Padukan Business dan Leisure Travel Pariwisata Ajak Wisman Kunjungi Indonesia

Oleh : Chodijah Febriyani | Jumat, 17 Februari 2017 - 19:25 WIB

Acara Forum Wartawan Pariwisata Indonesia yang mengangkat tema "Pariwsata Indonesia Mengejar Kualitas atau Kuantitas Wisatawan Mancanegara"
Acara Forum Wartawan Pariwisata Indonesia yang mengangkat tema "Pariwsata Indonesia Mengejar Kualitas atau Kuantitas Wisatawan Mancanegara"

INDUSTRY.co.id, Jakarta - Untuk mewujudkan jumlah wisatawan mancanegara tahun 2019 mendatang yang ditargetkan 20 juta wisman berkunjung ke Indonesia, segala macam cara sudah dilakukan untuk mewujudkannya.

Potensi pariwisata di Indonesia juga beraneka ragam mulai dari alamnya, hingga budaya yang merupakan faktor daya tarik para wisata mancanegara yang datang berkjunjung.

Menurut Chirstina L Raudatin, Praktisi MICE PNJ mengatakan bahwa, kualitas dan kuantitas itu penting dalam hal sektor pariwisata. Terbukti bussiness dan leisure travel dari luar negeri banyak yang melakukan kegiatan bisnis di Indonesia dan mereka juga tertarik untuk menjelajahi Indonesia.

"Di Indonesia ada 16 destinasi yang difokuskan oleh pemerintah untuk memfokuskan MICE, tetapi nyatanya sampai saat ini mayoritas masing terkonsentrasi di Jakarta dan Bali saja. Hal ini dikarenakan soal aksesibilitas dan fasilitas. Jadi, untuk MICE mau tidak mau harus fokus satu-satu pada beberapa destinasi yang memang sudah dianggap siap terlebih dahulu," ujar Chirstina L Raudatin dalam acara yang digelar oleh Forum Wartawan Pariwisata Indonesia yang mengangkat tema "Pariwsata Indonesia Mengejar Kualitas atau Kuantitas Wisatawan Mancanegara" di Hotel Ibis, Harmoni, Jakarta, Jumat (17/2/2017).

Dari kriteria sebuah destinasi MICE memang Jakarta dan Bali yang hampir memenuhi kriteria diantaranya dengan adanya aksesbiliti paling tidak direct flight internasional dari Jakarta dan Bali jauh lebih banyak dari pada kota-kota lainnya. Tentu saja jika kita mengadakan kegiatan MICE disebuah destinasi, nomor satu mereka ingin adanya kemudahan menuju ke destinasi tersebut, dan keimigrasian, kami bersyukur bahwa kebijakan bebas visa menjadi salah satu kemudahan, lanjutnya.

"Indonesia baru sekitar tujuh destinasi yang dianggap mampu untuk dikembangkan menjadi fokus MICE. Potensi wisata MICE yang lainnya antara lain Jogja, Bandung, Surabaya, Solo, Medan dan Semarang," pungkas, Chirstina L Raudatin, Praktisi MICE PNJ.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Nasabah bertransaksi di BRILink

Senin, 27 Januari 2020 - 10:12 WIB

Transaksi Agen BRILink Setahun Capai Rp 673 Triliun

Sepanjang tahun 2019, layanan branchless banking milik Bank BRI yang biasa disebut Agen BRILink mampu mencatatkan jumlah volume transaksi yang mencengangkan, yakni sebesar Rp 673 triliun. Hal…

Menteri BUMN Erick Thohir

Senin, 27 Januari 2020 - 10:09 WIB

Menteri BUMN Erick Thohir Mengenang Kobe Bryant

Meninggalnya Legenda Basket Kobe Bryant dalam sebuah kecelakaan Helikopter yang terjadi Minggu (26/1) di California, Amerika mengagetkan semua orang. Kepergiannya begitu mendadak. Dunia olahraga…

 Kobe Bryant legenda basket dunia (Foto Dok Google)

Senin, 27 Januari 2020 - 10:06 WIB

Cristiano Ronaldo: Kobe Bryant Seorang Legenda Sejati

Megabintang sepak bola Cristiano Ronaldo mengaku sedih ketika mendengar berita memilukan yang menimpa legenda basket dunia Kobe Bryant bersama sang putri Gianna karena kecelakaan di dekat Los…

Pembangunan Venue PON XX Papua

Senin, 27 Januari 2020 - 09:48 WIB

Kementerian PUPR Genjot Pembangunan Venue PON XX Papua

Pembangunan arena olahraga dilakukan di Kabupaten Jayapura yakni arena (venue) Aquatic dan ISTORA Papua Bangkit di Kawasan Olahraga Kampung Harapan, Distrik Sentani Timur dan arena Cricket dan…

dr. Terawan Agus Putranto (Foto Dok Industry.coid)

Senin, 27 Januari 2020 - 09:48 WIB

135 Thermo Scanner Diaktifkan di Sejumlah Pintu Masuk Indonesia

Menteri Kesehatan Terawan Agus Putranto mengatakan bahwa pemerintah memperketat pintu masuk negara dengan menyiagakan alat deteksi berupa thermo scanner guna mencegah Novel Coronavirus (2019-nCoV)…