Revolusi Industri 4.0 Perlu Respon Cepat

Oleh : Herry Barus | Kamis, 18 Oktober 2018 - 18:30 WIB

 Sri Sultan HB X Gubernur Daerah Istimewa Yogyakarta (Foto Ist)
Sri Sultan HB X Gubernur Daerah Istimewa Yogyakarta (Foto Ist)

INDUSTRY.co.id - Yogyakarta- Gubernur Daerah Istimewa Yogyakarta Sri Sultan Hamengku Buwono X mengatakan era Revolusi Industri 4.0 memerlukan respon yang cepat dan tepat oleh para pemangku kepentingan disertai dengan keberanian melakukan perubahan.

"Dengan respon yang cepat dan tepat, kita mampu meningkatkan daya saing bangsa Indonesia di tengah persaingan global," kata Sultan saat pembukaan Musyawarah Rencana Pembangunan (Musrenbang) Regional Jawa-Bali Tahun 2018 di Yogyakarta, Rabu (17/10/20180

Menurut Sultan, Revolusi Industri 4.0 memiliki ciri yang menitikberatkan pada kreativitas, kepemimpinan dan entrepreneurship. Dengan demikian, para pemangku kepentingan dituntut untuk memiliki kemampuan merespon berbagai perubahan.

Perubahan pola pikir dari para pengambil keputusann, menurut dia, juga sangat diperlukan untuk menghadapi perubahan zaman yang dinamis dan terus berkembang.

"Perubahan sendiri adalah bagian dari manajemen. Dan setiap pemimpin diukur keberhasilannya dari kemampuannya untuk memprediksi perubahan dan menjadikan perubahan tersebut sebagai suatu potensi," kata Raja Keraton Ngayogyakarta ini.

Dalam Musrenbang Regional Tahun 2018 dengan tema "Strategi Menghadapi Era Revolusi Industri 4.0 Melalui Penyiapan Sumber Daya Manusia", Deputi Bidang Pengembangan Regional Bappenas Rudy Soeprihadi Prawiradinata seperti dilansir Antara mengatakan pembangunan Indonesia saat ini berfokus mewujudkan Indonesia aman, damai dan sejahtera.

Rudy mengatakan tantangan revolusi industri 4.0 bisa lebih mudah dihadapi dengan keberadaan sumber daya manusai yang berkualitas.

"Untuk saat ini ada tiga kata kunci yang ingin dicapai, yakni keinginan perekonomian yang kokoh, kestabilan keuangan di wilayah, dan sumber daya manusia berkualitas," kata dia

Komentar Berita

Industri Hari Ini

IM3 Ooredoo Hadirkan Unlimited Experience di We The Fest 2019

Selasa, 16 Juli 2019 - 15:00 WIB

IM3 Ooredoo Hadirkan Unlimited Experience di We The Fest 2019

IM3 Ooredoo menghadirkan Unlimited Experience di acara We The Fest, gelaran musik terbesar di Jakarta yang berlangsung di JIExpo Kemayoran mulai dari 19-21 Juli 2019. Sebagai Official Telco…

AYDA 2019 kembali digelar (Hariyanto/INDUSTRY.co.id)

Selasa, 16 Juli 2019 - 14:37 WIB

Berkolaborasi Lebih Luas, AYDA 2019 Dukung Arsitek dan Desainer Interior Muda Indonesia

Bekerjasama dengan Kementerian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Kemenn'siekdlkti) Republik Indonesia, Kompetisi Arsitektur dan Desain Interior Antar-Negara, ASIA YOUNG DESIGNER AWARDS…

Ellyas Pical dan pemeran dirinya dalam film the Exocet, Jeffri Nichols

Selasa, 16 Juli 2019 - 14:19 WIB

Kisah Hidup Legenda Tinju, Ellyas Pical, Bakal Diangkat ke Layar Lebar The Exocet

-Ellyas pun bangga bukan main. Apalagi sejumlah artis ternama seperti Jeffri Nichols, Vino Bastian, Chico Jericho, Laura Basuki, Olga Lidya, lukman Sardi, dan Jeremy Thomas ikut berperan.

Ketua Umum Kadin Rosan P Roeslani (INDUSTRY.co.id)

Selasa, 16 Juli 2019 - 14:15 WIB

Situasi Politik Mulai Tenang, Pengusaha Senang

Pelaku usaha menyambut positif tensi dan situasi politik yang mulai melandai. Bukan hanya investor luar negeri, melainkan juga pelaku usaha dalam negeri.

PT Gudang Garam Tbk (GGRM) (Foto Istimewa)

Selasa, 16 Juli 2019 - 14:00 WIB

Kenaikan Harga Rokok Relatif Terbatas, Menanti Kebijakan Cukai Terkini

Saat ini pasar tengah berspekulasi bila pemerintah akan menaikkan tariff cukai rokok yang lebih besar dari biasanya untuk 2020, setelah pemerintah tidak menaikkan cukai rokok untuk tahun ini.…