Pariwisata Sumatera Selatan Masuk Nominasi Destinasi Halal

Oleh : Herry Barus | Selasa, 06 November 2018 - 08:37 WIB

Jembatan Ampera Palembang (Foto Ist)
Jembatan Ampera Palembang (Foto Ist)

INDUSTRY.co.id - Palembang- Keberadaan sejumlah lokasi wisata di Sumatera Selatan membuat daerah ini masuk dalam nominasi destinasi halal versi Anugerah Syariah Republika (ASR) 2018.

Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Sumsel Irene Camelyn di Palembang, Senin (5/11/2018)  mengatakan, Sumsel masuk dalam daftar 14 provinsi di Indonesia yang masuk dalam tujuan wisata halal atau ramah muslim paling favorit di Indonesia.

“Destinasi wisata di Sumsel mampu mencuri perhatian wisatawan nusantara dan mancanegara, sehingga kali ini masuk nominasi destinasi halal terfavorit pada Anugerah Syariah Republika 2018, “kata dia.

Ia mengatakan, dalam nominasi tersebut, Sumsel bersaing dengan beberapa daerah diantaranya Aceh, DKI Jakarta, Jawa Barat, Nusa Tenggara Barat, Sumatera Barat, Yogjakarta dan daerah lainnya.

Untuk itu, peran masyarakat Sumsel sangat diperlukan karena pemenang juga akan ditentukan melalui mekanisme voting dengan cara mengklik https://republika.co.id/page/ halal/2018 sebanyak-banyaknya.

Sumatera Selatan itu bukan sekadar pempek dan Jembatan Ampera. Tapi ada Jakabaring Sport City, Kampung Arab Al Munawar yang terletak di tepi sungai Musi, Masjid Agung Sultan Mahmud Badaruddin (SMB) dan Alquran Akbar atau Bait Alquran dari ukiran kayu terbesar dan pertama di dunia dalam bentuk Alquran 30 juz.

Sumsel sebagai salah satu provinsi yang memiliki cukup banyak destinasi wisata telah membuat terobosan baru dengan menggalakkan wisata halal.

Fenomena wisata halal sudah menjadi tren di Indonesia dalam beberapa tahun terakhir, hingga saat ini sudah 10 provinsi telah mewujudkan tren wisata tersebut, kata Irene.

Wisata halal mulai dilirik dan dikembangkan di Indonesia karena tingginya turis muslim mancanegara yang berkunjung ke Indonesia. Tahun ini, wisata halal mulai diperkenalkan pada pelaku usaha.
 

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Jakarta Blues International Festival 2019(Foto Dok Industry.co.id0

Sabtu, 24 Agustus 2019 - 21:00 WIB

Jakarta Blues International Festival 2019

Apa kabar Blues di Indonesia? …Silahkan jawab versi Anda sendiri… tapi yang pasti para penggemar-nya sedang bersiap-siap berpesta bersama di acara Jakarta Blues International Festival yang…

Deklarasi Teman Juara

Sabtu, 24 Agustus 2019 - 19:55 WIB

Deklarasi Teman Juara, Ajak Generasi Milenial Berpartisipasi Kembangkan Pariwisata di Era Revolusi Industri 4.0

Teman Juara akan menumbuhkan semangat juara di berbagai bidang. Misalnya ketika ada yang tidak pahaman tentang bagaimana mempromosikan potensi sebuah daerah dari berbagai aspek sosial ekonomi,…

Direktur Jenderal Industri Kecil Menengah dan Aneka (IKMA) Kemenperin Gati Wibawaningsih

Sabtu, 24 Agustus 2019 - 19:05 WIB

Kemenperin Bidik 10 Ribu IKM Masuk Pasar Online

Kementerian Perindustrian (Kemenperin) menargetkan sebanyak 10 ribu pelaku IKM dari berbagai sektor dapat masuk ke pasar online melalui program e-Smart IKM selama periode tahun 2017-2019. Mereka…

Bambang Soesatyo Ketua DPR RI (Foto Dok Industry.co.id)

Sabtu, 24 Agustus 2019 - 19:00 WIB

Para Pemimpin Negeri Harus Berkomitmen Kuat Wujudkan Persatuan Bangsa

Ketua DPR RI Bambang Soesatyo (Bamsoet) menegaskan pasca Pemilu 2019 yang telah menguras banyak tenaga dan pikiran, harus ditindaklanjuti dengan mengisi kembali pembangunan. Tidak bisa dipungkiri,…

Direktur Jenderal IKMA Kemenperin, Gati Wibawaningsih

Sabtu, 24 Agustus 2019 - 18:30 WIB

Kemenperin Targetkan 250 Peserta Beradu Inovasi di IGDS 2019

Kementerian Perindustrian melalui Direktorat Jenderal Industri Kecil Menengah dan Aneka (IKMA) kembali melakukan acara sosialisasi Indonesia Good Design Selection (IGDS) 2019. Tahun 2019 ini,…