Bansos PKH Makin Transparan Dengan OM-SPAN

Kementerian Sosial berkomitmen untuk menyalurkan bantuan sosial Program Keluarga Harapan (PKH) lebih efektif, efisien, ekonomis, transparan dan akuntabel.