Sukses Dengan Rhino X-Triathlon, Tanjung Lesung Kembali Jadi Lokasi Gelaran Sport Tourism

Oleh : Hariyanto | Minggu, 14 Oktober 2018 - 09:33 WIB

Gelaran Trail Adventure di Tanjung Lesung
Gelaran Trail Adventure di Tanjung Lesung

INDUSTRY.co.id - Banten - Setelah sukses dengan gelaran Rhino X-Triathlon pada akhir September lalu, Tanjung Lesung kembali menjadi lokasi gelaran sport tourism. Kali ini, giliran ribuan motor menikmati alam Tanjung Lesung dalam acara Trail Adventure, Sabtu (13/10/2018).

Trail Adventure 2018 ini diikuti oleh 2.000 peserta yang sebagian besar berasal dari anggota TNI dan selebihnya kota-kota sekitar Pandeglang. Wisata Trail Adventure ini berjarak 92 Km yang melewati 4 desa dari 2 kecamatan di Tanjung Lesung.

Dikutip dari presidenpost.id, Acara tahunan tersebut diselenggarakan dalam rangka HUT TNI ke 73 dan juga memperingati hari jadi perusahaan listrik BUMN, Indonesia Power.

Hadir dalam acara tersebut Pangdam III Siliwangi Mayjen TNI Besar Harto Karyaman, Dandim Pandeglang Kol. Info. Fitriana Nur Heru, Kadispar Propinsi Banten Eneng Nurcahyati, Bupati Pandeglang Irna Narulita, Presiden Direktur PT Banten West Java Purnomo Siswoprasetijo.

“Animo peserta di acara ini sangat tinggi. Hal ini menunjukkan para off-roaders sejati ini merupakan bagian yang tidak terpisahkan dari ikatan dengan TNI khususnya di wilayah korem 04.” kata Pangdam III Siliwangi Mayjen TNI Besar Harto Karyaman dalam sambutanya.

“Saya sangat menyambut baik kegiatan ini dan saya ingin kegiatan ini dijadikan agenda rutin tahunan, khususnya di wilayah Banten,” tambahnya.

Dia berharap, jika gelaran ini natinya sudah menjadi rutin, acara ini bisa digelar lebih besar di tahun-tahun selanjutnya dan harus bersinergi dengan pemerintah daerah.

Ditempat yang sama, Bupati Pandeglang Irna Narulita mengaku sangat bangga dengan acara ini, dimana merupakan yang kedua kalinya di Kabupaten Pandenglang.

“Saya dan Pak Purnomo tidak bisa membangun ini semua sendirian. Pak Purnomo yang membangun di dalam kawasan, saya yang meng-explore pariwisata di luar kawasan.” ungkapnya.

Menurutnya, terdapat 250 obyek potensi wisata di Pandeglang. Beliau juga berterimakasih kepada pihak TNI yang sudah menunjuk Pandeglang sebagai lokasi acara peringatan HUT TNI.

Usai melepas peserta, Presiden Direktur PT Banten West Java Purnomo Siswoprasetijo berharap, dengan adanya kegiatan kegiatan ini, Tanjung Lesung sebagai 10 Destinasi Pariwisata Baru mampu memberikan kontribusinya dalam peningkatan kunjungan wisatawan.

“Kegiatan ini berskala nasional tapi kami masih targetkan kepada para peserta yang berasal dari kota-kota sekitar Tanjung Lesung untuk bersama-sama meningkatkan sport tourism ini,” ungkapnya menanggapi asal peserta Wisata Trail Adventure ini.

Purnomo memprediksi kunjungan wisatawan mancanegara dan domestik ke Tanjung Lesung di tahun ini dapat mencapai 600 ribu hingga 800 ribu karena berkembangnya homestay di sekitar luar kawasan dan Kampung Wisata Cikadu yang sudah siap menerima wisatawan.

“Infrastruktur sudah berkembang dengan baik sehingga wisatawan juga terlayani dengan baik. Jalurnya juga aman, nyaman, dan SDM-nya kita kembangkan dari sisi pendidikannya, kerajinannya, keramahannya, dan kulinernya sehingga masyarakat Tanjung Lesung bisa merasakan kemajuannya bersamaan kita,” tambahnya.

Jalur trail yang dilalui peserta cukup menantang dan terjal, membuat banyak yang terjatuh ketika melewatinya. Masyarakat pun banyak yang turut serta menyaksikan dan menyemangati melihat pagelaran tahunan tersebut.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

BNI Syariah. (Foto: IST)

Minggu, 25 Agustus 2019 - 19:54 WIB

BNI Syariah Lakukan Program Pelatihan Masjid di Cirebon

Cirebon - BNI Syariah terus mengoptimalisasi peran masjid dalam hal manajemen dan keuangan. Kali ini BNI Syariah bersama Yayasan Daarut Tauhiid Peduli kembali bersinergi mengadakan pelatihan…

(IG/ussypratama)

Minggu, 25 Agustus 2019 - 14:55 WIB

Kiat Sukses Ussy Sulistiawaty Jalankan Bisnis Kuliner

Kuliner nusantara juga perlu memanfaatkan teknologi digital untuk pemasaran.

Konferensi pers pengumuman lima pemenang kompetisi Bango Penerus Warisan Kuliner 2019 di Jakarta baru-baru ini.(Andi Mardana)

Minggu, 25 Agustus 2019 - 14:27 WIB

Inilah 5 Pemenang Bango Penerus Warisan Kuliner 2019

Siap bergabung bersama jutaan pelaku UMKM di Indonesia yang berhasil meraih peningkatan omzet secara signifikan dengan mengadopsi teknologi digital.

Ilustrasi Jaringan Internet (KTSDESIGN/Getty Images)

Minggu, 25 Agustus 2019 - 12:50 WIB

Peningkatan Kapasitas Jaringan Seluler Sangat Diperlukan

Hal ini dapat dicapai melalui tiga cara, yaitu penambahan Base Transceiver Station (BTS), penambahan frekuensi dan perbaruan teknologi.

Ilustrasi 5G.(Ist)

Minggu, 25 Agustus 2019 - 12:03 WIB

Menyambut 5G, Ini Tantangan yang Dihadapi di Indonesia

Indonesia belum memanfaatkan secara penuh data dalam pembangungan.