Clariant Jalin Kerjasama Dengan PT Martina Berto Ciotakan Solusi Keberlanjutan Secara Global

Oleh : Hariyanto | Selasa, 02 Oktober 2018 - 13:09 WIB

Clariant
Clariant

INDUSTRY.co.id - Jakarta – Clariant, perusahaan terkemuka di bidang kimia khusus, menandatangani perjanjian kerja sama dengan PT Martina Berto Tbk, produsen produk kosmetik dan herbal di Indonesia yang merupakan anak perusahaan dari Martha Tilaar Group.

Melalui kemitraan ini, Clariant akan mendapatkan akses terhadap tanaman dan ganggang unik dari kawasan Asia Tenggara, serta potensi untuk mengekplorasi dan menciptakan solusi-solusi berkelanjutan terbaru secara global.

Kerjasama antara PT Martina Berto, Tbk dan Clariant dimulai pada 2015 dan telah mencapai tahap selanjutnya melalui penandatanganan perjanjian ini.

Berdasarkan kerja sama ini, PT Martina Berto Tbk akan memperoleh akses global untuk produk-produk inovatifnya dengan memanfaatkan sumber-sumber distribusi global milik Clariant. Berdasarkan keahlian dari Martina Berto, Clariant akan meningkatkan kapabilitasnya sebagai “pakar di bidang alam” dengan akses terhadap keanekaragaman hayati Indonesia serta meningkatkan komitmen ethical sourcing. 

Kerjasama ini mencerminkan langkah strategis lain dari bisnis Personal Care setelah kesuksesannya berkolaborasi dengan para ahli-ahli alam (Nature Experts), yankiCRM(Mediterranean biome), Beraca (Brazilian Biome) dan BioSpectrum (Asia biome) yang telah meningkatkan keanekaragaman hayati dari bahan-bahan baku untuk para pelanggan.

“ Kolaborasi ini didasarkan oleh semangat bersama terhadap 100% bahan-bahan alami serta untuk menggunakan keanekaragaman hayati Indonesia yang sangat kaya. Kami akan terus memperkuat posisi kami dalam hal bahan-bahan berkelanjutan dan mendorong inovasi berbasis dari alam,” ungkapFrancois Bleger, Head of Clariant Business Unit Industrial & Consumer Specialty, Asia Pacific Region Clariant melalui keterangan resmi yang diterima INDUSTRY.co.id, Selasa (2/10/2018).

PT Martina Berto Tbk yang didirikan di bawah Martha Tilaar Group berkomitmen penuh untuk memanfaatkan kekayaan alam Indonesia dalam memproduksi produk-produk berkualitas dengan memanfaatkan inovasi bangsa. 

Sejak pertama kali didirikan, PT Martina Berto berfokus pada produksi produk-produk kosmetik yang inovatif dengan menggabungkan kearifan budaya lokal dan riset yang dilakukan terhadap berbagai tanaman obat, kosmetik dan aromatik dari alam. 

Riset mencakup buah-buahan dan bunga seperti Sariayu Putih Langsat dan ekstrak manggis yang dibudidayakan guna mengembangkan bahan baku baru untuk produk personal care yang inovatif.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Jakarta Blues International Festival 2019(Foto Dok Industry.co.id0

Sabtu, 24 Agustus 2019 - 21:00 WIB

Jakarta Blues International Festival 2019

Apa kabar Blues di Indonesia? …Silahkan jawab versi Anda sendiri… tapi yang pasti para penggemar-nya sedang bersiap-siap berpesta bersama di acara Jakarta Blues International Festival yang…

Deklarasi Teman Juara

Sabtu, 24 Agustus 2019 - 19:55 WIB

Deklarasi Teman Juara, Ajak Generasi Milenial Berpartisipasi Kembangkan Pariwisata di Era Revolusi Industri 4.0

Teman Juara akan menumbuhkan semangat juara di berbagai bidang. Misalnya ketika ada yang tidak pahaman tentang bagaimana mempromosikan potensi sebuah daerah dari berbagai aspek sosial ekonomi,…

Direktur Jenderal Industri Kecil Menengah dan Aneka (IKMA) Kemenperin Gati Wibawaningsih

Sabtu, 24 Agustus 2019 - 19:05 WIB

Kemenperin Bidik 10 Ribu IKM Masuk Pasar Online

Kementerian Perindustrian (Kemenperin) menargetkan sebanyak 10 ribu pelaku IKM dari berbagai sektor dapat masuk ke pasar online melalui program e-Smart IKM selama periode tahun 2017-2019. Mereka…

Bambang Soesatyo Ketua DPR RI (Foto Dok Industry.co.id)

Sabtu, 24 Agustus 2019 - 19:00 WIB

Para Pemimpin Negeri Harus Berkomitmen Kuat Wujudkan Persatuan Bangsa

Ketua DPR RI Bambang Soesatyo (Bamsoet) menegaskan pasca Pemilu 2019 yang telah menguras banyak tenaga dan pikiran, harus ditindaklanjuti dengan mengisi kembali pembangunan. Tidak bisa dipungkiri,…

Direktur Jenderal IKMA Kemenperin, Gati Wibawaningsih

Sabtu, 24 Agustus 2019 - 18:30 WIB

Kemenperin Targetkan 250 Peserta Beradu Inovasi di IGDS 2019

Kementerian Perindustrian melalui Direktorat Jenderal Industri Kecil Menengah dan Aneka (IKMA) kembali melakukan acara sosialisasi Indonesia Good Design Selection (IGDS) 2019. Tahun 2019 ini,…