Bandara Kertajati Buka Dua Rute Penerbangan Baru

Oleh : Herry Barus | Sabtu, 20 Oktober 2018 - 12:00 WIB

Bandara Kertajati
Bandara Kertajati

INDUSTRY.co.id - Bandung- Dua rute baru akan menambah penerbangan dari dan menuju Bandara Internasional Jawa Barat (BIJB) Kertajati, Kabupaten Majalengka.

 "Rute baru yang dilayani maskapai penerbangan domestik Transnusa akan dimulai pada awal November 2018 dengan rute menuju Semarang dan Bandar Lampung serta sebaliknya," kata Direktur Utama PT BIJB Virda Dimas Ekaputra di Bandung, Jumat (19/10/2018)

Virda mengatakan, penambahan rute menuju dua daerah tujuan ini dilakukan karena demand dan potensi pasar menuju wilayah tengah dan barat Indonesia cukup besar. Sementara ini Semarang akan terwakilkan oleh maskapai Transnusa setelah Yogyakarta yang menjadi rute bidikan selanjutnya untuk dilayani dari Bandara Kertajati.

Bandar Lampung yang berada di bagian barat diharapkan bisa menjadi perintisan penerbangan lainnya menuju pulau Sumatera seperti Medan, Palembang, Jambi, Riau, Aceh atau bahkan Batam yang cukup dinanti-nanti oleh warga Jawa Barat. Sejak mendapat izin penerbangan komersial pada 2011, Transnusa lebih banyak melayani penerbangan di Indonesia bagian timur. Kini layanan itu meluas menuju tengah dan barat.

"Semoga ini bisa menjadi starting point penerbangan baik kedepannya baik itu untuk BIJB dan Transnusa. Sebelumnya layanan menuju Surabaya sudah dibuka Citilink yang kini beroperasi setiap hari dari Kertajati," kata Virda di Bandung, Jumat 19 Oktober 2018.

Transnusa, diawal penerbangan dari Bandara Kertajati akan mulai mengisi slot pada Minggu 4 November 2018. Layanan penerbangan domestik ini akan dibuka satu pekan dua kali yakni Minggu dan Senin secara pulang pergi.

Penerbangan dari KJT (Kertajati) menuju TKG (Bandar Lampung) yakni pukul 6.30 WIB dengan jarak tempuh satu jam. Sebaliknya, TKG - KJT pesawat akan take off pukul 7.50 WIB dan tiba di tujuan pukul 8.50 WIB.

Untuk layanan menuju Semarang, penerbangan dibuka pukul 9.10 WIB dan akan tiba di bandara tujuan pukul 09.55 WIB. Untuk selanjutnya penerbangan Semarang menuju Kertajati pesawat akan lepas landas pukul 17.25 dan tiba pukul 18.10 WIB.

"Jam penerbangan ini sudah disesuaikan berdasarkan kebutuhan masyarakat," tutur Virda.

Sebelum penerbangan Semarang dan Bandar Lampung, Bandara Kertajati sendiri sudah melayani penerbangan domestik setiap harinya dengan tujuan Surabaya serta sebaliknya sejak Juni 2018 lalu.

Rute terbaru adalah layanan penerbangan internasional yang ditandai dengan penerbangan secara direct Kertajati - Madinah oleh Maskapai Lion Air pada 13 Oktober lalu. Penerbangan untuk mengangkut jamaah umrah dengan pesawat tipe Boeing 737 max 8 dilakukan satu minggu sekali.

Virda menambahkan, pengajuan slot dari sejumlah maskapai sudah masuk ke pihaknya.  Seluruh pengajuan slot penerbangan itu terus dalam evaluasi karena berkaitan juga dengan bandara tujuan. Menurutnya rute yang kini terus dibidik yakni tujuan Denpasar, Yogyakarta, Medan, dan Ujungpandang. Sedangkan internasional tujuaan Singapura, Malaysia, Tiongkok dan Jepang.

 "Kami targetkan diawal pengeoperasian ini ada 14 penerbangan yang dilayani dari Bandara Kertajati," kata dia. (Ant)

Komentar Berita

Industri Hari Ini

PT Chubb General Insurance Indonesia secara resmi meluncurkan aplikasi layanan klaim inovatif telepon seluler di Indonesia bernama Chubb Mobile Assistance pada Senin (4/12)

Selasa, 21 Mei 2019 - 17:29 WIB

Chubb Gandeng Airy Hadirkan Asuransi Perjalanan

PT Chubb General Insurance Indonesia (Chubb) hari ini mengumumkan kerja sama penyediaan asuransi perjalanan dengan Airy, salah satu perusahaan Accommodation Network Aggregator (ANO) terkemuka…

Ilustrasi Industri Manufaktur (Foto: Ridwan/Industry.co.id)

Selasa, 21 Mei 2019 - 16:45 WIB

Triwulan I/2019, Sejumlah Sektor Industri Manufaktur Catatkan Kinerja Positif

Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto mengatakan, sejumlah sektor industri manufaktur mampu mencatatkan kinerja positif di atas pertumbuhan ekonomi nasional pada triwulan I tahun 2019.

Direktur Penyidikan dan Penyelesaian Sengketa, Direktorat Jenderal HKI Kemenhum-HAM, Brigjen Pol Reinhard Silitonga

Selasa, 21 Mei 2019 - 15:31 WIB

Direktorat Jenderal HKI Tutup Ratusan Portal E-Dagang Bermasalah

Jakarta - Direktorat Jenderal Hak Kekayaan Intelektual (HKI) Kementrian Hukum - HAM melalui Direktorat Penyidikan dan Penyelesaian Sengketa telah menutup ratusan portal e-Dagang bermasalah yang…

Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto saat pembukaan Bazar Lebaran di Plasa Industri Kemenperin

Selasa, 21 Mei 2019 - 15:05 WIB

Penuhi Kebutuhan Pegawai dan Masyarakat, Kemenperin Gelar Bazar Lebaran

Kementerian Perindustrian senantiasa mendorong sektor industri manufaktur agar siap memenuhi kebutuhan konsumen terutama di pasar domestik selama bulan Ramadan dan Lebaran.

Hoshinoya Guguan

Selasa, 21 Mei 2019 - 14:45 WIB

Resort Pemadian Air Panas Mewah di Taiwan, Hoshinoya Guguan Akan Resmi Dibuka pada 30 Juni 2019

Perusahaan Manajemen Hotel Terkemuka, Hoshino Resorts akan segera membuka HOSHINOYA di Guguan wilayah pemandian air panas yang terletak di pinggiran kota Taichung, Taiwan, pada 30 Juni 2019…