Revolusi Industri 4.0 Perlu Respon Cepat

Oleh : Herry Barus | Kamis, 18 Oktober 2018 - 18:30 WIB

 Sri Sultan HB X Gubernur Daerah Istimewa Yogyakarta (Foto Ist)
Sri Sultan HB X Gubernur Daerah Istimewa Yogyakarta (Foto Ist)

INDUSTRY.co.id - Yogyakarta- Gubernur Daerah Istimewa Yogyakarta Sri Sultan Hamengku Buwono X mengatakan era Revolusi Industri 4.0 memerlukan respon yang cepat dan tepat oleh para pemangku kepentingan disertai dengan keberanian melakukan perubahan.

"Dengan respon yang cepat dan tepat, kita mampu meningkatkan daya saing bangsa Indonesia di tengah persaingan global," kata Sultan saat pembukaan Musyawarah Rencana Pembangunan (Musrenbang) Regional Jawa-Bali Tahun 2018 di Yogyakarta, Rabu (17/10/20180

Menurut Sultan, Revolusi Industri 4.0 memiliki ciri yang menitikberatkan pada kreativitas, kepemimpinan dan entrepreneurship. Dengan demikian, para pemangku kepentingan dituntut untuk memiliki kemampuan merespon berbagai perubahan.

Perubahan pola pikir dari para pengambil keputusann, menurut dia, juga sangat diperlukan untuk menghadapi perubahan zaman yang dinamis dan terus berkembang.

"Perubahan sendiri adalah bagian dari manajemen. Dan setiap pemimpin diukur keberhasilannya dari kemampuannya untuk memprediksi perubahan dan menjadikan perubahan tersebut sebagai suatu potensi," kata Raja Keraton Ngayogyakarta ini.

Dalam Musrenbang Regional Tahun 2018 dengan tema "Strategi Menghadapi Era Revolusi Industri 4.0 Melalui Penyiapan Sumber Daya Manusia", Deputi Bidang Pengembangan Regional Bappenas Rudy Soeprihadi Prawiradinata seperti dilansir Antara mengatakan pembangunan Indonesia saat ini berfokus mewujudkan Indonesia aman, damai dan sejahtera.

Rudy mengatakan tantangan revolusi industri 4.0 bisa lebih mudah dihadapi dengan keberadaan sumber daya manusai yang berkualitas.

"Untuk saat ini ada tiga kata kunci yang ingin dicapai, yakni keinginan perekonomian yang kokoh, kestabilan keuangan di wilayah, dan sumber daya manusia berkualitas," kata dia

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Peternak ayam

Kamis, 06 Agustus 2020 - 07:16 WIB

Kabar Gembira! Kementan Pastikan Perunggasan Nasional Stabil

Kementerian Pertanian RI (Kementan) melalui Direktorat Jenderal Peternakan dan Kesehatan Hewan (Ditjen PKH) menyatakan perunggasan nasional masih dalam batas stabil. Hal ini hasil dari upaya…

The Scott dari Triniti Land Jadi Pilihan Hunian Terdepan Bagi para Kreator

Kamis, 06 Agustus 2020 - 07:00 WIB

Pasar Berfluktuasi, Triniti Land Buyback Saham TRIN

PT Perintis Triniti Properti Tbk (IDX: TRIN) akan melakukan pembelian kembali (buyback) saham. Hal ini dilakukan oleh Triniti Land seturut dengan surat edaran Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Nomor:3/SEOJK.04/2020…

Panen padi (Ist)

Kamis, 06 Agustus 2020 - 06:33 WIB

Subsektor Tanaman Pangan tak Tergilas Merosotnya Ekonomi Nasional

Pertumbuhan PDB sektor pertanian bisa mencapai 2,19 persen yoy pada kuartal II/2020, karena ditopang subsektor tanaman pangan yang tumbuh paling tinggi yakni sebesar 9,23 persen.

Ledakan di Beirut Lebanon

Kamis, 06 Agustus 2020 - 06:20 WIB

Bamsoet Desak Kemenlu Pastikan Keselamatan WNI di Beirut Lebanon

Ketua MPR RI Bambang Soesatyo (Bamsoet) menyampaikan bela sungkawa mendalam atas ledakan bom yang terjadi di ibukota Lebanon, Beirut, Selasa (4/8/20). Ledakan dasyat tersebut mengakibatkan lebih…

Peringatan HPN 2022 akan Diselenggarakan di Provinsi Sulawesi Tenggara

Kamis, 06 Agustus 2020 - 06:00 WIB

Peringatan HPN 2022 akan Diselenggarakan di Provinsi Sulawesi Tenggara

Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra) tetap akan menjadi tuan rumah rangkaian peringatan Hari Pers Nasional (HPN). Hanya saja, waktunya bergeser dari sebelumnya tahun 2021 menjadi 2022.