Menkeu Sri Mulyani Desak Kualitas Human Capital Harus Diperbaiki

Oleh : Herry Barus | Rabu, 14 November 2018 - 08:00 WIB

Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani Indrawati
Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani Indrawati

INDUSTRY.co.id - Jakarta- Menteri Keuangan Sri Mulyani mengatakan kualitas modal manusia atau human capital Indonesia harus terus diperbaiki seiring peningkatan jumlah anggaran negara untuk pendidikan yang mencapai hampir Rp500 triliun pada 2019.

Sri Mulyani di acara Penganugerahan Habibie Award Periode XX Tahun 2018 di Jakarta, Selasa (13/11/2018)menjelaskan bahwa Indonesia dalam HCI (Human Capital Index) Bank Dunia berada di peringkat 87 dari 157 negara dengan nilai 0,53.

"Kalau dibandingkan dengan negara berpendapatan menengah yang agak baik, Indonesia paling rendah. Jadi kita tidak buruk sekali namun kita jelas tidak cukup ada di liga yang di depan," ujar dia.

Nilai HCI empat negara dengan pendapatan menengah di kawasan ASEAN lainnya yaitu Malaysia 0,62; Filipina 0,55; Thailand 0,60; dan Vietnam 0,67.

HCI mencerminkan produktivitas anak yang lahir hari ini sebagai pekerja masa depan, dibandingkan dengan kemungkinan yang bisa terjadi jika ia memiliki kesehatan yang baik dan pendidikan yang lengkap serta berkualitas tinggi.

Ukuran penghitungan meliputi tiga kriteria, yakni kelangsungan hidup, pendidikan, dan kesehatan. Menurut kriteria tersebut, jika skor suatu negara misalnya 0,5, berarti individu dan negara secara keseluruhan kehilangan setengah potensi ekonomi masa depan mereka.

Sri Mulyani mengatakan bahwa perekonomian perlu dijaga momentum kemajuan dan pertumbuhannya sebagai penjamin dalam rangka memajukan kualitas sumber daya manusia (SDM).

"Di dalam mengelola perekonomian, semakin kemajuan dijaga maka semakin akan ada kemampuan lebih dan makin besar untuk bisa menekuni dan mengalokasikan anggaran untuk bidang yang sifatnya fundamental bagi kemajuan bangsa kita," kata Sri Mulyani.(Ant)

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Menteri BUMN RI Rini M. Soemarno (ketiga dari kanan) didampingi oleh Direktur Utama Telkom Ririek Adriansyah (paling kanan) dan Direktur Human Capital Management Telkom Edi Witjara (kedua dari kanan) menyerahkan simbolis bantuan siswa berprestasi

Minggu, 21 Juli 2019 - 12:59 WIB

Telkom Berikan Bantuan CSR Peduli Pendidikan Nasional bagi Sekolah di Wilayah 3T

Jakarta – Sebagai bagian dari rangkaian peringatan 54 tahun PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk (Telkom), Menteri BUMN Republik Indonesia Rini M. Soemarno didampingi Direktur Utama Telkom Ririek…

Agoda Mix and Save (Foto Dok Industry.co.id)

Minggu, 21 Juli 2019 - 12:00 WIB

Agoda “Mix and Save” Membantu Wisatawan Menemukan Penawaran Akomodasi yang Lebih Baik

Agoda, salah satu platform perjalanan digital yang paling cepat berkembang di dunia, hari ini meluncurkan fitur "Mix and Save"bagi para pelancong dengan budget terbatas. Fitur ini memungkinkan…

JPRMI Tingkatkan Pengkayaan Kemampuan Jurnalistik Video

Minggu, 21 Juli 2019 - 11:36 WIB

JPRMI Tingkatkan Pengkayaan Kemampuan Jurnalistik Video

Jaringan Pemuda & Remaja Masjid Indonesia (JPRMI) bekerjasama dengan Tawaf TV DMI Adakan Pelatihan Video Jurnalistik Dasar di Centennial Tower, Sebagai bentuk pengkayaan keilmuan dan kemampuan…

Bank BRI. (Irvan AF/INDUSTRY.co.id)

Minggu, 21 Juli 2019 - 11:19 WIB

Bank BRI Garap Bisnis DPLK

Jakarta - Belum banyak orang yang mempersiapkan kebutuhan finansialnya di masa mendatang, terutama kebutuhan di hari tua saat usia tidak produktif lagi. Bank BRI sebagai salah satu lembaga keuangan…

Suzuki Jimny (Foto: Ridwan)

Minggu, 21 Juli 2019 - 10:30 WIB

Jimny, Mobil Legendaris dengan Segudang Cerita

Selama lebih dari 40 tahun berkiprah di Indonesia, PT Suzuki Indomobil Sales (SIS), berhasil meluncurkan produk yang melekat di hati masyarakat, salah satunya adalah Jimny.