AkzoNobel Dukung Pemerintah Kota Surabaya Lestarikan Warisan Budaya Kawasan Kota Lama

Oleh : Hariyanto | Senin, 12 November 2018 - 14:39 WIB

Walikota Surabaya, Tri Rismaharini
Walikota Surabaya, Tri Rismaharini

INDUSTRY.co.id - Surabaya - AkzoNobel, perusahaan cat dan pelapis global terkemuka serta produsen Dulux, menyatakan dukungan terhadap inisiatif Pemerintah Kota Surabaya untuk membangun wisata perkotaan (urban tourism) di Surabaya dengan ikut serta dalam kegiatan pelestarian bangunan cagar budaya di kawasan Kota Lama di Surabaya, Jawa Timur. Program ini diresmikan oleh Walikota Surabaya, Tri Rismaharini bertepatan dengan peringatan Hari Pahlawan.

Direktur, PT ICI Paints Indonesia (AkzoNobel Decorative Paints Indonesia), Irawan Bahtera mengatkan, dalam program Let’s Colour Indonesia, salah satu upaya dilakukan AkzoNobel adalah memelihara bangunan lama dan baru.

"Karena menghilangnya suatu warisan kota dapat menghilangkan identitas dari masyarakat setempat. Dengan melestarikan warisan kota, kita dapat menjadikan masa lalu sebagai bagian dari masa depan," kata Irawan melalui keterangan tertulis yang diterima INDUSTRY.co.id, Senin (12/11/2018).

Irawan percaya bahwa cagar budaya berperan dalam hubungan emosional dan ketahanan (resiliensi) manusia. Di masa lalu, kawasan Kota Lama Surabaya berfungsi sebagai pusat ekonomi dan pemerintahan.

"Di kawasan ini, terdapat banyak bangunan tua dan cagar budaya dengan nilai seni dan sejarah dalam pengembangan kota Surabaya," ucapnya.

Menurut Irawan, awasan ini juga dapat menjadi pusat pariwisata yang baik serta pusat daya tarik bagi wisatawan lokal maupun internasional dengan tetap membawa semangat kota Surabaya lama di tengah-tengah kota modern.

"Kami sangat senang dapat berkolaborasi kembali dengan Pemerintah Surabaya, bersama-sama dengan para pelaku industri. Dengan bergabung dalam upaya pelestarian Kota Lama ini, kami berharap dapat membantu melestarikan nilai sejarah kota, mengakomodasi pengembangan wisata perkotaan, dan kemungkinan meningkatkan pertumbuhan ekonomi di kawasan" ungkapnya.

Selama bertahun-tahun, program Let's Colour Indonesia secara konsisten terlibat dan mendukung berbagai pemangku kepentingan yang bertujuan untuk meningkatkan serta memperkaya kehidupan masyarakat dengan membantu memperindah tempat tinggal mereka melalui proyek dengan komunitas.

"Di Surabaya, kami telah bekerja sama dengan Pemerintah Kota Surabaya dalam beberapa proyek seperti pengecatan kembali Balai Pemuda Surabaya, memperindah kawasan Kenjeran sebagai tempat wisata yang menarik melalui lukisan mural yang berwarna-warni, serta pengecatan area Tugu Pahlawan," pungkasnya.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Ilustrasi Investasi Bodong (Foto Dok Industry.co.id)

Senin, 06 Mei 2024 - 00:11 WIB

Catat Ya! Jadi Korban Investasi Bodong, Nasabah Disarankan Tempuh Jalur Hukum

Jakarta - Kasus dugaan dana nasabah hilang di rekening tabungan PT Bank Tabungan Negara Tbk menarik perhatian publik.

PJ Gubernur Turut Hadir dalam Paskah ASN DKI Jakarta 2024

Minggu, 05 Mei 2024 - 22:53 WIB

Hadiri Paskah, Heru Imbau ASN Tingkatkan Pelayanan Bagi Masyarakat

Jakarta- Pemerintah Provinsi DKI Jakarta menggelar perayaan Paskah Bersama 2024 dengan mengangat tema "Aktualisasi Nilai-Nilai Paskah Pemerintah Provinsi DKI Jakarta Tahun 2024" yang digelar…

Atlet tim Thomas dan Uber

Minggu, 05 Mei 2024 - 22:38 WIB

BNI Apresiasi Tim Thomas dan Uber Indonesia  

PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk atau BNI selaku sponsor resmi Persatuan Bulu Tangkis Seluruh Indonesia (PBSI) menyampaikan apresiasi setinggi-tingginya atas prestasi luar biasa Tim Thomas…

BTN Raih Best Savings Bank Award

Minggu, 05 Mei 2024 - 22:22 WIB

Konsisten Jalankan Peran, BTN Raih Best Savings Bank Award

Jakarta-Konsistensi PT Bank Tabungan Negara (Persero) Tbk menjalankan peran sebagai bank tabungan dan meningkatkan tingkat inklusi keuangan di masyarakat membuat perseroan meraih penghargaan…

Peluncuran Oreo Pokemon di Indonesia.

Minggu, 05 Mei 2024 - 22:11 WIB

Oreo Rayakan Kolaborasinya Bersama Pokemon. Ada Kepingan Biskuit Langka Berhadiah Perjalanan ke Jepang

Kolaborasi ini mengajak masyarakat untuk menemukan seluruh gambar koleksi karakter Pokemon pada kepingan biskuit Oreo dan berkesempatan mengikuti undian berhadiah istimewa.