Terapkan Industri 4.0, Inilah Lima Sektor Industri yang Akan Go Global

Oleh : Ridwan | Rabu, 10 Oktober 2018 - 19:25 WIB

Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto saat menjadi pembicara pada Forum Tri Hita Karana (Foto: Kemenperin)
Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto saat menjadi pembicara pada Forum Tri Hita Karana (Foto: Kemenperin)

INDUSTRY.co.id - Bali, Pemerintah melalui Kementerian Perindustrian (Kemenperin) berdasarkan peta jalan Making Indonesia 4.0 telah menetapkan lima sektor manufaktur yang menjadi pionir dalam penerapan revolusi industri keempat Tanah Air. 

Kelima sektor itu adalah industri makanan dan minuman, industri tekstil dan pakaian, industri otomotif, industri kimia, dan industri elektronika. 

“Dengan industri 4.0, sektor makanan dan minuman kita bisa kompetitif di Asean dan go global. Kita ingin membangun pusat inovasi dengan menggandeng Jepang dan Australia untuk peningkatan kualitas produk, layanan serta smart packaging, termasuk juga membuat standarisasi. Dan, Bali bisa jadi hub untuk innovation center di sektor ini," ungkap Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto di Bali, Rabu (10/10/2018).

Sementara itu, industri otomotif ditargetkan mampu memproduksi mobil sebanyak dua juta unit per tahun dan terjadi peningkatan utilitas sebesar 70 persen.

"Beberapa industri otomotif kita sudah piloting industri 4.0. Saat ini, Indonesia dan Thailand menjadi pemain otomotif terbesar di Asean," imbuhnya.

Untuk industri tekstil dan produk tekstil, terang Airlangga, Indonesia adalah salah satu negara terbesar eksportir bersama Vietnam dan Bangladesh.

"Tetapi kita sudah meningkat ke level value chain yang lebih tinggi. Industri kita sudah produksi beberapa fashion product dan 3D printing or cutting. Saat ini banyak masyarakat kita yang bekerja di pabrik tekstil, pakaian, dan alas kaki. Ini menjadi sektor padat karya dan berorientasi ekspor," jelas Airlangga.

Di samping itu, Indonesia tengah berupaya mengembangkan biofarmasi dan kimia. "Apalagi, Indonesia ada program BPJS yang mencakup 170 juta peserta, serta punya data yang spesifik untuk penyakit spesifik. Kalau ditambah dengan artificial intelligent dan data analisis, kita bisa riset untuk kesehatan dan penyediaan jasa di sektor ini," lanjutnya.

Menperin menambahkan, pengembangan ekonomi digital di Indonesia cukup potesial, apalagi saat ini sudah memiliki empat startup yang mencapai status unicorn, yaitu Go-Jek, Traveloka, Bukalapak dan Tokopedia.

"Diproyeksi pada tahun-tahun mendatang akan ada startup lain yang juga mencapai status unicorn," ungkapnya.

Selain menjadi tujuan utama untuk investasi, Indonesia juga dipilih oleh beberapa perusahaan global untuk membangun inovasinya seperti Apple.

"Kita jadi satu-satunya negara di Asia yang memiliki Akademi Pengembang Apple. Saat ini sudah ada di Tangerang, dan dua kota lagi akan dibangun," ujarnya.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Ki Hajar Dewantara

Kamis, 02 Mei 2024 - 15:23 WIB

Mengenal Tokoh Hebat Ki Hajar Dewantara, Lepas Gelar Bangsawan dan Pilih Fokus Berjuang untuk Pendidikan

Jakarta-Nama Ki Hajar Dewantara tak lekang di telan zaman. Dalam dunia pendidikan Indonesia, namanya tentu tak asing lagi.

Persiapan Libur Natal dan Tahun Baru 2023 Bank BTN Siapkan Dana Tunai Rp19 Triliun

Kamis, 02 Mei 2024 - 14:46 WIB

Nasabah Patut Simak Ya! BTN Pastikan Dana Nasabah Tidak Hilang

Jakarta – PT Bank Tabungan Negara (Persero) Tbk atau BTN menyatakan tidak ada dana nasabah yang hilang di perseroan. Hal itu menjawab tudingan para pendemo yang disuruh oleh oknum yang mengaku…

Demo produk Acer

Kamis, 02 Mei 2024 - 14:45 WIB

Acer Meluncurkan Jajaran Lengkap Produk, Solusi dan Transformasi Platform Komunitas Insan Pendidik Guraru

Acer melalui Acer for Education hari ini (2/05) menegaskan komitmen Acer untuk menjadi bagian dari pengembangan kualitas dunia pendidikan di Indonesia.

Promo Blibli di BeautyFest Asia 2024

Kamis, 02 Mei 2024 - 13:55 WIB

BeautyFest Asia 2024 Digelar, Ada Promo Ekslusif Blibli dan Parfum Onix Fragrance

BeautyFest Asia 2024 merupakan event yang tepat bagi siapa saja yang ingin terjun lebih dalam ke dalam dunia kecantikan dan melihat lebih dekat perkembangan terkini di industri kecantikan.

Pembayaran melalui livin bank mandiri

Kamis, 02 Mei 2024 - 13:48 WIB

Livin´ Merchant, Inovasi Bank Mandiri Perluas Jangkau Nasabah UMKM

Bank Mandiri terus melakukan inovasi produk dan layanannya demi mewujudkan inklusi keuangan untuk berbagai lapisan masyarakat. Upaya yang dilakukan adalah melalui peningkatan layanan perbankan…