Pengusaha Malaysia akan Investasi Industri Mamin di Sumut

Oleh : Herry Barus | Rabu, 07 November 2018 - 16:46 WIB

Tanaman kopi (foto Industry.co.id)
Tanaman kopi (foto Industry.co.id)

INDUSTRY.co.id - Medan- Pengusaha Malaysia tertarik berinvestasi di industri pengolahan minuman dan makanan (Mamin) khususnya yang berbahan baku kopi di Sumatera Utara, karena melihat potensi pasar yang masih cukup besar.

 "Pengusaha Malaysia melihat Sumut salah satu tempat investasi yang baik," ujar Fakrul Anwar Bin Ghulan eksekutif HA-One Holiday, Malaysia di Medan, kemarin.

Dia mengatakan hal itu saat bersama sejumlah pengusaha lainnya yang tergabung dalam Delegasi Bisnis Malaysia bertemu dengan  Wakil Gubernur Sumut Musa Rajekshah.

Pertemuan itu difasilitasi Ketua PWI Sumut Hermansjah dan sejumlah pengurus lainnya.

Menurut Fakrul, selain sumber daya alam dan sumber daya manusia yang memadai, Sumut juga dinilai strategis untuk lokasi usaha.

Pabrik itu sendiri diyakini bermanfaat untuk Sumut antara lain dengan bisa membuka lowongan pekerjaan hingga untuk 25 ribu orang.

 "Rencananya, pabrik yang dibangun antara lain pengolahan kopi tradisional berstandar internasional," katanya.

Investor lainnya, Nurul Huda Arifin menyebutkan, investasi usaha pembuatan perabot dan pusat terapi non medis juga berpeluang besar dibangun di Sumut.

"Pengusaha Malaysia berharap Pemprov Sumut bisa memberikan banyak kemudahan perizinan dan lainnya," ujar Nurul Huda.

Wakil Gubernur Sumut, Musa Rajekshah seperti dilansir Antara mengaku menyambut baik niat investor Malaysia untuk berinvestasi di Sumut.

"Pemprov Sumut sangat terbuka menyambut investor di berbagai sektor termasuk industri pengolahan makanan dan minuman yang direncanakan pengusaha Malaysia," katanya.

Wagub Sumut itu menegaskan, Pemprov Sumut merupakan wilayah strategis dan kaya akan sumber daya alam.

Sumut, katanya, berada pada jalur strategis pelayaran internasional Selat Malaka yang dekat dengan Singapura, Malaysia, dan Thailand.

"Pemprov Sumut mendukung rencana investasi dan siap memberi berbagai kemudahan, asal investor juga memenuhi segala peraturan yang berlaku," katanya.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Ahok (foto Dok Industry.co.id)

Sabtu, 04 April 2020 - 15:45 WIB

Ahok Ajak Semua Pihak Putus Mata Rantai Virus Corona dengan Aplikasi Ini!

Mantan Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok mengajak semua pihak untuk memutus mata rantai virus corona. Salah satu langkah yang tawarkan oleh Ahok adalah dengan mengunduh…

Monita Tahalea Memandang “Dari Balik Jendela”

Sabtu, 04 April 2020 - 15:30 WIB

Monita Tahalea Memandang 'Dari Balik Jendela'

Jakarta-Setelah single "Sesaat yang Abadi" yang dirilis pada penghujung tahun 2018 berhasil mendudukkan MONITA TAHALEA di jajaran Nominasi AMI Awards 2019 untuk kategori Artis Pria/Wanita Solo…

Menteri Tenaga Kerja Ida Fauziyah

Sabtu, 04 April 2020 - 15:05 WIB

Digulung Corona, 2.311 Pekerja Kena PHK

Sedikitnya terdapat 153 perusahaan yang merumahkan 9.183 orang pekerja karena dampak perlambatan ekonomi akibat wabah Corona. Selain itu, hingga 1 April 2020, total pekerja yang terkena PHK…

Honda Prospect Motor

Sabtu, 04 April 2020 - 15:05 WIB

Inilah Strategi Honda Antisipasi Penurunan Pasar Imbas Corona

PT Honda Prospect Motor (HPM) memfokuskan strateginya untuk menjaga tingkat pasokan yang sehat, sekaligus membawa berbagai layanannya ke rumah pelanggan.

Jomblo Mana Suaranya Single Terbaru dari Ikhlas Band

Sabtu, 04 April 2020 - 15:00 WIB

Jomblo Mana Suaranya Single Terbaru dari Ikhlas Band

Setelah merilis single “Assalamualaikum Cinta” dan “Hey Mantanku“, Ikhlas Band yang terdiri dari Edi Suranta Tarigan “Edot” (vokal), Prio Prihanggo “Anggo” (gitar), Ferdiansyah…