Pariwisata Sumatera Selatan Masuk Nominasi Destinasi Halal

Oleh : Herry Barus | Selasa, 06 November 2018 - 08:37 WIB

Jembatan Ampera Palembang (Foto Ist)
Jembatan Ampera Palembang (Foto Ist)

INDUSTRY.co.id - Palembang- Keberadaan sejumlah lokasi wisata di Sumatera Selatan membuat daerah ini masuk dalam nominasi destinasi halal versi Anugerah Syariah Republika (ASR) 2018.

Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Sumsel Irene Camelyn di Palembang, Senin (5/11/2018)  mengatakan, Sumsel masuk dalam daftar 14 provinsi di Indonesia yang masuk dalam tujuan wisata halal atau ramah muslim paling favorit di Indonesia.

“Destinasi wisata di Sumsel mampu mencuri perhatian wisatawan nusantara dan mancanegara, sehingga kali ini masuk nominasi destinasi halal terfavorit pada Anugerah Syariah Republika 2018, “kata dia.

Ia mengatakan, dalam nominasi tersebut, Sumsel bersaing dengan beberapa daerah diantaranya Aceh, DKI Jakarta, Jawa Barat, Nusa Tenggara Barat, Sumatera Barat, Yogjakarta dan daerah lainnya.

Untuk itu, peran masyarakat Sumsel sangat diperlukan karena pemenang juga akan ditentukan melalui mekanisme voting dengan cara mengklik https://republika.co.id/page/ halal/2018 sebanyak-banyaknya.

Sumatera Selatan itu bukan sekadar pempek dan Jembatan Ampera. Tapi ada Jakabaring Sport City, Kampung Arab Al Munawar yang terletak di tepi sungai Musi, Masjid Agung Sultan Mahmud Badaruddin (SMB) dan Alquran Akbar atau Bait Alquran dari ukiran kayu terbesar dan pertama di dunia dalam bentuk Alquran 30 juz.

Sumsel sebagai salah satu provinsi yang memiliki cukup banyak destinasi wisata telah membuat terobosan baru dengan menggalakkan wisata halal.

Fenomena wisata halal sudah menjadi tren di Indonesia dalam beberapa tahun terakhir, hingga saat ini sudah 10 provinsi telah mewujudkan tren wisata tersebut, kata Irene.

Wisata halal mulai dilirik dan dikembangkan di Indonesia karena tingginya turis muslim mancanegara yang berkunjung ke Indonesia. Tahun ini, wisata halal mulai diperkenalkan pada pelaku usaha.
 

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Luna SIMO

Senin, 27 Januari 2020 - 10:12 WIB

Ini Luna SIMO, Smartphone Dengan Teknologi Virtual SIM Card

Teknologi ini memungkinkan Luna SIMO terhubung ke intenet tanpa perlu SIMCard dan WiFi. 

Nasabah bertransaksi di BRILink

Senin, 27 Januari 2020 - 10:12 WIB

Transaksi Agen BRILink Setahun Capai Rp 673 Triliun

Sepanjang tahun 2019, layanan branchless banking milik Bank BRI yang biasa disebut Agen BRILink mampu mencatatkan jumlah volume transaksi yang mencengangkan, yakni sebesar Rp 673 triliun. Hal…

Menteri BUMN Erick Thohir

Senin, 27 Januari 2020 - 10:09 WIB

Menteri BUMN Erick Thohir Mengenang Kobe Bryant

Meninggalnya Legenda Basket Kobe Bryant dalam sebuah kecelakaan Helikopter yang terjadi Minggu (26/1) di California, Amerika mengagetkan semua orang. Kepergiannya begitu mendadak. Dunia olahraga…

 Kobe Bryant legenda basket dunia (Foto Dok Google)

Senin, 27 Januari 2020 - 10:06 WIB

Cristiano Ronaldo: Kobe Bryant Seorang Legenda Sejati

Megabintang sepak bola Cristiano Ronaldo mengaku sedih ketika mendengar berita memilukan yang menimpa legenda basket dunia Kobe Bryant bersama sang putri Gianna karena kecelakaan di dekat Los…

Pembangunan Venue PON XX Papua

Senin, 27 Januari 2020 - 09:48 WIB

Kementerian PUPR Genjot Pembangunan Venue PON XX Papua

Pembangunan arena olahraga dilakukan di Kabupaten Jayapura yakni arena (venue) Aquatic dan ISTORA Papua Bangkit di Kawasan Olahraga Kampung Harapan, Distrik Sentani Timur dan arena Cricket dan…