Pariwisata Sumatera Selatan Masuk Nominasi Destinasi Halal

Oleh : Herry Barus | Selasa, 06 November 2018 - 08:37 WIB

Jembatan Ampera Palembang (Foto Ist)
Jembatan Ampera Palembang (Foto Ist)

INDUSTRY.co.id - Palembang- Keberadaan sejumlah lokasi wisata di Sumatera Selatan membuat daerah ini masuk dalam nominasi destinasi halal versi Anugerah Syariah Republika (ASR) 2018.

Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Sumsel Irene Camelyn di Palembang, Senin (5/11/2018)  mengatakan, Sumsel masuk dalam daftar 14 provinsi di Indonesia yang masuk dalam tujuan wisata halal atau ramah muslim paling favorit di Indonesia.

“Destinasi wisata di Sumsel mampu mencuri perhatian wisatawan nusantara dan mancanegara, sehingga kali ini masuk nominasi destinasi halal terfavorit pada Anugerah Syariah Republika 2018, “kata dia.

Ia mengatakan, dalam nominasi tersebut, Sumsel bersaing dengan beberapa daerah diantaranya Aceh, DKI Jakarta, Jawa Barat, Nusa Tenggara Barat, Sumatera Barat, Yogjakarta dan daerah lainnya.

Untuk itu, peran masyarakat Sumsel sangat diperlukan karena pemenang juga akan ditentukan melalui mekanisme voting dengan cara mengklik https://republika.co.id/page/ halal/2018 sebanyak-banyaknya.

Sumatera Selatan itu bukan sekadar pempek dan Jembatan Ampera. Tapi ada Jakabaring Sport City, Kampung Arab Al Munawar yang terletak di tepi sungai Musi, Masjid Agung Sultan Mahmud Badaruddin (SMB) dan Alquran Akbar atau Bait Alquran dari ukiran kayu terbesar dan pertama di dunia dalam bentuk Alquran 30 juz.

Sumsel sebagai salah satu provinsi yang memiliki cukup banyak destinasi wisata telah membuat terobosan baru dengan menggalakkan wisata halal.

Fenomena wisata halal sudah menjadi tren di Indonesia dalam beberapa tahun terakhir, hingga saat ini sudah 10 provinsi telah mewujudkan tren wisata tersebut, kata Irene.

Wisata halal mulai dilirik dan dikembangkan di Indonesia karena tingginya turis muslim mancanegara yang berkunjung ke Indonesia. Tahun ini, wisata halal mulai diperkenalkan pada pelaku usaha.
 

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Tim Cekal Corona LKC Berikan Sterilisasi pada Belasan Ambulan Komunitas

Senin, 30 Maret 2020 - 14:30 WIB

Tim Cekal Corona LKC Berikan Sterilisasi pada Belasan Ambulan Komunitas

Memfasilitasi ambulan dalam Penanganan cepat kepada masyarakat terkait corona merupakan kebutuhan yang harus di sediakan oleh tim medis. Sebagai Garda kedepan medis, belasan armada ambulan dari…

Pengurus HIPMI Sari Pramono

Senin, 30 Maret 2020 - 14:01 WIB

Ancaman PHK Didepan Mata, Hipmi Cantik Ini Yakin Kartu Pra Kerja Jadi Solusi

Pemerintah menyiapkan kebijakan lanjutan Kartu Pra Kerja untuk menghadapi dampak ekonomi dari wabah COVID-19. Ketua Bidang Ketenagakerjaan, Vokasi dan Kesehatan Badan Pengurus Pusat Himpunan…

Kegiatan Sosialisasi Pencegahan Covid-19 di Cabang-Cabang tol yang dioperasikan Hutama Karya

Senin, 30 Maret 2020 - 13:47 WIB

Berbagai Kegiatan Pencegahan COVID-19 Di Cabang Tol Hutama Karya, Dari Pembagian Tongkat Tol Hingga Vaksin Gratis

Semakin meluasnya penyebaran Corona Virus Disease Covid-19 atau yang lebih dikenal dengan virus corona di Indonesia, membuat PT Hutama Karya. Hutama Karya selaku salah satu Badan Usaha Jalan…

Himbauan Donasi Kemenag

Senin, 30 Maret 2020 - 13:45 WIB

Kemenag: Yuk, Bantu Lawan Corona Dengan Berderma

Adapun donasi bisa disalurkan melalui rekening atas nama Donasi Covid-19 Kementerian Agama, BRI Syariah: 1049176267 "Yuk, Bantu Lawan Korona dengan Berderma," tutup keterangan Kemenag.

BULOG Pastikan Mampu Mengatasi Kebutuhan Lonjakan Pangan yang Tak Terduga

Senin, 30 Maret 2020 - 13:31 WIB

BULOG Pastikan Stok Cukup Penuhi Lonjakan Kebutuhan Pangan

Pemerintah melalui Perum BULOG memastikan mampu mengatasi kebutuhan lonjakan pangan yang tak terduga. Seluruh jajaran BULOG sudah mewaspadai lonjakan tersebut baik menjelang Ramadhan dan Idul…