Investor Tiongkok akan Berinvestasi Budi Daya Mutiara di Flores Timur

Oleh : Herry Barus | Selasa, 25 September 2018 - 18:00 WIB

INDUSTRY.co.id - Kupang- Kepala Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPM-PTSP) Kabupaten Flores Timur Yohanes Kopong mengatakan sebanyak lima perusahaan berminat menamamkan modalnya atau berinvestasi pada berbagai sektor di daerah itu.

"Ada lima perusahaan di dalam dan luar negeri yang berminat untuk investasi di Flores Timur dan sekarang sedang kami fasilitasi," kata Yohanes Kopong ketika dihubungi Antara dari Kupang, Selasa (25/9/2018)

Ia menjelaskan, kehadiran investasi itu bergerak di sejumlah bidang seperti sektor perikanan berupa pengembangan budi daya mutiara dari perusahaan asal Tiongkok  dan pengolahan ikan dari PT Kelola Mina Laut.

Di sektor perkebunan, lanjutnya, ada investasi pengembangan tanaman vanili dari budi daya hingga pembangunan pabrik pengolahannya dari perusahaan asal Belgia.

Selain itu, sektor pariwisata berupa rencana investasi pembangunan resort di wilayah Pulau Adonara yang dilakukan perusahaan dari Selandia Baru, serta pengembangan garam industri dan garam konsumsi di Pulau Solor dari perusahaan dalam negeri.

 "Proses investasi yang sudah kami fasilitasi ini lebih banyak sudah sampai pada tahapan studi atau kajian teknis di lapangan," katanya.

Dijelaskannya dari sisi wewenang, pihaknya berorientasi memfasilitasi kelengkapan dokumen dan persyaratan investasi untuk perusahaan dalam negeri sementara dokumen perizinan untuk perusahaan asing lebih banyak berurusan dengan pemerintah provinsi maupun pusat.

Yohanes berharap semua proses fasilitasi baik teknis maupun perizinan bisa tuntas di tahun 2018 sehingga paling lambat di 2019 hingga 2020 mendatang kegiatan investasi sudah berjalan.

"Karena ada kegiatan investasi seperti garam itu dibutuhkan waktu yang cukup lama untuk proses kesiapan teknis di lapangan," katanya.

Ia menambahkan hingga saat ini pihaknya mencatat terdapat 15 perusahaan di antaranya sembilan perusahaan berstatus penananaman modal asing dan enam penaman modal dalam negeri sudah berinvestasi di wilayah kabupaten paling timur di Pulau Flores itu.

Menurutnya, belasan investasi itu lebih dominan bergerak di bidang usaha perikanan, selain itu di bidang perkebunan, maupun pariwisata termasuk hotel dan restoran.

 "Total nilai investasi yang masuk dan sudah berjalan ini tercatat mencapai Rp309 miliar lebih," katanya.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Wadan Kormar Terima Kunjungan Kerja Komandan Grup C Paspampres

Jumat, 19 April 2024 - 07:40 WIB

Wadan Kormar Terima Kunjungan Kerja Komandan Grup C Paspampres

Dalam rangka membangun komunikasi serta sinergitas, Wakil Komandan Korps Marinir (Wadan Kormar) Brigjen TNI (Mar) Suherlan, menerima kunjungan kerja Komanda Grup C Pasukan Pengamanan Presiden…

Trans Papua Segera Dibangun, Konsorsiun HK-HKI Menangkan Lelang

Jumat, 19 April 2024 - 06:58 WIB

Trans Papua Segera Dibangun, Konsorsiun HK-HKI Menangkan Lelang

Menutup Triwulan I Tahun 2024, Konsorsium PT Hutama Karya (Persero) (Hutama Karya) dan PT Hutama Karya Infrastruktur (HKI) ditunjuk sebagai pemenang lelang Pembangunan Jalan Trans Papua ruas…

RS Siloam Cinere Depok

Jumat, 19 April 2024 - 06:46 WIB

Siloam Hospitals Jantung Diagram : Parkinson Dapat Dicegah, Proses Pengobatan Berdasarkan Kondisi Pasien

Parkinson adalah penyakit progresif pada otak dan sistem saraf yang memengaruhi kemampuan tubuh untuk bergerak. Penyebab utama Parkinson adalah kerusakan sel saraf pada area substantia nigra…

Panglima Jenderal TNI Agus Subiyanto Terima Audiensi Ketua Komnas HAM

Jumat, 19 April 2024 - 06:04 WIB

Panglima Jenderal TNI Agus Subiyanto Terima Audiensi Ketua Komnas HAM

Panglima TNI Jenderal TNI Agus Subiyanto menerima Audiensi Ketua Komnas HAM Atnike Nova Sigiro yang didampingi Komisioner/Koordinator Bidang Penegakan HAM Uli Parulian Sihombing, Komisioner…

Panglima Jenderal TNI Agus Subiyanto Pimpin Penyerahan Jabatan Pangkogabwilhan II dan Sertijab 3 Jabatan Strategis

Jumat, 19 April 2024 - 05:57 WIB

Panglima Jenderal TNI Agus Subiyanto Pimpin Penyerahan Jabatan Pangkogabwilhan II dan Sertijab 3 Jabatan Strategis

Panglima TNI Jenderal TNI Agus Subiyanto memimpin upacara Penyerahan Jabatan Pangkogabwilhan II kepada Marsda TNI M. Khairil Lubis, Sertijab Dansesko TNI dari Marsdya TNI Samsul Rizal kepada…