Atasi Banjir Semarang, Kementerian PUPR Targetkan Bendung Karet KBB Rampung Januari 2019

Oleh : Hariyanto | Minggu, 30 September 2018 - 10:31 WIB

Bendung Karet KBB
Bendung Karet KBB

INDUSTRY.co.id - Jakarta – Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) melalui Balai Besar Wilayah Sungai (BBWS) Pemali Juana tengah menyelesaikan pembangunan sejumlah infrastruktur pengendali banjir di Kota Semarang salah satunya yakni bendung karet di sungai Kanal Banjir Barat (KBB). 

Menteri PUPR Basuki Hadimuljono dalam kunjungan kerjanya ke Semarang, pada Jumat malam (28/9/2018) mengecek progres pembangunan bendung yang nantinya berfungsi sebagai penahan intrusi air laut dan menjaga debit air, serta penggelontoran (flushing) sedimen sungai untuk pengendalian banjir di wilayah barat Kota Semarang.

"Progresnya sudah sekitar 54 persen, dari 4 span (karet bendung), saat ini sudah terpasang 2 buah. Direncanakan pada hari Selasa nanti akan dibuka penutup bendungnya, dan mulai dibangun untuk sisi yang satu lagi. Diharapkan sekitar Januari 2019 sudah selesai pembangunannya," ujar Menteri Basuki. 

Pada saat musim hujan, air yang masuk di Sungai KBB akan ditahan bendung tersebut. Saat ketinggian air mencapai elevasi 2,5 meter, maka air langsung didorong oleh karet bendungan ke hilir sungai dan masuk ke laut. Sementara pada musim kemarau bendung karet sepanjang 155,5 meter tersebut juga berfungsi sebagai long storage yang dapat menampung sekitar 700.000 m3 air.

Kepala Balai Besar Wilayah Sungai (BBWS) Pemali Juwana Ruhban Ruzziyatno mengatakan, pengerjaan proyek pembangunan bendung karet KKB tersebut telah dilakukan sejak November 2017 lalu dengan nilai kontrak Rp 147,24 miliar. Konstruksi dikerjakan oleh kontraktor PT Adhi Karya dan Minarta. 

Dikatakan Ruhban, dengan tetap terjaganya air di sungai tersebut nanti dapat digunakan sebagai untuk pemenuhan kebutuhan air baku dengan potensi sebesar 100 liter/detik. "Terutama untuk menyuplai kebutuhan air bagi warga di wilayah Barat Kota Semarang," ujarnya.

Bendung karet KBB Kota Semarang  terletak kurang lebih 3 km di bawah Bendung Simongan atau sekitar 1 km di atas jembatan ringroad. Nantinya diharapkan bendung karet yang melintang di sungai KBB juga bisa menjadi area wisata air yang baru di wilayah tersebut. 

Ruhban mengatakan, teknologi karet pada bendung tersebut didatangkan langsung dari Amerika Serikat. Menurutnya dari sisi teknologi, masa umur pakai karet tersebut lebih lama karena terlindungi panel baja. Selain itu waktu untuk menaikkan dan menurunkan muka air lebih cepat daripada bendung karet tanpa panel baja dan dapat dioperasikan sesuai kebutuhan atau elevasi muka air yg diinginkan.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Prabowo Subianto dan Airlangga Hartarto

Selasa, 07 Juli 2020 - 07:30 WIB

Partai Gerindra dan Partai Golkar Sepakat Wujudkan Pilkada Tetap Sejuk

Ketua Umum DPP Partai Gerindra bersama dengan Ketua Umum DPP Partai Golkar Airlangga Hartarto ingin mewujudkan pemilihan kepala daerah (Pilkada) serentak yang berlangsung dengan semarak tapi…

Duta New Normal Dokter Reisa

Selasa, 07 Juli 2020 - 07:28 WIB

Tiga Langkah Penting Aman COVID-19 dari Duta New Normal Dokter Reisa

Penularan virus SARS-CoV-2 masih terjadi hingga hari ini di wilayah nusantara. Duta Adaptasi Kebiasaan Baru Gugus Tugas Nasional dr. Reisa Broto Asmoro menyampaikan bahwa dinamika perubahan…

Progres Rusun Pasar Jumat Jakarta Capai Hampir Seratus Persen

Selasa, 07 Juli 2020 - 07:00 WIB

Progres Rusun Pasar Jumat Jakarta Capai Hampir Seratus Persen

Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) meninjau progres pembangunan Rumah Susun (Rusun) Tingkat Tinggi Pasar Jumat, DKI Jakarta, Senin (6/7/2020). Pembangunan rusun disamping untuk…

 Panglima TNI-Dirut BRI Sepakat Tingkatkan Kerja Sama

Selasa, 07 Juli 2020 - 06:00 WIB

Panglima TNI-Dirut BRI Sepakat Tingkatkan Kerja Sama

Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto, S.I.P., didampingi Aslog Panglima TNI Marsda TNI Kukuh Sudibyanto dan Kapusku TNI Marsma TNI Gladly Mailoa, S.E., menerima audiensi Direktur Utama (Dirut)…

Latihan Pratugas Satgasmar PAM Puter XXIV Wil Barat Teluk Ratai Ditinjau Kepala Staf Korps Marinir

Selasa, 07 Juli 2020 - 05:30 WIB

Latihan Pratugas Satgasmar PAM Puter XXIV Wil Barat Teluk Ratai Ditinjau Kepala Staf Korps Marinir

Kepala Staf Korps Marinir (KS) Kormar, Brigjen TNI (Mar) Nur Alamsyah M.Tr. (Han) bersama Asisten Operasi Komandan Korps Marinir (Asops Dankormar) Kolonel Marinir Ahmad Fajar meninjau langsung…