Pemerintah Pacu Ekspor Industri Strategis ke Beberapa Kawasan Ini

Oleh : Ridwan | Senin, 15 Oktober 2018 - 12:10 WIB

Ilustrasi Ekspor (Ist)
Ilustrasi Ekspor (Ist)

INDUSTRY.co.id - Bali, Pemerintah mendorong Badan Usaha Milik Negara (BUMN) dan swasta memperluas pasar ekspor industri strategis ke negara-negara di kawasan Afrika, Asia Selatan, dan Amerika Selatan.

Kerja sama ekspor ini akan difasilitasi oleh Lembaga Pembiayaan Ekspor Indonesia (LPEI).

Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati mengatakan, ia telah berbicara dengan menteri keuangan Afrika, Asia Tengah, dan Timor Leste untuk memperkuat hubungan perdagangan dan investasi dengan Indonesia.

Menkeu meminta LPEI memfasilitasi ekspor tersebut karena LPEI dibentuk untuk memperkuat pembiayaan ekspor dengan skema konvensional maupun syariah. Industri strategis yang dimaksud menkeu adalah sektor konstruksi, farmasi, pesawat udara, kereta api, dan pertambangan.

"Saat ini kami ingin memperkuat dan menjalin kerja sama yang telah kami bangun, terutama dalam perdagangan dan investasi dengan partner dari Afrika, Bangladesh, Srilanka, dan lainnya," kata Sri Mulyani dalam Business Luncheon on Indonesia Financing Scheme, di Bali, kemarin. 

Kegiatan yang diselenggarakan Kementerian Keuangan bersama Kemenko Maritim dan Kementerian Luar Negeri itu merupakan rangkaian dari Pertemuan Tahunan Dana Moneter Internasional (IMF)-Bank Dunia 2018.

Investasi dan ekspor merupakan dua kunci yang menjadi perhatian pemerintah untuk memperkuat pertumbuhan ekonomi Indonesia. Pemerintah juga telah mengeluarkan sejumlah kebijakan fiskal untuk mendukung ekspor.

LPEI dapat melaksanakan penugasan khusus yang disebut dengan National Interest Account (NIA) untuk mendukung ekspor nasional dengan pembiayaan dari pemerintah.

"Dengan adanya instrumen keuangan, kita bisa memperkuat kerja sama dengan menawarkan pinjaman dan perdagangan yang kompetitif dan membangun relasi dengan para investor. Kami ingin membangun interaksi dengan negara lain dan lebih kompetitif," ujarnya.

Tahun ini LPEI menargetkan penyaluran pembiayaannya tumbuh 11% menjadi sekitar Rp 112 triliun.

Negara-negara mitra dagang yang juga berpeluang menjadi perluasan pasar ekspor, antara lain Angola, Bangladesh, Kamerun, Pantai Gading, Djibouti, Ethiopia, Gabon, Mali, Mozambik, dan Namibia. Selain itu, Niger, Nigeria, Senegal, Sri Lanka, Tanzania, Timor Leste, Zambia, Zimbabwe, dan Somalia.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Komandan Korps Marinir Mayjen TNI (Mar) Endi Supardi Didampingi Ketua Jalasenastri Kormar Tanam Mangga

Minggu, 28 April 2024 - 05:18 WIB

Komandan Korps Marinir Mayjen TNI (Mar) Endi Supardi Didampingi Ketua Jalasenastri Kormar Tanam Mangga

Dalam rangka penghijauan, Komandan Korps Marinir Mayjen TNI (Mar) Endi Supardi, S.E., M.M., M.Tr.Opsla., CHRMP., CRMP., didampingi Ketua PG Jalasenastri Korps Marinir Ny. Nana Endi Supardi melaksanakan…

Komandan Korps Marinir Mayor Jenderal TNI (Mar) Endi Supardi,

Minggu, 28 April 2024 - 05:11 WIB

Komandan Korps Marinir Mayor Jenderal TNI (Mar) Endi Supardi Remikan Bangunan di Sorong

Komandan Korps Marinir Mayor Jenderal TNI (Mar) Endi Supardi, S.E., M.M., M.Tr.Opsla., CHRMP., CRMP., meresmikan pembangunan fasilitas dan sarana prasarana (Sarpras) Korps Marinir TNI AL wilayah…

Komandan Korps Marinir Mayor Jenderal TNI (Mar) Endi Supardi

Minggu, 28 April 2024 - 05:01 WIB

Komandan Korps Marinir Mayor Jenderal TNI (Mar) Endi Supardi Bangga kepada Kotps Marinir Berkat Prestasi Gemilang

Komandan Korps Marinir Mayor Jenderal TNI (Mar) Endi Supardi, S.E., M.M., M.Tr.Opsla., CHRMP., CRMP., saat memimpin apel khusus Prajurit Petarung Marinir Ufuk Timur di Kesatrian Agoes Soebekti,…

Perpusnas Press luncurkan 15 judul buku di Hari Buku Sedunia 2024.

Sabtu, 27 April 2024 - 21:05 WIB

Perpusnas Press Luncurkan 15 Judul Buku di Hari Buku Sedunia

Penerbit Perpusnas Press meluncurkan 15 judul di acara World Book Rumah Dunia sebagai dukungan terhadap kemajuan dunia perbukuan dan literasi.

Aksi donor darah di BRI Insurance

Sabtu, 27 April 2024 - 19:11 WIB

BRI Insurance Lakukan Aksi Donor Darah Sebagai Bentuk Kemanusiaan dan Kepedulian Sosial

Sebagai wujud kepedulian terhadap sosial lingkungan di momen HUT 35, BRI Insurance menggelar acara donor darah untuk Pekerja sebagai bentuk kegiatan kemanusiaan yang berlangsung di kantor pusat…