Padukan Business dan Leisure Travel Pariwisata Ajak Wisman Kunjungi Indonesia

Oleh : Chodijah Febriyani | Jumat, 17 Februari 2017 - 19:25 WIB

Acara Forum Wartawan Pariwisata Indonesia yang mengangkat tema "Pariwsata Indonesia Mengejar Kualitas atau Kuantitas Wisatawan Mancanegara"
Acara Forum Wartawan Pariwisata Indonesia yang mengangkat tema "Pariwsata Indonesia Mengejar Kualitas atau Kuantitas Wisatawan Mancanegara"

INDUSTRY.co.id, Jakarta - Untuk mewujudkan jumlah wisatawan mancanegara tahun 2019 mendatang yang ditargetkan 20 juta wisman berkunjung ke Indonesia, segala macam cara sudah dilakukan untuk mewujudkannya.

Potensi pariwisata di Indonesia juga beraneka ragam mulai dari alamnya, hingga budaya yang merupakan faktor daya tarik para wisata mancanegara yang datang berkjunjung.

Menurut Chirstina L Raudatin, Praktisi MICE PNJ mengatakan bahwa, kualitas dan kuantitas itu penting dalam hal sektor pariwisata. Terbukti bussiness dan leisure travel dari luar negeri banyak yang melakukan kegiatan bisnis di Indonesia dan mereka juga tertarik untuk menjelajahi Indonesia.

"Di Indonesia ada 16 destinasi yang difokuskan oleh pemerintah untuk memfokuskan MICE, tetapi nyatanya sampai saat ini mayoritas masing terkonsentrasi di Jakarta dan Bali saja. Hal ini dikarenakan soal aksesibilitas dan fasilitas. Jadi, untuk MICE mau tidak mau harus fokus satu-satu pada beberapa destinasi yang memang sudah dianggap siap terlebih dahulu," ujar Chirstina L Raudatin dalam acara yang digelar oleh Forum Wartawan Pariwisata Indonesia yang mengangkat tema "Pariwsata Indonesia Mengejar Kualitas atau Kuantitas Wisatawan Mancanegara" di Hotel Ibis, Harmoni, Jakarta, Jumat (17/2/2017).

Dari kriteria sebuah destinasi MICE memang Jakarta dan Bali yang hampir memenuhi kriteria diantaranya dengan adanya aksesbiliti paling tidak direct flight internasional dari Jakarta dan Bali jauh lebih banyak dari pada kota-kota lainnya. Tentu saja jika kita mengadakan kegiatan MICE disebuah destinasi, nomor satu mereka ingin adanya kemudahan menuju ke destinasi tersebut, dan keimigrasian, kami bersyukur bahwa kebijakan bebas visa menjadi salah satu kemudahan, lanjutnya.

"Indonesia baru sekitar tujuh destinasi yang dianggap mampu untuk dikembangkan menjadi fokus MICE. Potensi wisata MICE yang lainnya antara lain Jogja, Bandung, Surabaya, Solo, Medan dan Semarang," pungkas, Chirstina L Raudatin, Praktisi MICE PNJ.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Dr Lukmanul Hakim

Sabtu, 04 April 2020 - 00:02 WIB

IHSG Ditutup naik 0,02 persen, Anak Buah Wapres: Kepercayaan Pasar Mulai Tumbuh Kembali Karena Kebijakan Penanganan Covid-19

Staf Khusus Wakil Presiden RI Bidang Ekonomi & Keuangan, Dr. Lukmanul Hakim mengatakan di tengah pandemi virus corona (covid-19) yang sedang fokus diatasi pemerintah, kabar baik muncul dari…

Gerakan Indonesia Pasti Bisa

Jumat, 03 April 2020 - 21:33 WIB

Inisiatif Mekari Melalui Indonesia Pasti Bisa Tanggulangi Penyebaran Covid-19

Mekari sebagai perusahaan Software as a Service (SaaS) di Indonesia, berusaha untuk memberikan kontribusi aktif dalam merespon keadaan ini dengan penerapan work from home (WFH) bagi seluruh…

Serivis Gratis Vespa Piaggio

Jumat, 03 April 2020 - 20:40 WIB

Catat, PT Piaggio Indonesia Hadirkan Layanan Pick-Up Servis Vespa Gratis Hingga 15 April 2020

Untuk menjaga kenyamanan dan ketenangan konsumen, PT Piaggio Indonesia berkomitmen untuk tetap menjaga kenyamanan dan keamanan konsumen dengan memastikan sanitasi fasilitas operasional, memastikan…

Ronsianus B Daur, SE., BKP., M. Ak _Praktisi Perpajakan - tinggal di Jakarta

Jumat, 03 April 2020 - 19:58 WIB

Kelegaan Dunia Pajak dalam Ketidakpastian

Bak tamu yang tak diundang, Corona Viruses Disease (Covid-19) menyergap dunia sejak penghujung tahun 2019 lalu. Awalnya di Provinsi Huabei China, lalu menyebar luas ke seantero dunia.

WMI bersama Ojek Online cegah penularan Corona

Jumat, 03 April 2020 - 19:24 WIB

WMI Edukasi Para Driver Ojol untuk Cegah Covid19

Wahana Muda Indonesia (WMI) pada Rabu kemarin (01/04/2020) menggelar aksi kampanye gerak bersama para driver ojek online (ojol).