DPR Puji Pemerintah Alihkan Saham PT Freeport

Oleh : Herry Barus | Sabtu, 29 September 2018 - 08:21 WIB

Bambang Soesatyo Ketua DPR RI
Bambang Soesatyo Ketua DPR RI

INDUSTRY.co.id

Jakarta- Ketua DPR RI Bambang Soesatyo memuji keberhasilan pemerintahan Presiden Joko Widodo bernegosiasi dengan PT Freeport Indonesia (PTFI) untuk mengalihkan mayoritas sahamnya ke PT Indonesia Asahan Aluminium.

"Saya mengapresiasi langkah pemerintah yang telah berhasil mengakuisisi saham mayoritas PTFI melalui Inalum, sehingga menaikkan porsi kepemilikan dari 9,36 persen menjadi 51,23 persen, “kata Bambang Soesatyo di Jakarta, Jumat (28/9/2019)

Menurut Bambang Soesatyo yang akrab disapa Bamsoet, melalui akuisisi tersebut kini kepemilikan saham Indonesia di perusahaan yang mengelola pertambangan emas terbesar di dunia itu mencapai 51,23 persen atau jauh meningkat jauh dari sebelumnya yakni 9,36 persen.

"Akuisisi mayoritas saham PTFI saja, sebenarnya belum cukup. Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral harus menindaklanjutinya dengan mengerahkan para ahli untuk mengelola operasional PTFI," katanya.

Politikus Partai Golkar ini menegaskan Indonesia sejatinya bisa sepenuhnya mengelola operasional PTFI. "Divestasi saham sebesar 51,23 persen, hendaknya diimbangi oleh Pemerintah dengan pengadaan para ahli teknologi untuk mengelola operasional PTFI.

Bamsoet juga mengingatkan pentingnya kepastian hak dan pelibatan Pemerintah Daerah (Pemda) di Papua terkait kepemilikan saham PTFI, agar masyarakat Papua dapat memperoleh manfaat maksimal dari perolehan saham PTFI sebesar sepuluh persen.

Bamsoet yang berlatar belakang pengusaha itu juga menegaskan pemerintah agar secepatnya mengupayakan alih teknologi sehingga putra-putri bangsa Indonesia dapat mengelola sepenuhnya tambang emas di Papua itu.

Bamsoet juga mengimbau Pemerintah Provinsi Papua memberikan sosialisasi sekaligus mempersiapkan putra-putri terbaik Papua untuk dapat menguasai ilmu teknologi pertambangan guna meningkatkan peran putra daerah.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Bank Jatim (Foto Moneter)

Senin, 29 April 2024 - 17:16 WIB

Wow! Awali Tahun 2024, Bank Jatim Cetak Kinerja Ciamik

Jakarta-PT Bank Pembangunan Daerah Jawa Timur Tbk (bankjatim) sukses mencatatkan kinerja yang positif sepanjang Triwulan Pertama 2024.

CEO YAMADA Consulting & Spire yang juga Executive Officer dan Head of Global Business Development YAMADA Consulting Group Ryosuke Funayama (kedua dari kanan) dan COO YAMADA Consulting & Spire Jeffrey Bahar (pertama dari kanan) didampingi beberapa staf berpose bersama di kantor pusat YAMADA Consulting Group, Tokyo, Jepang, belum lama ini.

Senin, 29 April 2024 - 17:09 WIB

Keren! Spire Research and Consulting Rebranding Jadi YAMADA Consulting & Spire

Jakarta-Spire Research and Consulting, perusahaan riset dan konsultasi bisnis terkemuka Asia Pasifik yang berpusat di Singapura, menyatakan saat ini telah terintegrasi penuh dengan YAMADA Consulting…

Kinerja Kuartal I/2024, Penyaluran Kredit dan Pembiayaan BTN Tembus Rp344,2 Triliun

Senin, 29 April 2024 - 16:54 WIB

Top! Kinerja Kuartal I/2024 Penyaluran Kredit dan Pembiayaan BTN Tembus Rp344,2 Triliun

Jakarta – Strategi PT Bank Tabungan Negara (Persero) Tbk (BTN) untuk fokus mengembangkan segmen high yield dan komersial mulai membuahkan hasil.

Maskapai Garuda Indonesia

Senin, 29 April 2024 - 16:52 WIB

Tingkatkan Pertumbuhan Pariwista GIA Buka Rute Manado Denpasar PP Jakarta– Maskapai penerbangan nasional Garuda Indonesia terus memperkuat

Maskapai penerbangan nasional Garuda Indonesia terus memperkuat komitmennya dalam mengoptimalkan pertumbuhan pariwisata nasional melalui perluasan jaringan penerbangan ke berbagai destinasi…

Ratusan Calon Investor Bidang Transportasi Hadiri Familiarisasi Konsep “Kota Masa Depan” Nusantara

Senin, 29 April 2024 - 16:38 WIB

Ratusan Calon Investor Bidang Transportasi Hadiri Familiarisasi Konsep “Kota Masa Depan” Nusantara

Intelligent Transport System (ITS) Indonesia bekerja sama dengan Otoritas Ibu Kota Nusantara (OIKN) mengadakan sesi pertemuan daring dengan ratusan calon investor bidang transportasi…