Investasi ESDM Capai 15,2 MiliarDolar

Oleh : Herry Barus | Jumat, 26 Oktober 2018 - 10:00 WIB

Ilustrasi Migas
Ilustrasi Migas

INDUSTRY.co.id - Jakarta - Realisasi investasi sektor energi dan sumber daya mineral (ESDM) hingga kuartal ketiga 2018 mencapai 15,2 miliar dolar AS.

Menteri ESDM Ignasius Jonan dalam rilis di Jakarta, Rabu  (24/10/2018) mengatakan angka investasi itu terdiri atas subsektor minyak dan gas senilai delapan miliar dolar AS, ketenagalistrikan 4,8 miliar dolar, mineral dan batubara 1,6 miliar dolar, serta energi baru, terbarukan, dan konservasi energi (EBTKE) 0,8 miliar dolar.

Investasi, terutama di hulu migas, dipengaruhi harga minyak mentah dunia.

"Kalau lihat (investasi tinggi) pada tahun-tahun sebelumnya, itu dipicu dari 2011-2012 saat harga minyak mentah mencapai di atas 100 dolar AS per barel. Akhirnya, keputusan investasinya pun mengikuti. Refleksinya (terlihat) pada 2014-2015. Begitu harga minyak turun pada 2016, dan 2017 (harga minyak) naik lagi, kebutuhan investasinya mulai bangkit lagi, yang refleksinya 2019 atau 2020," ujarnya.

Demikian pula, Jonan menyampaikan keputusan investasi eksplorasi, juga dilakukan setelah harga minyak mengalami kenaikan.

"Kalau investasi migas, memang tergantung harga minyak dunia, tidak bisa dikendalikan," ujarnya.

Namun demikian, lanjutnya, saat ini pemerintah sudah mendapatkan komitmen eksplorasi cukup besar yakni hingga dua miliar dolar dari perpanjangan blok migas termasuk Blok Rokan.

Untuk sektor ketenagalistrikan, menurut Jonan, investasinya menyesuaikan pertumbuhan ekonomi.

Nilai investasi sekarang ini dikarenakan proyek pembangkit yang berjalan sudah cukup memenuhi pertumbuhannya.

Proyek 35.000 MW dengan proyeksi pertumbuhan ekonomi 7-8 persen, sementara realisasi hanya lima persen.

Oleh karena itu, lanjut Jonan, pembangunan pembangkit listrik yang termasuk dalam program 35.000 MW diteruskan hingga 2024-2025.

"(Penyelesaian proyek 35.000 MW) kami geser sampai 2024-2025. Jadi setelah ini (investasi) akan flat (datar)," ujarnya.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Indeks harga saham gabungan (IHSG) di gedung Bursa Efek Indonesia (dok INDUSTRY.co.id)

Selasa, 23 Juli 2019 - 14:22 WIB

Bahana TCW : Pasar Saham Berpotensi Menguat di Semester Dua

Pasar saham Indonesia kembali berpeluang menguat di semester dua tahun ini setelah usai dari hiruk pikuk politik dan para pelaku pasar mendapat kepastian Presiden terpilih Joko Widodo kembali…

CEO PATA Indonesia Chapter, Poernomo Siswoprasetijo bersama Bupati Kabupaten Dairi Eddy Keleng Ate Berutu saat menandatangani perjanjian kerja sama (Foto: Ridwan/Industry.co.id)

Selasa, 23 Juli 2019 - 13:50 WIB

Wujudkan Visi Buku Think Big Start Small Move Fast, PATA Indonesia Teken MoU Majukan Pariwisata Kabupaten Dairi

PATA Indonesia Chapter bekerjasama dengan President University menggelar acara Bedah Buku dan Penandatanganan Nota Kesepahaman antara PATA Indonesia Chapter dan Pemerintah Kabupaten Dairi, Sumatera…

UniPin akan gelar eSport

Selasa, 23 Juli 2019 - 13:42 WIB

UniPin Gelar Kompetisi eSport Kelas Internasional

Jakarta - UniPin menggelar kompetisi eSport kelas internasional untuk mendukung pegiat eSport yang berkomitmen tinggi dengan mendedikasikan kehidupannya menjadi atlet eSport profesional.

Rudy Ramli di BPK

Selasa, 23 Juli 2019 - 12:10 WIB

BPK Diminta Audit Investigasi Penjualan Saham Bank Permata

Jakarta - Rudy Ramli,   mendatangi Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) untuk melaporkan adanya kerugiaan negara pada Kasus Bank Permata yang menelan uang negara melalui rekap bond senilai Rp 11,9…

Perayaan Tahun Baru di Monas ( Istimewa)

Selasa, 23 Juli 2019 - 12:00 WIB

Pameran Hologram Monas, Menampilkan Wajah Jakarta Dari Masa Ke Masa Melalui Instalasi Hologram

Monumen Nasional (Monas) merupakan salah satu destinasi utama Jakarta yang menampilkan sosok Jakarta sebagai kota modern pusat seni budaya. Sebagai ikon khas ibukota, Monas merupakan tempat…