Sektor Sawit Bergerak, Tiga Pabrik Dibangun di Bangka Tengah

Oleh : Herry Barus | Kamis, 18 Oktober 2018 - 18:15 WIB

Kebun Kelapa Sawit (Ist)
Kebun Kelapa Sawit (Ist)

INDUSTRY.co.id - Koba- Investor dari tiga perusahaan besar di Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, menyatakan kesiapan untuk membangun pabrik kelapa sawit di Kabupaten Bangka Tengah dengan nilai investasi mencapai ratusan miliar.

Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Bangka Tengah, Rusli Khaidir di Koba, tiga perusahaan yang menyatakan kesiapan untuk membangun pabrik sawit adalah PT Putra Bangka Tani, PT Bangka Agro Mandiri dan PT Mutiara Hijau Lestari.

"Tiga perusahaan tersebut selama ini memang bergerak di sektor perkebunan kelapa sawit dan mereka akan membangun pabrik pengolahan TBS di tiga titik lokasi," kata Rusli Khaidir, Rabu (17/10/2018)

Ia menjelaskan PT Putra Bangka Tani berencana mendirikan pabrik di Desa Belilik, PT Bangka Agro Mandiri mendirikan pabrik di Desa Sarang Mandi dan PT Mutiara Hijau Lestari di Kelurahan Arung dalam Koba.

"Sekarang masing-masing perusahaan tersebut sedang mengurus perizinan yang sudah dimulai sejak pertengahan 2018, kemungkinan pada 2019 mereka sudah mulai membangun jika perizinannya sudah dilengkapi," katanya.

Ia mengatakan investasi pada sektor perkebunan tersebut akan mendatangkan dampak yang cukup besar terhadap derap langkah pembangunan perekonomian masyarakat dan daerah.

"Kita bisa estimasikan tiga pabrik kelapa sawit itu menampung berapa banyak tenaga kerja, tentu mencapai ribuan orang maka ini jelas membantu pemerintah mengurangi pengangguran," katanya seperti dilansir Antara.

Menurut dia, pembangunan pabrik kelapa sawit memang sudah mendesak mengingat selama ini hany ada satu perusahaan sawit berdiri di Bangka Tengah.

"Itupun dengan daya tampung yang terbatas, jika produksi sawit tinggi sementara daya tampung terbatas maka terjadi pembatasan pembelian yang imbasnya nanti jelas kepad petani. Dengan adanya pembangunan pabrik baru tentu ini bagian dari solusi," katanya.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

BGR Logistics Lakukan Ground Breaking Revitalisasi Gudang Payapasir Medan dan Gudang Srengsem Lampung

Senin, 09 Desember 2019 - 15:46 WIB

BGR Logistics Lakukan Ground Breaking Revitalisasi Gudang Payapasir Medan dan Gudang Srengsem Lampung

PT Bhanda Ghara Reksa (Persero), atau BGR Logistics yang merupakan Badan Usaha Milik Negara penyedia jasa logistik di Indonesia selenggarakan prosesi peletakan batu pertama untuk revitalisasi…

Gedung Kementerian Pertanian

Senin, 09 Desember 2019 - 15:34 WIB

Soal Gugatan Kementan kepada Tempo, Pengamat: Ini Tak Ada Kaitannya dengan Mantan Mentan Amran

Jakarta - Sidang gugatan perdata yang diajukan Kementerian Pertanian (Kementan) terhadap majalah Tempo ditunda. Hal itu karena berkas administrasi para pihak belum lengkap.

vivo Y19

Senin, 09 Desember 2019 - 12:50 WIB

Andalkan Baterai Besar, vivo Y19 Telah Tersedia di Pasar Indonesia

Mengusung rangkaian fitur unggulan seperti kapasitas memori 6GB RAM dan 128GB ROM, baterai super besar 5000 mAh dengan fitur Dual-Engine Fast Charging (18W), layar luas 6.53” FHD+ Ultra All…

Midea Perkenalkan MFD180

Senin, 09 Desember 2019 - 12:24 WIB

Fokus Garap Segmen Laundry Commercial, Midea Perkenalkan MFD180

Seiring dengan semakin pesatnya pertumbuhan bisnis dibidang jasa laundry dan binatu, Midea mulai memusatkan lini produknya dengan memperkenalkan produk mesin cuci front load berkapasitas besar…

Peternak Ayam (Foto Dok Industry.co.id)

Senin, 09 Desember 2019 - 12:06 WIB

Pelaku Usaha Diajak Lipat Gandakan Ekspor Pangan

Surabaya -- Menteri Pertanian, Syahrul Yasin Limpo mengapresiasi kinerja eksportasi PT Japfa Comfeed Indonesia TBK (JFPA) yang telah mampu mencatat nilai lebih dari Rp. 500 milyar di penghujung…