Bandara Kertajati Buka Dua Rute Penerbangan Baru

Oleh : Herry Barus | Sabtu, 20 Oktober 2018 - 12:00 WIB

Bandara Kertajati
Bandara Kertajati

INDUSTRY.co.id - Bandung- Dua rute baru akan menambah penerbangan dari dan menuju Bandara Internasional Jawa Barat (BIJB) Kertajati, Kabupaten Majalengka.

 "Rute baru yang dilayani maskapai penerbangan domestik Transnusa akan dimulai pada awal November 2018 dengan rute menuju Semarang dan Bandar Lampung serta sebaliknya," kata Direktur Utama PT BIJB Virda Dimas Ekaputra di Bandung, Jumat (19/10/2018)

Virda mengatakan, penambahan rute menuju dua daerah tujuan ini dilakukan karena demand dan potensi pasar menuju wilayah tengah dan barat Indonesia cukup besar. Sementara ini Semarang akan terwakilkan oleh maskapai Transnusa setelah Yogyakarta yang menjadi rute bidikan selanjutnya untuk dilayani dari Bandara Kertajati.

Bandar Lampung yang berada di bagian barat diharapkan bisa menjadi perintisan penerbangan lainnya menuju pulau Sumatera seperti Medan, Palembang, Jambi, Riau, Aceh atau bahkan Batam yang cukup dinanti-nanti oleh warga Jawa Barat. Sejak mendapat izin penerbangan komersial pada 2011, Transnusa lebih banyak melayani penerbangan di Indonesia bagian timur. Kini layanan itu meluas menuju tengah dan barat.

"Semoga ini bisa menjadi starting point penerbangan baik kedepannya baik itu untuk BIJB dan Transnusa. Sebelumnya layanan menuju Surabaya sudah dibuka Citilink yang kini beroperasi setiap hari dari Kertajati," kata Virda di Bandung, Jumat 19 Oktober 2018.

Transnusa, diawal penerbangan dari Bandara Kertajati akan mulai mengisi slot pada Minggu 4 November 2018. Layanan penerbangan domestik ini akan dibuka satu pekan dua kali yakni Minggu dan Senin secara pulang pergi.

Penerbangan dari KJT (Kertajati) menuju TKG (Bandar Lampung) yakni pukul 6.30 WIB dengan jarak tempuh satu jam. Sebaliknya, TKG - KJT pesawat akan take off pukul 7.50 WIB dan tiba di tujuan pukul 8.50 WIB.

Untuk layanan menuju Semarang, penerbangan dibuka pukul 9.10 WIB dan akan tiba di bandara tujuan pukul 09.55 WIB. Untuk selanjutnya penerbangan Semarang menuju Kertajati pesawat akan lepas landas pukul 17.25 dan tiba pukul 18.10 WIB.

"Jam penerbangan ini sudah disesuaikan berdasarkan kebutuhan masyarakat," tutur Virda.

Sebelum penerbangan Semarang dan Bandar Lampung, Bandara Kertajati sendiri sudah melayani penerbangan domestik setiap harinya dengan tujuan Surabaya serta sebaliknya sejak Juni 2018 lalu.

Rute terbaru adalah layanan penerbangan internasional yang ditandai dengan penerbangan secara direct Kertajati - Madinah oleh Maskapai Lion Air pada 13 Oktober lalu. Penerbangan untuk mengangkut jamaah umrah dengan pesawat tipe Boeing 737 max 8 dilakukan satu minggu sekali.

Virda menambahkan, pengajuan slot dari sejumlah maskapai sudah masuk ke pihaknya.  Seluruh pengajuan slot penerbangan itu terus dalam evaluasi karena berkaitan juga dengan bandara tujuan. Menurutnya rute yang kini terus dibidik yakni tujuan Denpasar, Yogyakarta, Medan, dan Ujungpandang. Sedangkan internasional tujuaan Singapura, Malaysia, Tiongkok dan Jepang.

 "Kami targetkan diawal pengeoperasian ini ada 14 penerbangan yang dilayani dari Bandara Kertajati," kata dia. (Ant)

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Sutradara Livi Zheng (Foto Dok Industry.co.id)

Minggu, 21 Juli 2019 - 16:00 WIB

Sutradara Livi Zheng Sedih

Ternyata musik dari gamelan Bali sudah banyak dimanfaatkan untuk menghiasi film produksi Hollywood. Salah satunya Avatar, namun banyak penonton film di mancanegara tidak tahu kalau musik gamelan…

DFSK Indonesia Donasikan Super Cab

Minggu, 21 Juli 2019 - 15:40 WIB

DFSK Mudahkan Konsumen Miliki Super Cab Dengan Cicilan Mulai Rp100 Ribu Perhari

Pikap produksi Cikande, Serang, Banten ini hadir dengan kombinasi tenaganya yang kuat, muatan lebih banyak, tangguh, dan sangat terjangkau oleh kantong konsumen.

Rusun ASN Ditjen Imigrasi Kota Batam

Minggu, 21 Juli 2019 - 15:31 WIB

Kementerian PUPR Resmikan Rusun ASN Ditjen Imigrasi Kota Batam

Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) melalui Direktorat Jenderal Penyediaan Perumahan telah menyelesaikan pembangunan Rusunawa yang diperuntukan bagi Aparatur Sipil Negara…

Menteri PUPR Basuki Hadimuljono

Minggu, 21 Juli 2019 - 15:08 WIB

Menteri PUPR Targetkan Renovasi Masjid Istiqlal Rampung Maret 2020

Renovasi Masjid Istiqlal merupakan tindaklanjut perintah Presiden Joko Widodo usai menerima kunjungan Perdana Menteri India Narendra Modi ke Masjid Istiqlal pada tanggal 30 Mei 2018 lalu.

Semen Indonesia (Agung Parameswara/Getty Images)

Minggu, 21 Juli 2019 - 15:06 WIB

Semen China Masuk, Industri Semen Dalam Negeri Terancam

Jakarta - Masuknya semen dari merek prinsipal China yang diproduksi di dalam negeri ke pasaran Indonesia menimbulkan pro kontra. Pasalnya semen asal china dijual dengan harga yang lebih murah…