Pengusaha Malaysia akan Investasi Industri Mamin di Sumut

Oleh : Herry Barus | Rabu, 07 November 2018 - 16:46 WIB

Tanaman kopi (foto Industry.co.id)
Tanaman kopi (foto Industry.co.id)

INDUSTRY.co.id - Medan- Pengusaha Malaysia tertarik berinvestasi di industri pengolahan minuman dan makanan (Mamin) khususnya yang berbahan baku kopi di Sumatera Utara, karena melihat potensi pasar yang masih cukup besar.

 "Pengusaha Malaysia melihat Sumut salah satu tempat investasi yang baik," ujar Fakrul Anwar Bin Ghulan eksekutif HA-One Holiday, Malaysia di Medan, kemarin.

Dia mengatakan hal itu saat bersama sejumlah pengusaha lainnya yang tergabung dalam Delegasi Bisnis Malaysia bertemu dengan  Wakil Gubernur Sumut Musa Rajekshah.

Pertemuan itu difasilitasi Ketua PWI Sumut Hermansjah dan sejumlah pengurus lainnya.

Menurut Fakrul, selain sumber daya alam dan sumber daya manusia yang memadai, Sumut juga dinilai strategis untuk lokasi usaha.

Pabrik itu sendiri diyakini bermanfaat untuk Sumut antara lain dengan bisa membuka lowongan pekerjaan hingga untuk 25 ribu orang.

 "Rencananya, pabrik yang dibangun antara lain pengolahan kopi tradisional berstandar internasional," katanya.

Investor lainnya, Nurul Huda Arifin menyebutkan, investasi usaha pembuatan perabot dan pusat terapi non medis juga berpeluang besar dibangun di Sumut.

"Pengusaha Malaysia berharap Pemprov Sumut bisa memberikan banyak kemudahan perizinan dan lainnya," ujar Nurul Huda.

Wakil Gubernur Sumut, Musa Rajekshah seperti dilansir Antara mengaku menyambut baik niat investor Malaysia untuk berinvestasi di Sumut.

"Pemprov Sumut sangat terbuka menyambut investor di berbagai sektor termasuk industri pengolahan makanan dan minuman yang direncanakan pengusaha Malaysia," katanya.

Wagub Sumut itu menegaskan, Pemprov Sumut merupakan wilayah strategis dan kaya akan sumber daya alam.

Sumut, katanya, berada pada jalur strategis pelayaran internasional Selat Malaka yang dekat dengan Singapura, Malaysia, dan Thailand.

"Pemprov Sumut mendukung rencana investasi dan siap memberi berbagai kemudahan, asal investor juga memenuhi segala peraturan yang berlaku," katanya.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Jokowi Tinjau Tol Pekanbaru dumai

Minggu, 23 Februari 2020 - 02:09 WIB

Jokowi: Tol Pekanbaru-Dumai Sepanjang 131,48 Km Bisa Dipakai Sebelum Lebaran

Presiden Joko Widodo meninjau perkembangan pembangunan jalan tol ruas Pekanbaru-Dumai. Secara umum, pembangunan ruas tol sepanjang 131,48 kilometer tersebut telah mencapai kurang lebih 90 persen…

Jojowi tinjau Tol Aceh

Minggu, 23 Februari 2020 - 01:01 WIB

Tinjau Simpang Susun Blang Bintang, Presiden: Alhamdulillah, Pembebasan Lahan Lancar

Tol dari Banda Aceh menuju Sigli ini 74 kilometer dan alhamdulillah pembebasan tanahnya berjalan dengan baik. Biasanya proses konstruksinya yang terhenti di pembebasannya, tapi di sini pembebasannya…

Jokowi resmikan pabrik rayon dan benang terbesar di Indonesia

Sabtu, 22 Februari 2020 - 23:05 WIB

Jokowi Resmikan Pabrik Rayon dan Benang Senilai Rp15.5 triliun di Riau

Presiden Joko Widodo dalam kunjungan kerjanya ke Provinsi Riau pada Jumat, 21 Februari 2020, meresmikan fasilitas produksi rayon dan benang terintegrasi PT Asia Pacific Rayon.

Asosiasi Pengusaha Indonesia (APINDO)

Sabtu, 22 Februari 2020 - 22:20 WIB

Apindo Minta Omnibus Law RUUCipta Kerja Hapus kewenangan KPPU sebagai hakim

Ketua Kebijakan Publik Asosiasi Pengusaha Indonesia (Apindo) Sutrisno Iwantono meminta Omnibus Law RUUCipta Kerja menghapuskan kewenangan Komisi Pengawas Persaingan Usaha (KPPU) sebagai hakim,…

Pekerja PT Timah - foto - IST

Sabtu, 22 Februari 2020 - 21:57 WIB

DPR Sayangkan Industri Timah Nasional Terbesar di Dunia Tapi Alami Kerugian

Kementerian Perindustrian didesak lebih memperhatikan sektor industri yang akan dimajukan, seperti membuat industri turunan timah. Timah kita itu adalah industri terbesar di dunia setelah China.…