750 Industri Bahan Baku Mamin Dunia Hadir di Pameran Food ingredients (Fi) Asia 2018

Oleh : Kormen Barus | Jumat, 28 September 2018 - 10:30 WIB

750 Industri Bahan Baku Mamin Dunia Hadir di Pameran Food ingredients (Fi) Asia 2018 (Foto Kormen)
750 Industri Bahan Baku Mamin Dunia Hadir di Pameran Food ingredients (Fi) Asia 2018 (Foto Kormen)

INDUSTRY.co.id - Jakarta-Pameran niaga bahan baku makanan dan minuman terkemuka Food ingredients (Fi) Asia 2018 segera hadir  di JIExpo Kemayoran Jakarta Indonesia,  pada 3-5 Oktober 2018.

Ajang ini merupakan platform bagi ribuan penjual dan pembeli bahan baku makanan dan minuman serta menjadi arena untuk menampilkan inovasi terkini, mendapatkan mitra potensial, melakukan penetrasi pasar Asia, dan memperoleh informasi perkembangan terkini di industri bahan baku makanan dan minuman.

Kementerian Perindustrian Republik Indonesia mencatat pertumbuhan industri makanan dan minuman mencapai 8,67 persen di triwulan II 2018, yang berarti telah melampaui pertumbuhan ekonomi nasional sebesar 5,27 persen. Implementasi industri 4.0 juga diyakini akan mampu meningkatkan ekspor makanan dan minuman olahan nasional hingga empat kali lipat dengan target tahun ini sebesar 12,65 miliar dolar AS dan diprediksi dapat menjadi sebesar 50 miliar dolar AS pada tahun 2025.

Melihat potensi yang menjanjikan dan target yang cukup tinggi di industri makanan dan minuman nasional, maka peluang bagi industri bahan baku makanan dan minuman pun terbuka makin lebar sehingga penting untuk memiliki sebuah wadah yang memungkinkan pelaku di industri ini memaksimalkan potensi bahan baku tanah air dan memperkuat daya saing di pasar global.

Rungphech Chitanuwat, Group Director ASEAN, UBM Asia (Thailand) Co Ltd, mengatakan, Fi Asia 2018 adalah platform bagi para pelaku industri bahan baku makanan dan minuman untuk mendapatkan sumber bahan baku yang dapat diandalkan, berkelanjutan, dan efektif dari segi biaya, sekaligus membangun networking dengan berbagai pemasok bahan makanan dan minuman terkemuka.

“Diestimasikan lebih dari 750 perusahaan dari 60 negara dan lebih dari 20.000 profesional industri makanan dan minuman akan hadir dalam pameran yang menampilkan berbagai inovasi, inspirasi, dan perkembangan terkini,” ujarnya.

Menurutnya, Fi Asia 2018 telah dilengkapi dengan Innovation Tour, Innovation Zone, Discover Tour, Supplier Finder Desk, Business Matching Programme untuk memudahkan pengunjung dan eksibitor, dan  yang terbaru di Fi Asia yaitu Bi (Beverage ingredients) Theater.

“Selama tiga hari penyelenggaraan, pengunjung dapat berpartisipasi dalam sejumlah seminar dari Perhimpunan Ahli Teknologi Pangan Indonesia (PATPI) dan South East Asian Food and Agricultural Science and Technology (SEAFAST) Institut Pertanian Bogor bertemakan ‘Science-based Ingredients: The Future for Food in Asia’, serta kompetisi Food Product Development yang merupakan kesempatan bagi mahasiswa untuk memamerkan penemuan mereka dalam sektor produk makanan,” tambah Rungphech Chitanuwat.

Puspo Edi Giriwono, Ph.D, Executive Secretary South East Asian Food and Agricultural Science and Technology – SEAFAST Center, IPB, menjelaskan, Industri makanan dan minuman yang diproyeksi terus berkembang dengan pesat untuk 5-10 tahun mendatang tentu tidak terlepas dari peranan industri bahan baku makanan dan minuman.

Dengan kekayaan alam melimpah yang dapat menghasilkan bahan baku khas tanah air dan didukung dengan penelitian yang memadai, Indonesia berpotensi memperkuat daya saing di pasar regional maupun global. Kami dan para akademisi sangat mendukung Fi Asia yang telah memberikan akses inovasi dan kemajuan teknologi bahan baku makanan dan minuman dari seluruh dunia sehingga menjadi referensi utama bagi para profesional industri ini.

“Tahun ini, South East Asian Food and Agricultural Science and Technology (SEAFAST) Center bersama dengan Perhimpunan Ahli Teknologi Pangan Indonesia (PATPI) dan Departemen Ilmu dan Teknologi Pangan Institut Pertanian Bogor (IPB) akan menyelenggarakan konferensi internasional bertemakan ‘Science-based Ingredients: The Future for Food in Asia’. Konferensi ini menjabarkan dan mengajak diskusi pentingnya inovasi dan perkembangan di teknologi makanan, proses pengolahan, bahan baku, serta berbagai isu mutakhir dan bermunculan termasuk regulasi dan perdagangan dalam rangka memenuhi tingginya kebutuhan populasi global akan keamanan pangan dan nutrisi,” jelas Puspo Edi Giriwono, PhD.

Ir. Adhi S. Lukman, Ketua Umum Gabungan Pengusaha Makanan dan Minuman Indonesia (GAPMMI), mengatakan, Fi Asia menjadi platform yang tepat dan komprehensif untuk berbagai skala bisnis dalam meningkatkan dan memperkuat keberadaan pelaku industri di kawasan ASEAN guna mendorong kesuksesan bisnis.

“Kami sangat menghargai UBM Asia yang terus mendukung industri makanan dan minuman nasional dengan menyelenggarakan pameran bahan baku makanan dan minuman bertaraf internasional di Indonesia. Fi Asia memiliki nilai lebih bagi para peserta pameran dan pengunjungnya melalui berbagai kegiatan yang bermanfaat bagi industri, sehingga dapat menciptakan produk yang kompetitif. Kelak, Indonesia tidak hanya menyerap komoditi asing, akan tetapi mampu memproduksi makanan dan minuman olahan yang inovatif dengan biaya efisien.”

Fi Global berpengalaman selama 26 tahun menjadi pameran makanan dan minuman yang dinanti oleh audiens industri makanan dan minuman di seluruh dunia. Fi Asia diadakan untuk pertama kalinya di wilayah Asia Tenggara di Singapura pada tahun 1997, disusul oleh Thailand pada tahun 2002. Sementara itu, Indonesia menjadi tuan rumah Fi Asia untuk pertama kalinya pada tahun 2010 dan kini Fi Asia rutin diadakan bergantian setiap tahunnya di Indonesia dan Thailand. (Kormen).

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Dukung Penurunan Angka Stunting, ID FOOD Kembali Salurkan Bantuan Pangan Telur dan Daging Ayam di Sumatera Utara

Kamis, 28 Maret 2024 - 19:33 WIB

Dukung Penurunan Angka Stunting, ID FOOD Kembali Salurkan Bantuan Pangan Telur dan Daging Ayam di Sumatera Utara

Kota Medan, Sumatera Utara – Holding BUMN Pangan ID FOOD terus menggenjot penyaluran bantuan pangan penanganan stunting tahap I tahun 2024 yang sudah mulai berjalan pada pertengahan Maret…

Mentan Amran Sulaiman

Kamis, 28 Maret 2024 - 19:21 WIB

Mentan Amran Serahkan Total Alokasi Pupuk Subsidi 54 Triliun

Menteri Pertanian (Mentan) Andi Amran Sulaiman secara simbolis menyerahkan alokasi penambahan pupuk subsidi untuk petani seluruh Indonesia sebesar Rp 28 triliun.

Petugas BNI memperlihatkan uang persediaan ke masyarakat

Kamis, 28 Maret 2024 - 19:16 WIB

Penuhi Kebutuhan Ramadan dan Lebaran, BNI Sediakan Uang Tunai Rp26,6 Triliun

PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk atau BNI berkomitmen untuk mendukung kelancaran transaksi masyarakat dengan menyediakan dana tunai senilai Rp26,6 triliun selama Ramadan dan Hari Raya…

Ilustrasi tiket

Kamis, 28 Maret 2024 - 17:49 WIB

Jangan Kelewatan, Ini 10 Tips Mendapatkan Tiket dan Voucher Belanja Online!

Berbelanja online telah menjadi bagian integral dari kehidupan sehari-hari, menawarkan kemudahan, variasi produk, dan tentu saja, kesempatan untuk menghemat uang melalui tiket dan voucher serta…

Renos

Kamis, 28 Maret 2024 - 17:36 WIB

Cari Furnitur dan Elektronik Rumah yang Murah? Datang ke Event Renos Gebyar Ramadhan Saja!

Di era yang serba cepat ini, mencari furnitur dan elektronik untuk rumah tidak lagi memerlukan waktu dan usaha yang banyak. Mulai dari mencari furnitur untuk kamar hingga elektronik rumahan…