Penjualan Semen Baturaja Meningkat Pembangunan Tol Trans Sumatera

Oleh : Herry Barus | Senin, 05 November 2018 - 10:20 WIB

Pabrik Semen Baturaja (Bm)
Pabrik Semen Baturaja (Bm)

INDUSTRY.co.id - Palembang- Penjualan semen baturaja pada semester I/2018 terdongrak pembangunan tol di Sumatera Selatan dan Lampung yang merupakan bagian dari Tol Trans Sumatera.  

Sekretaris Perusahaan PT Semen Baturaja (Persero) Basthony Santri di Palembang, Minggu (4/11/218) mengatakan, volume penjualan melejit khususnya untuk semen curah untuk Lampung mengalami kenaikan 318 persen dibandingkan semester pertama tahun lalu, sementara Sumatera Selatan mencapai 21 persen.

"Seperti halnya proyek Light Rail Transit (LRT) Palembang yang memakai 95 persen dari Semen Baturaja, maka di tol yang dibangun di dua provinsi ini juga banyak menyerap produk kami," kata dia kepada awak media.

Ia mengatakan permintaan semen curah di pasar nasional tahun ini tumbuh pesat hingga mencatat pertumbuhan 11,7 persen dibandingkan periode yang sama tahun lalu. Peningkatan ini tak lain berkat adanya sejumlah pembangunan infrastruktur.

Sejauh ini, Semen Baturaja (SMBR) telah mendominasi pasar di Sumsel dengan pangsa pasar 52,9 persen atau tumbuh 8,1 persen dibandingkan tahun lalu. Bahkan di Lampung, sejak 2018, produk SMBR mampu menjadi market leader.

Pertumbuhan positif dari sisi penjualan bukan hanya terjadi di Sumsel dan Lampung karena di Provinsi Jambi juga mencapat pertumbuhan 111,8 persen dibandingkan tahun lalu sehingga membuat market sharet produk SMBR menjadi 11 persen.

"Ini menjadi pencapaian tertinggi dalam lima tahun terakhir di Jambi," kata dia.  

Berdasarkan data Asosiasi SemenIndonesia, total permintaan semen di wilayah Sumatera Bagian Selatan pada semester I/2018 mencapai 2.619.172 ton. Sedangkan di Sumatera mencapai 6.481.428 ton atau meningkat 7,2 persen dibandingkan semester I/2017 yang hanya 6.028.820 ton.

Menurut Basthony, sementara ini pertumbuhan volume penjualan SMBR berhasil melampaui pertumbuhan permintaan di seluruh wilayah pemasaran perseroan.

 "Mulai dari Sumatera Selatan, Lampung, Jambi, Bengkulu, hingga Bangka Belitung," ujar dia

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Ke Korea Aja: Menikmati Musim Dingin di Gangwon Snow Festa

Minggu, 19 Januari 2020 - 18:00 WIB

Ke Korea Aja: Menikmati Musim Dingin di Gangwon Snow Festa

Gangwon-do, provinsi yang berada di bagian timur laut semenanjung Korea ini terkenal karena keindahan alamnya. Ketika musim dingin tiba, pegunungan-pegunungan yang diselimuti salju menyuguhkan…

Petani desa di tengah sawah (Foto: Dok Industry.co.id)

Minggu, 19 Januari 2020 - 17:29 WIB

Di Forum Mentan Sedunia, SYL Bawa Tiga Misi Indonesia untuk Pangan

Menteri Pertanian, Syahrul Yasin Limpo saat ini berada di Berlin, Jerman. Mentan menghadiri Global Forum Food and Agriculture 2020, sebuah forum pertemuan dua tahunan Menteri pertanian sedunia.…

Fintech payment aplikasi Cashbac

Minggu, 19 Januari 2020 - 17:19 WIB

Cashbac Keuntungan Lebih Untuk Pelanggan Standard Chartered Bank

Cashbac kembali menghadirkan promo ‘Tanggal Tua Rasa Muda’ yang memberikan kesempatan para pengguna untuk berhemat bagi para penggunanya tanpa perlu mengkhawatirkan akhir bulan dan tetap…

Siswa Sampoerna Academy Raih 'Top in World' Outstanding Cambridge Learner Awards

Minggu, 19 Januari 2020 - 17:00 WIB

Siswa Sampoerna Academy Raih 'Top in World' Outstanding Cambridge Learner Awards

Prestasi yang sungguh membanggakan diraih oleh lima siswa dari Sampoerna Academy Medan dengan membawa pulang Outstanding Cambridge Learner Awards di bawah kualifikasi Cambridge IGCSE. Penghargaan…

Menghadapi Era Experience Economy Bersama SAMARA Media & Entertainment

Minggu, 19 Januari 2020 - 16:00 WIB

Menghadapi Era Experience Economy Bersama SAMARA Media & Entertainment

Saat ini, dunia industri sedang berada di era Experience Economy, dimana konsumen kini tidak lagi hanya menginginkan barang atau jasa, tapi juga menjadikan pengalaman sebagai bagian penting…