Bandara Kertajati Buka Dua Rute Penerbangan Baru

Oleh : Herry Barus | Sabtu, 20 Oktober 2018 - 12:00 WIB

Bandara Kertajati
Bandara Kertajati

INDUSTRY.co.id - Bandung- Dua rute baru akan menambah penerbangan dari dan menuju Bandara Internasional Jawa Barat (BIJB) Kertajati, Kabupaten Majalengka.

 "Rute baru yang dilayani maskapai penerbangan domestik Transnusa akan dimulai pada awal November 2018 dengan rute menuju Semarang dan Bandar Lampung serta sebaliknya," kata Direktur Utama PT BIJB Virda Dimas Ekaputra di Bandung, Jumat (19/10/2018)

Virda mengatakan, penambahan rute menuju dua daerah tujuan ini dilakukan karena demand dan potensi pasar menuju wilayah tengah dan barat Indonesia cukup besar. Sementara ini Semarang akan terwakilkan oleh maskapai Transnusa setelah Yogyakarta yang menjadi rute bidikan selanjutnya untuk dilayani dari Bandara Kertajati.

Bandar Lampung yang berada di bagian barat diharapkan bisa menjadi perintisan penerbangan lainnya menuju pulau Sumatera seperti Medan, Palembang, Jambi, Riau, Aceh atau bahkan Batam yang cukup dinanti-nanti oleh warga Jawa Barat. Sejak mendapat izin penerbangan komersial pada 2011, Transnusa lebih banyak melayani penerbangan di Indonesia bagian timur. Kini layanan itu meluas menuju tengah dan barat.

"Semoga ini bisa menjadi starting point penerbangan baik kedepannya baik itu untuk BIJB dan Transnusa. Sebelumnya layanan menuju Surabaya sudah dibuka Citilink yang kini beroperasi setiap hari dari Kertajati," kata Virda di Bandung, Jumat 19 Oktober 2018.

Transnusa, diawal penerbangan dari Bandara Kertajati akan mulai mengisi slot pada Minggu 4 November 2018. Layanan penerbangan domestik ini akan dibuka satu pekan dua kali yakni Minggu dan Senin secara pulang pergi.

Penerbangan dari KJT (Kertajati) menuju TKG (Bandar Lampung) yakni pukul 6.30 WIB dengan jarak tempuh satu jam. Sebaliknya, TKG - KJT pesawat akan take off pukul 7.50 WIB dan tiba di tujuan pukul 8.50 WIB.

Untuk layanan menuju Semarang, penerbangan dibuka pukul 9.10 WIB dan akan tiba di bandara tujuan pukul 09.55 WIB. Untuk selanjutnya penerbangan Semarang menuju Kertajati pesawat akan lepas landas pukul 17.25 dan tiba pukul 18.10 WIB.

"Jam penerbangan ini sudah disesuaikan berdasarkan kebutuhan masyarakat," tutur Virda.

Sebelum penerbangan Semarang dan Bandar Lampung, Bandara Kertajati sendiri sudah melayani penerbangan domestik setiap harinya dengan tujuan Surabaya serta sebaliknya sejak Juni 2018 lalu.

Rute terbaru adalah layanan penerbangan internasional yang ditandai dengan penerbangan secara direct Kertajati - Madinah oleh Maskapai Lion Air pada 13 Oktober lalu. Penerbangan untuk mengangkut jamaah umrah dengan pesawat tipe Boeing 737 max 8 dilakukan satu minggu sekali.

Virda menambahkan, pengajuan slot dari sejumlah maskapai sudah masuk ke pihaknya.  Seluruh pengajuan slot penerbangan itu terus dalam evaluasi karena berkaitan juga dengan bandara tujuan. Menurutnya rute yang kini terus dibidik yakni tujuan Denpasar, Yogyakarta, Medan, dan Ujungpandang. Sedangkan internasional tujuaan Singapura, Malaysia, Tiongkok dan Jepang.

 "Kami targetkan diawal pengeoperasian ini ada 14 penerbangan yang dilayani dari Bandara Kertajati," kata dia. (Ant)

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Ilustrasi jamaah masjid

Jumat, 05 Juni 2020 - 07:19 WIB

MUI Bolehkan Kembali Sholat Jum'at di Masjid

Tempat ibadah akan dibuka termasuk masjid untuk menjalankan sholat lima waktu terutama sekali sholat Jum'at yang wajib dikerjakan di masjid.

Ilustrasi perdagangan pialang saham berjangka

Jumat, 05 Juni 2020 - 07:06 WIB

Marak Corona, PT Indosterling Technomedia Tbk Melantai di BEI

Bursa Efek Indonesia (BEI) kedatangan emiten baru yakni PT Indosterling Technomedia Tbk yang resmi mencatatkan sahamnya melalui proses penawaran umum perdana saham atau Initial Public Offering…

Kantor Visa (foto Kontan.co.id)

Jumat, 05 Juni 2020 - 07:00 WIB

Visa Foundation, ANDE, USAID Bermitra dalam Program Advancing Women’s Empowerment Fund

Aspen Network of Development Entrepreneurs (ANDE) bersama dengan U.S. Agency for International Development (USAID) dan Visa Foundation mengumumkan bahwa delapan organisasi telah terpilih untuk…

Jemaah haji (Foto Dok Industry.co.id)

Jumat, 05 Juni 2020 - 06:00 WIB

Dampak Pembatalan Haji bagi Jamaah dan Perusahaan Penyelenggara Haji, Pemerintah Harus Antisipasi

Ketua MPR RI Bambang Soesatyo(Bamsoet) dapat memahami langkah pemerintah tidak memberangkatkan calon jamaah haji Indonesia, baik yang reguler maupun khusus, akibat pandemi Covid 19. Namun demikian,…

Puluhan keluarga almarhum Sofianus Sudirman (44) saat berada di Kantor Bupati Mabar, Kamis (4/6/2020) siang. Foto kupang.tribunnews.com

Jumat, 05 Juni 2020 - 05:37 WIB

Mengerikan! Negatif Covid-19, Puluhan Keluarga PDP yang Meninggal Tuntut Gali dan Pindahkan Jasad

Labuan Bajo-Almarhum Sofianus Sudirman (44) merupakan warga Kampung Rejing Desa Compang Kules Kecamatan Kuwus Barat ini meninggal dunia di RSUD Komodo Labuan Bajo pada Rabu (25/3/2020) dengan…