Asian Para Games, Jokowi: Kita Ingin Junjung Tinggi Kemanusiaan

Oleh : Ahmad Fadli | Minggu, 07 Oktober 2018 - 08:00 WIB

Presiden Jokowi dan Ibu Negara Iriana memberikan dukungan semangat bagi atlet-atlet Indonesia pada defile peserta pembukaan Asian Para Games 2018, di Stadion Utama GBK, Jakarta, Sabtu (6/10) malam. (Foto: Agung/Humas)
Presiden Jokowi dan Ibu Negara Iriana memberikan dukungan semangat bagi atlet-atlet Indonesia pada defile peserta pembukaan Asian Para Games 2018, di Stadion Utama GBK, Jakarta, Sabtu (6/10) malam. (Foto: Agung/Humas)

INDUSTRY.co.id, Jakarta - Ajang perhelatan Asian Para Games 2018 resmi dibuka oleh Presiden Joko Widodo, Sabtu malam (7/10/2018). Ajang olahraga bagi difabel tersebut diikuti oleh 3.000 atlet dari 43 negara yang berlangsung 6-13 Oktober 2018.

“Melalui Asian Para Games 2018 ini, kita ingin merayakan persaudaraan, kita ingin menunjukkan kegigihan dan perjuangan, dan kita ingin menjunjung tinggi kemanusiaan,” kata Presiden Jokowi saat memberikan sambutan pada upacara pembukaan Asian Para Games 2018 di Stadion Utama Gelora Bung Karno (GBK).

Dengan mengucap Bismillahirrahmanirrahim, Presiden Jokowi secara resmi membuka pesta olahraga atlet-atlet disabilitas dari negara-negara Asia itu dalam Asian Para Games 2018.

Pada kesempatan ini, presiden turun dari kursinya menuju panggung untuk menerima pesan dari penyandang difabel Bulan Karunia Rudianti. Presiden kemudian melepaskan jasnya dan memakai perlengkapan memanah.

Selanjutnya Presiden, Bulan, dan Abdul Hamid (atlet panahan) memanah huruf D, I, dan S dari kata “disability” menjadi “ABILITY” sebagai simbol semangat keajaiban.

Sebagaimana diketahui Asian Para Games 2018 ini diikuti oleh 3.000 atlet dari 43 negara di Asia. Para atlet tersebut akan berkompetisi dalam 18 cabang olahraga.

Tampak hadir dalam upacara pembukaan itu antara lain Ibu Negara Iriana Joko Widodo, Presiden RI ke-5 Megawati Soekarnoputri, Wakil Presiden Jusuf Kalla, Ibu Mufidah Jusuf Kalla, Ibu Shinta Nuriyah Wahid, mantan Wakil Presiden Try Sutrisno dan Boediono, Menko PMK Puan Maharani, Mensesneg Pratikno, Menlu Retno Marsudi, Menkominfo Rudiantara, Menteri Pariwisata Arief Yahya, Mensos Agus Gumiwang Kartasasmita,

Menaker Hanif Dhakiri, Ketua DPD RI Oesman Sapta Odang, Kapolri Jenderal Tito Karnavian, Koordinator Staf Khusus Presiden Teten Masduki, dan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan

Komentar Berita

Industri Hari Ini

PT Chubb General Insurance Indonesia secara resmi meluncurkan aplikasi layanan klaim inovatif telepon seluler di Indonesia bernama Chubb Mobile Assistance pada Senin (4/12)

Selasa, 21 Mei 2019 - 17:29 WIB

Chubb Gandeng Airy Hadirkan Asuransi Perjalanan

PT Chubb General Insurance Indonesia (Chubb) hari ini mengumumkan kerja sama penyediaan asuransi perjalanan dengan Airy, salah satu perusahaan Accommodation Network Aggregator (ANO) terkemuka…

Ilustrasi Industri Manufaktur (Foto: Ridwan/Industry.co.id)

Selasa, 21 Mei 2019 - 16:45 WIB

Triwulan I/2019, Sejumlah Sektor Industri Manufaktur Catatkan Kinerja Positif

Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto mengatakan, sejumlah sektor industri manufaktur mampu mencatatkan kinerja positif di atas pertumbuhan ekonomi nasional pada triwulan I tahun 2019.

Direktur Penyidikan dan Penyelesaian Sengketa, Direktorat Jenderal HKI Kemenhum-HAM, Brigjen Pol Reinhard Silitonga

Selasa, 21 Mei 2019 - 15:31 WIB

Direktorat Jenderal HKI Tutup Ratusan Portal E-Dagang Bermasalah

Jakarta - Direktorat Jenderal Hak Kekayaan Intelektual (HKI) Kementrian Hukum - HAM melalui Direktorat Penyidikan dan Penyelesaian Sengketa telah menutup ratusan portal e-Dagang bermasalah yang…

Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto saat pembukaan Bazar Lebaran di Plasa Industri Kemenperin

Selasa, 21 Mei 2019 - 15:05 WIB

Penuhi Kebutuhan Pegawai dan Masyarakat, Kemenperin Gelar Bazar Lebaran

Kementerian Perindustrian senantiasa mendorong sektor industri manufaktur agar siap memenuhi kebutuhan konsumen terutama di pasar domestik selama bulan Ramadan dan Lebaran.

Hoshinoya Guguan

Selasa, 21 Mei 2019 - 14:45 WIB

Resort Pemadian Air Panas Mewah di Taiwan, Hoshinoya Guguan Akan Resmi Dibuka pada 30 Juni 2019

Perusahaan Manajemen Hotel Terkemuka, Hoshino Resorts akan segera membuka HOSHINOYA di Guguan wilayah pemandian air panas yang terletak di pinggiran kota Taichung, Taiwan, pada 30 Juni 2019…