Padukan Business dan Leisure Travel Pariwisata Ajak Wisman Kunjungi Indonesia

Oleh : Chodijah Febriyani | Jumat, 17 Februari 2017 - 19:25 WIB

Acara Forum Wartawan Pariwisata Indonesia yang mengangkat tema "Pariwsata Indonesia Mengejar Kualitas atau Kuantitas Wisatawan Mancanegara"
Acara Forum Wartawan Pariwisata Indonesia yang mengangkat tema "Pariwsata Indonesia Mengejar Kualitas atau Kuantitas Wisatawan Mancanegara"

INDUSTRY.co.id, Jakarta - Untuk mewujudkan jumlah wisatawan mancanegara tahun 2019 mendatang yang ditargetkan 20 juta wisman berkunjung ke Indonesia, segala macam cara sudah dilakukan untuk mewujudkannya.

Potensi pariwisata di Indonesia juga beraneka ragam mulai dari alamnya, hingga budaya yang merupakan faktor daya tarik para wisata mancanegara yang datang berkjunjung.

Menurut Chirstina L Raudatin, Praktisi MICE PNJ mengatakan bahwa, kualitas dan kuantitas itu penting dalam hal sektor pariwisata. Terbukti bussiness dan leisure travel dari luar negeri banyak yang melakukan kegiatan bisnis di Indonesia dan mereka juga tertarik untuk menjelajahi Indonesia.

"Di Indonesia ada 16 destinasi yang difokuskan oleh pemerintah untuk memfokuskan MICE, tetapi nyatanya sampai saat ini mayoritas masing terkonsentrasi di Jakarta dan Bali saja. Hal ini dikarenakan soal aksesibilitas dan fasilitas. Jadi, untuk MICE mau tidak mau harus fokus satu-satu pada beberapa destinasi yang memang sudah dianggap siap terlebih dahulu," ujar Chirstina L Raudatin dalam acara yang digelar oleh Forum Wartawan Pariwisata Indonesia yang mengangkat tema "Pariwsata Indonesia Mengejar Kualitas atau Kuantitas Wisatawan Mancanegara" di Hotel Ibis, Harmoni, Jakarta, Jumat (17/2/2017).

Dari kriteria sebuah destinasi MICE memang Jakarta dan Bali yang hampir memenuhi kriteria diantaranya dengan adanya aksesbiliti paling tidak direct flight internasional dari Jakarta dan Bali jauh lebih banyak dari pada kota-kota lainnya. Tentu saja jika kita mengadakan kegiatan MICE disebuah destinasi, nomor satu mereka ingin adanya kemudahan menuju ke destinasi tersebut, dan keimigrasian, kami bersyukur bahwa kebijakan bebas visa menjadi salah satu kemudahan, lanjutnya.

"Indonesia baru sekitar tujuh destinasi yang dianggap mampu untuk dikembangkan menjadi fokus MICE. Potensi wisata MICE yang lainnya antara lain Jogja, Bandung, Surabaya, Solo, Medan dan Semarang," pungkas, Chirstina L Raudatin, Praktisi MICE PNJ.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Lahan persawahan yang siap panen

Minggu, 29 Maret 2020 - 20:57 WIB

Kabupaten Bogor Panen Raya Padi di Tengah Corona

Kementerian Pertanian (Kementan) terus membantu peningkatan produksi beras di Kabupaten Bogor. Di antaranya melalui terobosan dengan menerapkan program peningkatan produksi dan produktivitas…

Pasien Suspect Virus Corona (Liputan6.com)

Minggu, 29 Maret 2020 - 19:45 WIB

Kogasgabpad Benarkan Dua Pasien RS Darurat Wisma Atlet Meninggal Dunia

Dua pasien Rumah Sakit Darurat Wisma Atlet meninggal dunia pada Minggu, berdasarkan informasi yang diterima ANTARA dari Komando Tugas Gabungan Terpadu (Kogasgabpad), Wisma Atlet, Jakarta. .

Wakil Walikota Bandung Yana Mulyana (ist)

Minggu, 29 Maret 2020 - 18:51 WIB

Sembuh dari Corona, Wawako Bandung Yana Mulyana: Alhamdulillah Terimakasih Dokter dan Tenaga Medis

Wakil Walikota Bandung Yana Mulyana dinyatakan sembuh dari penyakit Covid-19. Hal tersebut disampaikan langsung oleh Yana Mulyana kepada KompasTV yang ditayangkan secara langsung pada Minggu…

Bambang Soesatyo Ketua DPR RI

Minggu, 29 Maret 2020 - 18:00 WIB

Ketua MPR Desak Pemerintah Berikan Perhatian Khusus Pada Sektor Tanaman Pangan

Ketua MPR Bambang Soesatyo (Bamsoet) mendorong pemerintah agar segera memberi perhatian khusus pada sektor tanaman pangan. Ditengah proses kerusakan pada sektor ekonomi global saat ini, tantangan…

Dukung Industri Fiber Infrastruktur FiberStar Meresmikan Kantor Regional di Palembang

Minggu, 29 Maret 2020 - 17:00 WIB

Industri Telekomunikasi Bergerak, FiberStar Gelar Jaringan di Palembang

Dalam rangka komitmen dan upaya peningkatan kualitas layanan terhadap pelanggan khususnya di wilayah Sumatera bagian Selatan, FiberStar meresmikan Kantor Regional Sumatera Selatan baru yang…