Pengusaha Malaysia akan Investasi Industri Mamin di Sumut

Oleh : Herry Barus | Rabu, 07 November 2018 - 16:46 WIB

Tanaman kopi (foto Industry.co.id)
Tanaman kopi (foto Industry.co.id)

INDUSTRY.co.id - Medan- Pengusaha Malaysia tertarik berinvestasi di industri pengolahan minuman dan makanan (Mamin) khususnya yang berbahan baku kopi di Sumatera Utara, karena melihat potensi pasar yang masih cukup besar.

 "Pengusaha Malaysia melihat Sumut salah satu tempat investasi yang baik," ujar Fakrul Anwar Bin Ghulan eksekutif HA-One Holiday, Malaysia di Medan, kemarin.

Dia mengatakan hal itu saat bersama sejumlah pengusaha lainnya yang tergabung dalam Delegasi Bisnis Malaysia bertemu dengan  Wakil Gubernur Sumut Musa Rajekshah.

Pertemuan itu difasilitasi Ketua PWI Sumut Hermansjah dan sejumlah pengurus lainnya.

Menurut Fakrul, selain sumber daya alam dan sumber daya manusia yang memadai, Sumut juga dinilai strategis untuk lokasi usaha.

Pabrik itu sendiri diyakini bermanfaat untuk Sumut antara lain dengan bisa membuka lowongan pekerjaan hingga untuk 25 ribu orang.

 "Rencananya, pabrik yang dibangun antara lain pengolahan kopi tradisional berstandar internasional," katanya.

Investor lainnya, Nurul Huda Arifin menyebutkan, investasi usaha pembuatan perabot dan pusat terapi non medis juga berpeluang besar dibangun di Sumut.

"Pengusaha Malaysia berharap Pemprov Sumut bisa memberikan banyak kemudahan perizinan dan lainnya," ujar Nurul Huda.

Wakil Gubernur Sumut, Musa Rajekshah seperti dilansir Antara mengaku menyambut baik niat investor Malaysia untuk berinvestasi di Sumut.

"Pemprov Sumut sangat terbuka menyambut investor di berbagai sektor termasuk industri pengolahan makanan dan minuman yang direncanakan pengusaha Malaysia," katanya.

Wagub Sumut itu menegaskan, Pemprov Sumut merupakan wilayah strategis dan kaya akan sumber daya alam.

Sumut, katanya, berada pada jalur strategis pelayaran internasional Selat Malaka yang dekat dengan Singapura, Malaysia, dan Thailand.

"Pemprov Sumut mendukung rencana investasi dan siap memberi berbagai kemudahan, asal investor juga memenuhi segala peraturan yang berlaku," katanya.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Ben Marvin Tan Country Manager Indonesia, Zebra Technologies Asia Pasifik

Senin, 20 Januari 2020 - 10:30 WIB

Apakah Anda Siap untuk Tren Teknologi Enterprise Terbesar Tahun 2020?

Seiring kita memasuki dekade yang baru, para CIO dan manajer teknologi terus mencari tren teknologi teratas berikutnya yang akan mendorong daya saing, efektivitas, kepuasan pelanggan, dan profitabilitas…

Petani sedang menyiapkan agens hayati

Senin, 20 Januari 2020 - 10:30 WIB

Kementan Antisipasi Dini Serangan Hama PBP Dengan Agens Hayati

Hama Oenggerek Batang Padi (PBP) salah satu hama utama yang sering menyerang tanaman padi, yang dapat menyebabkan kerusakan dari tingkat ringan, sedang, berat hingga puso. Hama PBP menyerang…

Menteri PUPR Basuki Hadimuljono

Senin, 20 Januari 2020 - 10:20 WIB

Ini Lima Strategi Kementerian PUPR Dalam Pengelolaan Cerdas Sumber Daya Air

Dengan semakin berkembangnya teknologi informasi, pengelolaan SDA dapat memanfaatkan penerapan Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) sehingga menghasilkan kualitas pengelolaan yang lebih…

Shape Security

Senin, 20 Januari 2020 - 10:00 WIB

F5 akan Mengakuisisi Shape Security dan Mentransformasi Keamanan Aplikasi

F5 Networks, Inc. (NASDAQ: FFIV) dan Shape Security mengumumkan kesepakatan definitif yang menyatakan F5 akan mengakuisisi seluruh saham Shape dengan nilai total perusahaan sekitar US$1 miliar…

Pengerahan alat berat

Senin, 20 Januari 2020 - 09:52 WIB

Kementerian PUPR Turunkan 16 Alat Berat Buka Daerah Terisolir di Sukajaya, Bogor

Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat(PUPR) Basuki Hadimuljono mengatakan, pengerahan alat berat tersebut agar jalan utama menuju desa-desa yang terisolir bisa diakses.