Mahkota Group Realisasikan Pembangunan Pabrik Refinery Senilai Rp330 Miliar di Dumai

Oleh : Hariyanto | Selasa, 02 Oktober 2018 - 09:40 WIB

Ilustrasi pabrik minyak goreng (ist)
Ilustrasi pabrik minyak goreng (ist)

INDUSTRY.co.id - Jakarta - PT Mahkota Group Tbk (MGRO) mulai merealisasikan pembangunan pabrik refinery penghasil minyak goreng dan pabrik kernel crushing plant di Dumai. Pembangunan pabrik anyar ini ditargetkan rampung dan beroperasi Juni 2019.

"Refinery itu memiliki kapasitas produksi 1.500 ton per hari. Sedangkan pabrik kernel crushing plant memiliki kapasitas 400 ton per hari," kata Presiden Direktur MGRO, Usli Sarsi kepada pers di Jakarta, Senin (1/10/2018). 

Usli mengatakan, untuk mendirikan pabrik baru  ini, perusahaan menggelontorkan dana sebesar Rp 330 miliar. Rincian sumber dananya, Rp 90 miliar dari hasil IPO dan sisanya dari kas internal.

"Nantinya, produk minyak goreng akan didistribusikan ke seluruh Indonesia melalui mitra perusahaan ritel. Kami masih proses penjajakan kerjasama dengan perusahaan ritel untuk membantu pemasaran," ungkapnya.

Tidak hanya memproduksi minyak goreng, MGRO juga berencana memproduksi berbagai produk turunan, seperti biodiesel. Diversifikasi produk ini sebagai respons atas kebijakan B20 yang dicanangkan pemerintah.

Kemungkinan pada akhir 2019 atau awal 2020, MGRO akan membangun pabrik biodiesel. Sumber dana disiapkan dari internal dan pinjaman bank.

Dengan adanya pabrik minyak goreng dan kernel, MGRO berharap pertumbuhan kinerja ke depan bisa berkesinambungan.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Aiko Senosoenoto dari Eki Dance Company (Foto Amz)

Sabtu, 24 Agustus 2019 - 15:00 WIB

Komunitas, Jadi Salah Satu Alternatif Pengembangan Seni Tari di Indonesia

Tumbuhnya berbagai komunitas, termasul komunitas tari, menjadi salah salah satu titik penting dalam jejaring kesenian di Indonesia. Ketika banyak negara lain masih berkutat dalam sekolah seni,…

Indeks harga saham gabungan (IHSG) di gedung Bursa Efek Indonesia (dok INDUSTRY.co.id)

Sabtu, 24 Agustus 2019 - 14:48 WIB

Pasar Modal Tingkatkan Kontribusi Pertumbuhan Ekonomi

Jakarta - Otoritas Jasa Keuangan terus mengarahkan agar industri Pasar Modal lebih berkontribusi dalam meningkatkan pertumbuhan ekonomi, mendukung ekspor dan subtitusi impor, serta membuka lebih…

Sentra bawang merah

Sabtu, 24 Agustus 2019 - 14:42 WIB

DPR: Ekosistem Pengelolaannya Tersistematis

Jakarta - Meningkatnya Pendapatan Domestik Bruto (PDB) yang disumbangkan sektor pertanian pada Triwulan II- 2019 merupakan tanda makin tersistematisnya ekosistem pengelolaan usaha agraris di…

Ilustrasi Sawah (Dok. Kementan)

Sabtu, 24 Agustus 2019 - 14:34 WIB

Kementan Mampu Membuat Ekspor Melesat

Jakarta - Kementerian Pertanian (Kementan) telah membuktikan capaian swasembada pangan melalui kemajuan ekspor selama periode Mentan Amran Sulaiman.

Mba Tutut (Foto Amz)

Sabtu, 24 Agustus 2019 - 14:00 WIB

Tutut Soeharto: YHK dan YDGRK Terus Berbakti untuk Indonesia

Dua Yayasan yang dulu pernah didirikan oleh keluarga mantan Presiden RI ke 2, HM. Soeharto yakni Yayasan Harapan Kita (YHK) dan Yayasan Dana Gotong Royong Kemanusiaan (YDGRK) sama sama berulangtahun,…