BNI Syariah-Pemprov Jabar Sepakat Kembangkan Ekonomi Umat

Oleh : Herry Barus | Rabu, 14 November 2018 - 08:15 WIB

BNI Syariah (Foto Dok Industry.co.id)
BNI Syariah (Foto Dok Industry.co.id)

INDUSTRY.co.id - Bandung- Pemerintah Provinsi Jawa Barat dan BNI Syariah bekerjasama dalam pengembangan ekonomi umat melalui program Pembiayaan Masjid Sejahtera (Mesra), "One Village One Hafidzh" dan program Rumah Sehat.

Kerja sama ini dituangkan melalui nota kesepahaman antara Pemprov Jabar dengan BNI Syariah yang diwakili oleh Gubernur Jawa Barat M Ridwan Kamil dan Direktur Utama BNI Syariah Abdullah Firman Wibowo, di Bandung, Selasa (13/11/2018)

Program Mesra atau pembiayaan masjid sejahtera merupakan program pembiayaan kepada masyarakat tidak mampu melalui pemberdayaan dan manajemen masjid dengan skema pinjaman. Penerima pembiayaan berkewajiban menyicil di mana selanjutnya dana tersebut digulirkan kembali kepada masyarakat yang membutuhkan modal usaha.

Direktur Utama BNI Syariah, Abdullah Firman Wibowo mengatakan kerja sama ini merupakan peluang yang sangat besar.

"Jadi kerja sama antara perusahaan, pemerintah, dan pesantren ini pun baru pertama kalinya dilakukan BNI Syariah. Kami akan jadikan momentum untuk membangun ekonomi syariah di Indonesia. Kami tawarkan dan Pak Ridwan Kamil menerima untuk tiga program," kata Abdullah kepada awak media.

Dia mengatakan untuk kerja sama ini BNI Syariah menyiapkan anggaran sekitar Rp1,7 miliar dengan rincian untuk Program Mesra Rp1 miliar dan Program One Village One Hafidzh, pihaknya mengalokasikan anggaran sekitar Rp720 juta.

"Jadi dengan perhitungan Rp3 juta per orang per bulan untuk dua tahun. Setahun bisa sampai 100-200 orang untuk Jawa Barat. Ini dikerjasamakan dengan pesantren, salah satunya Daarut Tauhid," katanya.

Sedangkan untuk Program Mesra, lanjut dia, untuk tahun ini dianggarkan dana Rp1 miliar untuk 10 masjid sehingga masing-masing masjid memperoleh sekitar Rp 100 juta.

Sementara itu, Gubernur Jawa Barat M Ridwan Kamil atau Emil menyambut baik adanya kerja sama antara BNI Syariah dengan Pemprov Jawa Barat.

"Ini contoh terbaik kolaborasi bikin program enggak pakai APBD," kata dia.

Pihaknya berharap selama lima tahun kerja sama tersebut akan memberikan keuntungan bagi Pemprov Jawa Barat dan BNI Syariah.

"Pokoknya harus saling menguntung ya, bisnis perbankan syariah maju dan kebutuhan warga Jabar dibantu," kata Gubernur Emil.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Guru Besar Fakultas Hukum Universitas Sumatera Utara (USU) Prof Dr Ningrum Natasya Sirait SH, Mli. (foto doc usu.ac.id)

Senin, 27 Mei 2019 - 19:45 WIB

KPPU Tak Berwenang Awasi Kemitraan Sawit

JAKARTA – Komisi Pengawas Persaingan Usaha (KPPU) dinilai tidak berwenang mengawasi kemitraan inti-plasma yang terjadi di perkebunan kelapa sawit. Pasalnya dasar hukum yang digunakan oleh…

PT Chandra Asri Petrochemical Tbk (TPIA)

Senin, 27 Mei 2019 - 18:35 WIB

Ciptakan SDM Berkualitas, Kemenperin Gandeng Chandra Asri Bangun Politeknik Petrokima

Pemerintah terus berkomitmen untuk pengembangkan industri petrokimia dalam negeri agar semakin berdaya saing di kancah global. Salah satu upayanya melalui penyiapan sumber daya manusia yang…

Hotel Pullman Central Park Jakrta Buka Puasa Bersama (Foto Dok Industry.co.id)

Senin, 27 Mei 2019 - 18:00 WIB

Pullman Jakarta Central Park Buka Puasa Bersama Ibu Guru Kembar dan Siswa Sekolah Darurat Kartini

Pullman Jakarta Central Park Bersama dengan Ibu Guru Kembar—Rossy dan Rian berbagi kebahagiaan Bulan Ramadhan dengan siswa siswi Sekolah Darurat Kartini yang bertempat di Lodan Ancol Jakarta…

Ilustrasi Industri Manufaktur (Foto: Ridwan/Industry.co.id)

Senin, 27 Mei 2019 - 17:10 WIB

Triwulan I/2019, Industri Manufaktur Mampu Tumbuh di Atas Ekonomi Nasional

Menteri Perindustrian (Menperin) Airlangga Hartarto menyebutkan, sejumlah industri manufaktur mampu berkinerja di atas pertumbuhan ekonomi nasional pada triwulan I tahun 2019. Pertumbuhan ekonomi…

Kemenkop dan UKM kerja sama dengan Baznas Berdayakan Zakat

Senin, 27 Mei 2019 - 16:38 WIB

Kemenkop dan Baznas Sepakat Berdayakan Usaha Mikro Melalui Zakat

Deputi Bidang Pembiayaan Kementerian Koperasi dan UKM Yuana Sutyowati mengatakan, kerjasama dengan Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) bertujuan untuk mewujudkan sinergi dalam memberdayakan usaha…