Sektor Sawit Bergerak, Tiga Pabrik Dibangun di Bangka Tengah

Oleh : Herry Barus | Kamis, 18 Oktober 2018 - 18:15 WIB

Kebun Kelapa Sawit (Ist)
Kebun Kelapa Sawit (Ist)

INDUSTRY.co.id - Koba- Investor dari tiga perusahaan besar di Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, menyatakan kesiapan untuk membangun pabrik kelapa sawit di Kabupaten Bangka Tengah dengan nilai investasi mencapai ratusan miliar.

Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Bangka Tengah, Rusli Khaidir di Koba, tiga perusahaan yang menyatakan kesiapan untuk membangun pabrik sawit adalah PT Putra Bangka Tani, PT Bangka Agro Mandiri dan PT Mutiara Hijau Lestari.

"Tiga perusahaan tersebut selama ini memang bergerak di sektor perkebunan kelapa sawit dan mereka akan membangun pabrik pengolahan TBS di tiga titik lokasi," kata Rusli Khaidir, Rabu (17/10/2018)

Ia menjelaskan PT Putra Bangka Tani berencana mendirikan pabrik di Desa Belilik, PT Bangka Agro Mandiri mendirikan pabrik di Desa Sarang Mandi dan PT Mutiara Hijau Lestari di Kelurahan Arung dalam Koba.

"Sekarang masing-masing perusahaan tersebut sedang mengurus perizinan yang sudah dimulai sejak pertengahan 2018, kemungkinan pada 2019 mereka sudah mulai membangun jika perizinannya sudah dilengkapi," katanya.

Ia mengatakan investasi pada sektor perkebunan tersebut akan mendatangkan dampak yang cukup besar terhadap derap langkah pembangunan perekonomian masyarakat dan daerah.

"Kita bisa estimasikan tiga pabrik kelapa sawit itu menampung berapa banyak tenaga kerja, tentu mencapai ribuan orang maka ini jelas membantu pemerintah mengurangi pengangguran," katanya seperti dilansir Antara.

Menurut dia, pembangunan pabrik kelapa sawit memang sudah mendesak mengingat selama ini hany ada satu perusahaan sawit berdiri di Bangka Tengah.

"Itupun dengan daya tampung yang terbatas, jika produksi sawit tinggi sementara daya tampung terbatas maka terjadi pembatasan pembelian yang imbasnya nanti jelas kepad petani. Dengan adanya pembangunan pabrik baru tentu ini bagian dari solusi," katanya.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Noah

Jumat, 23 Agustus 2019 - 20:20 WIB

Dua Tahun Digarap, Noah Rilis Album 'Keterkaitan Keterikatan’

Ariel, Lukman, Uki, dan David melakukan serangkaian kegiatan yang diberi nama 7 Days in Paradise.

Fashion show di ajang Jakarta Youth Meet Up.(Ist)

Jumat, 23 Agustus 2019 - 20:08 WIB

Jakarta Youth Meet Up Wujudkan Inspirasi dan Selebrasi Anak Muda

Entusiasme anak muda terlihat dari banyaknya pengunjung yang terus berdatangan.

Mahasiswa Indonesia Berbagi Konsep Pengolahan Limbah Tekstil di Ajang SCG ASEAN Camp di Bangkok, Jumat (23/8).(Ist)

Jumat, 23 Agustus 2019 - 19:57 WIB

Mahasiswa Indonesia Berbagi Konsep Pengolahan Limbah Tekstil di Ajang SCG ASEAN Camp

Kontribusi SCG di bidang Pendidikan, untuk meningkatkan kualitas hidup masyarakat di negara tempatnya beroperasi.

KoinWorks berhasil memenangkan The Asian Banker Financial Innovation Showcase and Competition Indonesia 2019 untuk kategori Lending yang diumumkan Kamis, 22 Agustus 2019 di JW Marriott Hotel, Jakarta.(Ist)

Jumat, 23 Agustus 2019 - 19:44 WIB

KoinWorks Menangkan The Asian Banker Financial Innovation Showcase

Berhasil mengalahkan lima pesaing utama lainnya yang sebagian besar berasal dari industri fintech dan perbankan.

Riko Gunawan, Head of Commercial Products and Solution Acer Indonesia pada konferensi pers solusi Smart Water, Smart Power, Smart Lighting, dan Smart Agriculture sebagai solusi berteknologi Internet of Things (IoT) di Jakarta, Jumat (23/8).(Ist)

Jumat, 23 Agustus 2019 - 19:02 WIB

Tingkatkan Produktivitas dan Efisiensi Biaya, Acer Perkenalkan Solusi IoT

Membantu perusahaan dan pelaku bisnis meningkatkan produktivitas dan efisiensi biaya melalui konektivitas antar perangkat.