Menpar AY Apresiasi Pemprov Jabar Kembangkan Industri Pariwisata

Oleh : Herry Barus | Rabu, 14 November 2018 - 08:45 WIB

Menteri Pariwisata, Arief Yahya (Foto: Kemenpar)
Menteri Pariwisata, Arief Yahya (Foto: Kemenpar)

INDUSTRY.co.id - Jakarta- Menteri Pariwisata (Menpar) Arief Yahya mengapresiasi cara dan upaya Pemerintah Provinsi Jawa Barat (Jabar) dalam mengembangkan sektor pariwisata sekaligus menjadikannya sebagai lokomotif pembangunan.

"Kami mengapresiasi kinerja Gubernur Jawa Barat beserta jajarannya yang mengedepankan pariwisata dalam rencana pembangunan 5 tahun ke depan," kata Menteri Pariwisata, Arief Yahya pada pembukaan Musrenbang RPJMD Provinsi Jawa Barat di Bandung, Selasa (13/11/2018)

Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) Jawa Barat menetapkan bahwa dalam 5 tahun mendatang, pariwisata dapat menjadi lokomotif pembangunan di Jawa Barat. Ada tiga destinasi pariwisata unggulan di Provinsi Jawa Barat yaitu Kota Bandung, Geopark Ciletuh di Pelabuhanratu, dan Pantai Pangandaran.

Ketiga lokasi ini akan dikembangkan sebagai destinasi kelas dunia dan selain tiga lokasi tersebut, masih banyak destinasi pariwisata yang akan dikembangkan menjadi daya tarik Jawa Barat.

 "Industri pariwisata merupakan industri yang paling murah dan mudah. Pariwisata bisa meningkatkan PBD dan devisa serta membuka lapangan kerja. Pariwisata bisa menjadi industri yang terbesar dan terbaik," kata Arief.

Secara keseluruhan, pembangunan pariwisata saat ini menempati posisi 9 untuk pertumbuhan pariwisata di dunia, posisi 3 di Asia, dan posisi pertama di Asia Tenggara.

Arief mengatakan, hal ini membuktikan bahwa industri pariwisata di Indonesia terus bertumbuh. Pada 2019, pariwisata masuk di sektor unggulan, posisinya kedua setelah pertanian dan sebelum perikanan.

Menpar Arief Yahya menjelaskan bahwa pembangunan pariwisata di Jawa Barat akan semakin terarah dengan dilakukannya pembangunan KEK.

Jawa Barat memiliki 7 event dari 100 Calender of Event Nasional yang didukung oleh Kementerian Pariwisata.  Sementara itu akan ada dua KEK yang akan dibangun yakni KEK Cikidang di Sukabumi dan KEK Pangandaran.

Pada kesempatan yang sama, Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil mengatakan bahwa rencana pembangunan Jawa Barat dalam 5 tahun ke depan akan mengarah pada Jawa Barat Juara Lahir dan Batin.

Hal ini sejalan dengan rencana bahwa pembangunan selama 5 tahun ke depan akan banyak melibatkan sektor pariwisata dalam peningkatan ekonomi masyarakat.

"Kami akan membuat ketimpangan segi layanan antar daerah di Jawa Barat akan berkurang. Secara keseluruhan, pembangunan Jawa Barat antara wilayah selatan dan utara masih belum seimbang. Hal ini akan kami atasi melalui aksesibilitas, dimana ada akses, di situ akan ada pelayanan publik yang baik. Kami akan memanfaatkan teknologi melalui digitalisasi yang menyentuh aspek pengembangan daerah di Jawa Barat," kata Ridwan Kamil

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Ketua MPT Bambang Soesatyo

Kamis, 09 Mei 2024 - 07:16 WIB

Tetaplah Berhati-hati dan Bijaksana Mengelola Pertumbuhan Ekonomi

KEMENTERIAN Keuangan bersama Badan Pusat Statistik (BPS), Senin (6/5), merilis kabar gembira. Dua institusi negara itu melaporkan bahwa pertumbuhan ekonomi Indonesia per triwulan I-2024 tetap…

Kebun Hidroponik CSR Bank DKI

Kamis, 09 Mei 2024 - 07:05 WIB

Bank DKI Raih Penghargaan Indonesia Best CSR Award 2024 Berkat Konsisten Wujudkan Pembangunan Berkelanjutan lewat TJSL

Langkah aktif Bank DKI dalam mendukung Pembangunan Berkelanjutan lewat Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan (TJSL) atau Corporate Social Responsibility (CSR) kembali mendapatkan apresiasi. Kali…

Stevent Sumantri, dokter spesialis penyakit dalam yang berpraktek di RS Siloam Lippo Village (UPH)

Kamis, 09 Mei 2024 - 07:01 WIB

Waspada Bahaya Penyakit Autoimun, Pandemi Masa Kini!

Penyakit autoimun, seperti lupus, sindrom sjogren, artritis reumatoid, psoriasis, miastenia gravis, tiroiditis Hashimoto dan multipel sklerosis, adalah kelompok penyakit kompleks di mana sistem…

Ada Beasiswa Kuliah Untuk Youtuber dan Konten Kreator di Kampus Ini, Kepoin Disini!

Kamis, 09 Mei 2024 - 06:51 WIB

Ada Beasiswa Kuliah Untuk Youtuber dan Konten Kreator di Kampus Ini, Kepoin Disini!

Dalam era digital yang terus berkembang, peran konten kreator dan youtuber semakin mendapat pengakuan dan menjadi salah satu profesi yang diminati banyak orang. Untuk mendukung para talenta…

Anthony Leong bersama Prabowo Subianto di Rumah Kertanegara

Kamis, 09 Mei 2024 - 06:46 WIB

PEDAS : Wacana Prabowo tambah Kementerian untuk Tingkatkan Kinerja dan Pelayanan Publik

Direktur PoliEco Digital Insights Institute (PEDAS) Anthony Leong menyambut baik adanya wacana penambahan kementerian dari 34 menjadi 40. Dirinya setuju dengan penambahan jumlah kementerian…