Menteri BUMN Rini Bangun Hunian Korban Gempa Sulteng

Oleh : Herry Barus | Rabu, 10 Oktober 2018 - 18:00 WIB

Menteri BUMN Rini Soemarno (Dok Pupuk Indonesia Group)
Menteri BUMN Rini Soemarno (Dok Pupuk Indonesia Group)

INDUSTRY.co.id - Palu- Menteri BUMN Rini Soemarno menggalang sejumlah Badan Usaha Milik Negara untuk bersinergi membangun rumah hunian sementara (Huntara) dan penyediaan air bersih bagi para korban gempa dan tsunami di Sulawesi Tengah.

"BUMN bersinergi, ada Bank BNI, Bank Mandiri, PLN, Wijaya Karya dan sejumlah BUMN lainnya siap  membantu membuat hunian sementara bagi saudara-saudara kita sedang tertimpa musibah. Hunian sementara sama dengan yang sudah pernah dibangun di Lombok," kata Rini di Palu, Sulawesi Tengah, Rabu (10/10/2018

Pada kesempatan itu Rini mengunjungi sejumlah lokasi yang terdampak gempa dan tsunami seperti di Desa Jono Oge dan Desa Sibalayan, Kabupaten Sigi.

Dua desa ini merupakan  daerah bencana cukup parah terkena likuifaksi yang mengakibatkan ribuan warganya kehilangan tempat tinggal.

Meski begitu Rini belum membocorkan berapa jumlah Huntara yang akan dibangun BUMN pascagempa di wilayah Palu dan sekitarnya.

Ia hanya menyebutkan bahwa rumah hunian sementara sudah diterapkan di Lombok.

Sebelumnya diberitakan, bahwa sinergi BUMN yang dibalut dengan slogan "Hadir Untuk Negeri" sudah menyelesaikan sebanyak 1.500 unit Huntara ramah gempa di tiga lokasi di Lombok pascagempa menimpa wilayah itu.

Usai mengunjungi Kabupaten Sigi, Rini melanjutkan perjalanannya ke Pelabuhan ASDP Taipa di Kecamatan Palu Utara. Ia memastikan pelabuhan tersebut dapat melayani kiriman bantuan logistik bagi para korban gempa di Palu dan sekitarnya.

Selanjutnya, Rini bertolak menuju Kantor Wilayah Telkom di kawasan jalan Moh Hatta, Kota Palu.

Di tempat ini Rini, memimpin rapat koordinasi antar BUMN terkait penyebaran posko utama untuk bantuan, kesehatan dan logistik supaya lebih merata ke daerah terdampak gempa dan tsunami.

Sejumlah pimpinan BUMN hadir pada rapat tersebut, seperti Dirut PLN Sofyan Basir, Dirut Bank Mandiri Kartika Wirjoatmodjo, Dirut Bank BNI Achmad Baiquni, Direktur Pemasaran Ritel Pertamina Mas ud Khamid dan juga dihadiri Bupati Parigi Moutong, Samsurizal Tombolotut.(Ant)

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Marketing Innovation (Ilustrasi)

Minggu, 19 Mei 2024 - 22:10 WIB

Innovation in Marketing Strategies That You Need to do!

In an era that continues to develop rapidly, it is important for us to always follow developments in trends to find effective marketing strategies. An effective marketing strategy must be dynamic…

Industri kesehatan

Minggu, 19 Mei 2024 - 21:35 WIB

Strategic Development of Health-Related Assistance Services in Post-Covid-19 Indonesia using PESTLE Analysis

The Covid-19 pandemic has dramatically reshaped the global healthcare landscape, highlighting both vulnerabilities and opportunities within health-related services. As Indonesia emerges from…

Meriahkan HUT Jakarta, PJ Gubernur Ajak Masyarakat Meriahkan BTN Jakim 2024

Minggu, 19 Mei 2024 - 18:35 WIB

Meriahkan HUT Jakarta, PJ Gubernur Ajak Masyarakat Meriahkan BTN Jakim 2024

Jakarta–Dalam rangka memeriahkan Hari Ulang Tahun (HUT) Jakarta ke-497, Pemerintah Provinsi (Pemrov) DKI Jakarta bekerjasama dengan PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk (BTN) akan menyelenggarakan…

Wahdah Islamiah dukung Palestina merdeka

Minggu, 19 Mei 2024 - 18:24 WIB

Wahdah Islamiyah Kecam Israel atas Genosida Rakyat Palestina

Ormas Islam Wahdah Islamiyah ikut mengecam penjajahan dan genosida yang dilakukan zionis Israel di Gaza Palestina, yang kini telah memasuki hari ke 225 sejak oktober 2023 yang lalu.

Anak-anak diperiksakan matanya

Minggu, 19 Mei 2024 - 15:09 WIB

Peringati Myopia Week, HOYA Gencarkan Kampanye Kesehatan Mata

Progresivitas kasus Myopia atau yang lebih dikenal dengan rabun jauh atau mata minus pada anak usia sekolah dilaporkan terus meningkat. Salah satu pemicunya adalah transformasi digital dalam…