Pengusaha Malaysia akan Investasi Industri Mamin di Sumut

Oleh : Herry Barus | Rabu, 07 November 2018 - 16:46 WIB

Tanaman kopi (foto Industry.co.id)
Tanaman kopi (foto Industry.co.id)

INDUSTRY.co.id - Medan- Pengusaha Malaysia tertarik berinvestasi di industri pengolahan minuman dan makanan (Mamin) khususnya yang berbahan baku kopi di Sumatera Utara, karena melihat potensi pasar yang masih cukup besar.

 "Pengusaha Malaysia melihat Sumut salah satu tempat investasi yang baik," ujar Fakrul Anwar Bin Ghulan eksekutif HA-One Holiday, Malaysia di Medan, kemarin.

Dia mengatakan hal itu saat bersama sejumlah pengusaha lainnya yang tergabung dalam Delegasi Bisnis Malaysia bertemu dengan  Wakil Gubernur Sumut Musa Rajekshah.

Pertemuan itu difasilitasi Ketua PWI Sumut Hermansjah dan sejumlah pengurus lainnya.

Menurut Fakrul, selain sumber daya alam dan sumber daya manusia yang memadai, Sumut juga dinilai strategis untuk lokasi usaha.

Pabrik itu sendiri diyakini bermanfaat untuk Sumut antara lain dengan bisa membuka lowongan pekerjaan hingga untuk 25 ribu orang.

 "Rencananya, pabrik yang dibangun antara lain pengolahan kopi tradisional berstandar internasional," katanya.

Investor lainnya, Nurul Huda Arifin menyebutkan, investasi usaha pembuatan perabot dan pusat terapi non medis juga berpeluang besar dibangun di Sumut.

"Pengusaha Malaysia berharap Pemprov Sumut bisa memberikan banyak kemudahan perizinan dan lainnya," ujar Nurul Huda.

Wakil Gubernur Sumut, Musa Rajekshah seperti dilansir Antara mengaku menyambut baik niat investor Malaysia untuk berinvestasi di Sumut.

"Pemprov Sumut sangat terbuka menyambut investor di berbagai sektor termasuk industri pengolahan makanan dan minuman yang direncanakan pengusaha Malaysia," katanya.

Wagub Sumut itu menegaskan, Pemprov Sumut merupakan wilayah strategis dan kaya akan sumber daya alam.

Sumut, katanya, berada pada jalur strategis pelayaran internasional Selat Malaka yang dekat dengan Singapura, Malaysia, dan Thailand.

"Pemprov Sumut mendukung rencana investasi dan siap memberi berbagai kemudahan, asal investor juga memenuhi segala peraturan yang berlaku," katanya.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Pariwisata Bali (Foto Dok Instagram)

Minggu, 16 Juni 2019 - 21:00 WIB

Ready, Set, Summer!

Menjelang liburan musim panas, Agoda, salah satu platform perjalanan digital yang paling cepat berkembang di dunia, mengungkapkan bahwa Tokyo, London dan Las Vegas masih terus merajai sebagai…

Bantuan Kemensos untuk Sultra Terus Bergulir (Foto Dok Industry.co.id)

Minggu, 16 Juni 2019 - 20:00 WIB

Bantuan Kemensos untuk Sultra Terus Bergulir

Pengiriman dan penyaluran bantuan sosial dari Kementerian Sosial terus bergulir bagi korban bencana banjir di sejumlah wilayah di Provinsi Sulawesi Tenggara.

BNI Dukung Peningkatan Ekspor Seafood ke Amerika Serikat (Foto Dok Industry.co.id)

Minggu, 16 Juni 2019 - 17:34 WIB

BNI Dukung Peningkatan Ekspor Seafood ke Amerika Serikat

PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk (BNI) melalui Kantor Cabang Luar Negeri New York, Amerika Serikat memberikan dukungan fasilitas pembiayaan kepada Crystal Cove Seafood Corp. (Crystal Cove),…

Mendikbud, Muhadjir Effendy

Minggu, 16 Juni 2019 - 16:46 WIB

Rawan Jual Beli Kursi, Mendikbud Lakukan Penataan Sejumlah Sekolah

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) melakukan pemetaan sejumlah sekolah yang dinilai rawan terhadap praktik jual beli kursi dalam Penerimaan Peserta Didik (PPDB).

Ilustrasi Desa Wisata

Minggu, 16 Juni 2019 - 12:30 WIB

Kemenpar Gandeng Udinus Latih Warga Temanggung Majukan Desa Wisata

Kementerian Pariwisata dan Universitas Dian Nuswantara Semarang memberikan pelatihan memajukan potensi daerah sebagai desa wisata baru pada warga Kelurahan Walitelon Utara Kecamatan Temanggung,…