Bursa Asia Diperkirakan Melaju Berbalik Menguat

Oleh : Wiyanto | Senin, 15 Oktober 2018 - 08:00 WIB

Pengunjung mengamati papan elektronik yang memperlihatkan pergerakan IHSG di gedung BEI (Foto Rizki Meirino)
Pengunjung mengamati papan elektronik yang memperlihatkan pergerakan IHSG di gedung BEI (Foto Rizki Meirino)

INDUSTRY.co.id - Jakarta - Pergerakan bursa saham AS jelang akhir pekan yang mampu melanjutkan posisinya di teritori positif memberikan sentimen positif pada laju bursa saham Asia sehingga mampu berbalik menguat.

Analis Pasar Modal Reza Priyambada mengatakan, kembalinya aksi beli memberikan harapan akan penguatan pada laju bursa saham Asia.

"Adanya komentar Presiden Trump yang kontra dengan kebijakan The Fed yang berencana menaikan tingkat suku bunga nya direspon positif seiring adanya asumsi penundaan kenaikan suku bunga The Fed," ujar dia di Jakarta, Senin (15/10/2018).

Menurutnya, laju bursa saham Eropa cenderung bergerak mendatar di akhir pekan seiring meredanya aksi jual. Indeks pan-European Stoxx600 turun 0,14 persen dengan pelemahan sejumlah saham, kecuali saham-saham di sektor sumberdaya dan otomotif. Di sisi lain, terkait dengan permasalahan anggaran Italia, Presiden ECB, Mario Draghi, mengirim peringatan ke Roma menjelang pengajuan anggaran formal: Jangan berharap ECB untuk menyelamatkan jika pembahasan anggaran gagal. Pelaku pasar masih berhara-harap cemas terkait penyelesaian masalah anggaran Italia hingga peningkatan imbal hasil obligasi AS seiring dengan masih adanya kekhawatiran kenaikan suku bunga The Fed.

Sementara, kata dia,  pergerakan sejumlah indeks saham AS masih mampu melanjutkan kenaikannya meski diiringi sejumlah sentimen negatif tertentu.

" Masih adanya kekhawatiran akan kenaikan suku bunga The Fed yang diikuti dengan kenaikan imbal hasil obligasi AS membuat pelaku pasar cenderung berhati-hati dalam bertransaksi," katanya.

 

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Pendampingan Teknologi Bagi IKM Alas Kaki

Kamis, 02 Mei 2024 - 10:18 WIB

Kemenperin Pacu Pengembangan IKM Alas Kaki Lewat Pendampingan Teknologi

Industri alas kaki nasional, khususnya skala kecil dan menengah, semakin tumbuh dan berkembang. Ini terlihat dari bermunculannya berbagai jenama (brand) lokal yang memiliki kualitas dan desain…

Ilustrasi pembiayaan BNI ke PLTB Sidrap

Kamis, 02 Mei 2024 - 10:18 WIB

BNI Danai Akuisisi PLTB Sidrap oleh Barito Group

PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk atau BNI menunjukkan komitmennya dalam mendukung transisi energi hijau dengan mendanai akuisisi Pembangkit Listrik Tenaga Bayu (PLTB) Sidrap berkapasitas…

Dok MSIG Life Insurance

Kamis, 02 Mei 2024 - 09:56 WIB

Masuki Usia ke-39, MSIG Life Perkuat Komitmen Sebagai Mitra Kepercayaan Nasabah Lewat Budaya Kerja Baru

PT MSIG Life Insurance Indonesia Tbk (MSIG Life) atau yang sebelumnya dikenal dengan Sinarmas MSIG Life, saat ini menapaki usia ke-39 dan merayakan tahun pertamanya sebagai MSIG Life.

Bertemu KSAD, Ketua MPR RI Dorong Peningkatan Alutsista dan Kesejahteraan Prajurit

Kamis, 02 Mei 2024 - 09:43 WIB

Bertemu KSAD, Ketua MPR RI Dorong Peningkatan Alutsista dan Kesejahteraan Prajurit

Ketua MPR RI sekaligus Wakil Ketua Umum Partai Golkar Bambang Soesatyo mendorong Tentara Nasional Indonesia (TNI) untuk senantiasa meremajakan dan memodernisasi alat utama sistem senjata (Alutsista)…

Pakar komunikasi digital dan pengamat media sosial, Anthony Leong

Kamis, 02 Mei 2024 - 09:14 WIB

PEDAS: Tidak Ada Parpol Pengusung Tunggal Cagub Jakarta

Direktur PoliEco Digital Insights Institute (PEDAS), Anthony Leong mengatakan bahwa tidak ada partai politik yang mengusung sendiri Calon Gubernur (Cagub) Jakarta 2024. Anthony yang juga Wakil…