Infomo Hadir di Indonesia Sediakan Ekosistem Iklan Mobile yang Lebih Simpel

Oleh : Hariyanto | Selasa, 13 November 2018 - 18:43 WIB

Infomo Hadir di Indonesia Sediakan Ekosistem Iklan Mobile yang Lebih Simpel
Infomo Hadir di Indonesia Sediakan Ekosistem Iklan Mobile yang Lebih Simpel

INDUSTRY.co.id - Jakarta – Dalam era data, iklan digital menjadi pilihan utama dibandingkan dengan jenis periklanan lainnya. Iklan digital memiliki programmatic processes melalui internet untuk menyampaikan pesan marketing melalui berbagai format kepada pengguna Internet.

Berdasarkan data dari Statista.com, belanja iklan melalui media sosial memperlihatkan peningkatan signifikan mencapai angka pasar US$ 1,090m dan belanja iklan digital diluar media social mencapai US$ 2,904m di tahun 2018. Di Indonesia sendiri, banyak opsi menarik bagi pengiklan untuk berinteraksi dengan calon pembeli melalui media digital.

Programmatic processes yang digunakan oleh beberapa perusahaan yang berbasis data driven solutions memungkinkan pengiklan dapat menganalisa perilaku pelanggan serta melakukan targetting berdasarkan lokasi, preferensi dan data relevan lainnya.

Meskipun efisien, programmatic processes tersebut tetap memiliki keterbatasan. Hadir di Indonesia untuk pertama kalinya, Infomo Global Pte Ltd, merupakan perusahaan yang didirikan oleh Talisman Telecommunications Pte Ltd., yang memasuki ekosistem periklanan digital, dimana Infomo berkolaborasi dengan operator jaringan seluler dan mobile application publisher di Indonesia.

Infomo hadir dengan sebuah ekosistem yang inovatif sebagai alternatif dari programmatic processes dimana Infomo merupakan platform iklan dan promosi seluler berbasis reward yang dirancang khusus untuk operator jaringan seluluer maupun mobile application publisher.

Pengiriman iklan permission based atau non-intrusive dan sesuai permintaan dimana konten iklan sangat interaktif. Adapun kemunculan iklan di trigger oleh panggilan telepon, SMS, notifikasi, lokasi maupun waktu, serta tidak membutuhkan koneksi internet.

Bekerja sama dengan RightHand Indonesia, sebuah perusahaan konsultan marketing yang juga merupakan agency of record dari PT Telkom Indonesia, Infomo diluncurkan dengan menggandeng brand - brand partner seperti Uzone.id dari PT. Metranet Indonesia serta Anterin, sebuah perusahaan "ride-hailing" berbasis aplikasi.

“Iklan digital di Indonesia saat ini didominasi oleh programmatic processes. Ekosistem yang dibangun Infomo bermaksud untuk menantang hal tersebut dan menyediakan alternatif pendistribusian iklan melalui operator jaringan selular,” ujar Ananda Rao, Founder dan CEO Infomo di Jakarta, Selasa (13/11/2018).

Ia menambahkan, operator jaringan seluler dengan basis data pelanggan yang masif dapat memanfaatkan ekosistem Infomo untuk menawarkan solusi pendistribusian iklan yang jauh lebih unggul dibanding programmatic process. Konsep “introduction economy”
diaplikasikan dalam ekosisitem Infomo, dimana pelanggan secara suka rela “memberikan” data personal mereka termasuk menentukan topik maupun preferensi produk, penawaran dan lainnya, dimana mereka bergabung di dalam closed user group.

"Dengan kesediaannya terpapar iklan maupun berinteraksi dengan iklan yang relevan dengan mereka, konsumen akan mendapatkan imbalan finansial," tambah Ananda.

Infomo menyediakan ekosistem iklan mobile yang jauh lebih simpel (Pengiklan> Operator> Pengguna Telepon Seluler) sehingga mengurangi biaya beriklan, meningkatkan transparansi, serta mengurangi terjadinya penipuan (fraud). Dengan demikian, Infomo dapat membantu operator meningkatkan pendapatannya serta mengoptimalisasi investasi aset infrastruktur mereka.

Lebih dari itu, Infomo memberikan hasil yang menarik dan menguntungkan bagi setiap pihak dalam value chain iklan digital. Mobile Application Publisher mendapatkan sumber pendapatan tambahan baru untuk mengimbangi berkurangnya marjin laba yang berkurang dalam sebuah layanan. Mereka juga mendapatkan kesempatan untuk lebih memanfaatkan investasi substansial dalam infrastruktur jaringan bergerak dan komunitas pelanggan terkait.

Brands, Agen, dan Pengiklan dapat mencapai target konsumen yang lebih luas dan menyampaikan konten yang lebih hemat biaya dan menarik, akses yang lebih baik ke bentuk-bentuk iklan yang lebih inovatif dan interaktif, transparansi hasil beriklan yang lebih baik,
analisis terhadap pelanggan yang lebih akurat, dan akses tak tertandingi ke wawasan konsumen yang diverifikasi oleh blockchain.

Pelanggan Mobile memperoleh peluang untuk mendapat imbalan karena terpapar dan berinteraksi dengan iklan yang relevan dan menarik bagi mereka.

“Infomo telah berhasil diluncurkan di India. Dengan memanfaatkan model bisnis yang sama, kami siap untuk mengubah ekosistem periklanan Indonesia dengan alternatif baru cara mendistribusikan iklan dari Infomo. Infomo memberdayakan operator jaringan dengan menciptakan alternatif mobile advertising ecosystem yang lebih terjamin untuk menggantikan warisan system yang sudah ada, ”kata Simon Meadmore, Direktur Infomo

Komentar Berita

Industri Hari Ini

PT JIEP Segera Hadirkan Salah Satu Masjid Terbesar di Jakarta Timur

Sabtu, 04 Mei 2024 - 04:17 WIB

PT JIEP Segera Hadirkan Salah Satu Masjid Terbesar di Jakarta Timur

PT Jakarta Industrial Estate Pulogadung (JIEP) menggelar seremoni peletakan batu pertama (groundbreaking) Pembangunan Masjid JIEP Jayakarta yang akan menjadi salah satu Masjid terbesar di Jakarta…

Moshiro Hadir di BeautyFest Asia di Lima Kota

Sabtu, 04 Mei 2024 - 04:06 WIB

Moshiro Hadir di BeautyFest Asia di Lima Kota

Festival kecantikan terbesar di Asia Tenggara, BeautyFest Asia 2024. Tahun ini, BeautyFest Asia siap memukau para penggemar kecantikan di lima kota! Acara perdana dimulai di hotel bergengsi…

Tim Bank Mandiri Singapura

Jumat, 03 Mei 2024 - 20:48 WIB

BMSG Lanjutkan Komitmen Keberlanjutan Bank Mandiri di Mancanegara

Bank Mandiri Singapura (BMSG) baru-baru ini menyelenggarakan acara bertajuk “BMSG on Preference“ mengusung tema “Elevating ESG Impact,“ acara perdana ini bertujuan meningkatkan kesadaran,…

Stok Beras di Pasar Induk Beras Cipinang Dipastikan Aman Memasuki Panen Raya 2024

Jumat, 03 Mei 2024 - 20:36 WIB

Alhamdulilah! Stok Beras di Pasar Induk Beras Cipinang Dipastikan Aman

Jakarta - Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) Provinsi DKI Jakarta, PT Food Station Tjipinang Jaya (Perseroda) memastikan stok beras di Jakarta dinyatakan aman memasuki panen raya.

(kiri ke kanan) Direktur Network & IT Solution Herlan Wijanarko, Direktur Wholesale & International Service Bogi Witjaksono, Direktur Strategic Portfolio Budi Setyawan Wijaya, Direktur Digital Busines Muhamad Fajrin Rasyid, Direktur Utama Ririek Adriansyah, Direktur Keuangan & Manajemen Risiko Heri Supriadi, Direktur Human Capital Management Afriwandi, Direktur Group Business Development Honesti Basyir, dan Direktur Enterprise & Business Service FM Venusiana R

Jumat, 03 Mei 2024 - 20:12 WIB

Telkom Bagikan Dividen Rp17,68 Triliun atau Tumbuh 6,5% YoY

PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk telah menyelesaikan Rapat Umum Pemegang Saham Tahun Buku 2023 di Jakarta pada Jumat (3/5). Rapat menyetujui pembagian dividen tunai sebesar Rp17,68 triliun…