Mensos Targetkan Februari 2019 Tuntaskan Transformasi Rastra

Oleh : Herry Barus | Rabu, 26 September 2018 - 15:30 WIB

Mensos Agus Gumiwang (Foto Dok Industry.co.id)
Mensos Agus Gumiwang (Foto Dok Industry.co.id)

INDUSTRY.co.id - Surabaya- Menteri Sosial Agus Gumiwang Kartasasmita menargetkan pada awal Februari 2019 menuntaskan transformasi Bantuan Sosial Beras Sejahtera (Rastra) ke Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT).

"Target pemerintah pada awal Februari tahun depan bahwa transformasi dari rastra ke BPNT bisa rampung 100 persen," ujarnya usai membuka Rapat Kerja Teknis Transformasi Bantuan Sosial Beras Sejahtera ke Bantuan Pangan Non Tunai Tahap III Bulan Oktober dan Tahap IV Bulan November di Wilayah III Tahun 2018 di Surabaya, Selasa (25/9/2018)

Pihaknya menegaskan saat ini mendorong semua unit, termasuk wilayah satu sampai tiga agar target yang diharapkan pada akhir tahun ini mencapai 60-70 persen.

Program BPNT merupakan pengganti bantuan pangan Rastra, yakni setiap keluarga mendapatkan bantuan Rp110.000 per bulan, kemudian uang yang disalurkan melalui rekening perbankan diperuntukkan untuk membeli bahan pangan seperti beras dan telur.

Menurut dia, program tersebut salah satu bentuk upaya Presiden Joko Widodo agar Rastra bisa berjalan lebih efektif sehingga tepat sasaran, tepat waktu, dan berkualitas.

"Karena itu Kemensos akan terus mendorong percepatan-percepatan transformasi dari rastra ke BPNT," kata mantan anggota DPR RI tersebut.

Di sisi lain, pihaknya saat ini sedang menggalakkan program pemberdayaan sosial dan ekonomi dalam rangka mempercepat pengentasan kemiskinan dengan mendorong terciptanya pengusaha di tingkat akar rumput untuk mengembangkan suatu jenis usaha.

Kemensos, kata dia, akan membantu permodalan dan teknis sehingga pendamping PKH atau relawan bantuan sosial akan dilengkapi pengetahuan menangani kewirausahaan dengan harapan bisa membantu penerima keluarga manfaat (PKM) bermandiri.

"Kami tak hanya memberi makanan atau umpan, tapi 'kail' juga harus dipikirkan sehingga PKM bisa didorong mandiri dan mendesain program dalam lingkup pemberian sosial dan pemberdayaan ekonomi," katanya.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Gubernur Sumatera Utara, H. Edy Rahmayadi (kemeja putih) didampingi Direktur BTN, Budi Satria (kanan), sedang berbincang-bincang dengan calon konsumen KPR BTN ketika sedang melakukan akad kredit di Medan, Sumatera Utara, Senin (22/04/2019).

Selasa, 23 April 2019 - 01:35 WIB

Bank BTN Gelar Akad Kredit Massal untuk 8.500 Unit Rumah Bernilai Rp1 Triliun

PT Bank Tabungan Negara Tbk (BBTN), atau Bank BTN, menggelar akad massal untuk 8.500 unit rumah yang digelar secara serentak di seluruh kantor cabang perseroan dengan total nilai mencapai lebih…

Prince Hassan Resmikan Klinik Bantuan BAZNAS Untuk Pengungsi Palestina

Senin, 22 April 2019 - 21:01 WIB

Prince Hassan Resmikan Klinik Bantuan BAZNAS Untuk Pengungsi Palestina

Presiden Jordan Medical Aid For Palestinians (MAP), Prince El Hassan Bin Talal, meresmikan klinik bantuan Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) untuk pengungsi Palestina di Yordania. “Klinik…

Traveloka Epic Sale 2019

Senin, 22 April 2019 - 20:46 WIB

Mudahkan Pengguna Wujudkan Impian Liburan Hari Raya, Traveloka Hadirkan EPIC Sale 2019

Para pengguna Traveloka sebentar lagi akan dapat menikmati potongan harga terbatas yang luar biasa melalui program khusus Traveloka Epic Sale. Program yang akan berlangsung pada tanggal 24-27…

Capres Prabowo Subianto (Foto Dok Industry.co.id)

Senin, 22 April 2019 - 20:30 WIB

Capres Prabowo Sakit, Tak Bisa Bertemu Utusan Capres Jokowi

Direktur Komunikasi dan Media Badan Pemenangan Nasional (BPN) Prabowo Subianto-Sandiaga Uno, Hashim Djojohadikusumo menyebutkan calon presiden nomor urut 02 Prabowo Subianto tidak bisa bertemu…

Ilustrasi Industri Manufaktur (Foto: Ridwan/Industry.co.id)

Senin, 22 April 2019 - 20:15 WIB

Kejar Target Pertumbuhan Industri 5,4 Persen, Ini Program Strategis Menperin

Kementerian Perindustrian terus berupaya menciptakan sumber daya manusia (SDM) kompeten terutama yang siap menghadapi era industri 4.0.