Ikatan Pilot Indonesia Kampanyekan Gaya Hidup Sehat

Oleh : Herry Barus | Selasa, 25 September 2018 - 08:09 WIB

Ikatan Pilot Indonesia (Foto Dok Industry.co.d)
Ikatan Pilot Indonesia (Foto Dok Industry.co.d)

INDUSTRY.co.id - Jakarta- Ikatan Pilot Indonesia (IPI) menggandeng para pemangku kepentingan dalam mengkampanyekan keselamatan dan keamanan penerbangan nasional bagi masyarakat umum pengguna transportasi udara melalui semangat aktivitas berolahraga.

Kegiatan yang bertajuk ‘Aviators Fun Walk and Run 5K 2018’ diselenggarakan pada Minggu, tanggal 23 September, 2018 diikuti oleh sekitar 1000 orang peserta di seputaran wilayah Gelora Senayan, dimana sebelumnya dilaksanakan perhelatan pesta olahraga internasional Asian Games 2018 sejak 18 Agustus hingga  2 September, 2018.

“Kegiatan ‘Aviator Fun Walk and Run 5K 2018’ dimaksudkan untuk meningkatkan kepedulian masyarakat dan insan penerbangan terhadap keselamatan penerbangan nasional, sekaligus mensosialisasikan peran dan tugas masing-masing pemangku kepentingan dunia penerbangan.”, tutur Ketua Pelaksana ‘Aviator Fun Walk and Run 5K 2018’ Kapten Koko Indra Perdana pada hari Senin, 17 September, 2018.

Sejumlah pemangku kepentingan (stakeholder) dari lembaga/instansi dipastikan turut memberikan dukungan dalam kegiatan ini antara lain PT Angkasa Pura I dan II Persero, Badan Narkotika Nasional (BNN), Direktorat Kelaikudaraan dan Pengoperasian Pesawat Udara (DKPPU), Lembaga Penyelenggara Pelayanan Navigasi Penerbangan Indonesia (AirNav Indonesia), dan Otoritas Bandar Udara (Otban).

“Dalam kegiatan tersebut, para individu dari stakeholder dunia penerbangan akan langsung bertemu masyarakat dan menjadi kesempatan untuk mensosialisasikan tugas masing-masing. Sebagai contoh para pilot dapat membagikan profesi pilot dalam menjamin keselamatan dan keamanan operasional penerbangan,” lanjut Koko Indra.

Direktur Utama PT Angkasa Pura I Faik Fahmi menuturkan pihaknya menyambut baik kegiatan ini karena menjadi kesempatan untuk turut mengedukasi masyarakat secara langsung khususnya dalam peranan meningkatkan keselamatan dan keamanan penerbangan nasional. Selain itu, ajang ini dihelat oleh IPI, dimana pilot dan maskapai adalah juga mitra dan stakeholder Angkasa Pura I, yang secara bersama-sama memiliki tanggung jawab terhadap upaya mengedukasi masyarakat umum agar lebih memahami dunia penerbangan nasional dan regulasinya.”, tuturnya.

Dalam kesempatan yang sama, Kepala Badan Narkotika Nasional (BNN) Irjen (Pol) Heru Winarko menilai kegiatan yang digelar IPI merupakan langkah tepat untuk mengedukasi masyarakat perihal bahaya narkoba bagi masyarakat umum dan insan penerbangan khususnya.

“Melalui kegiatan olahraga ini IPI dan BNN secara aktif mengkampanyekan bahaya penyalahgunaan narkotika dalam industri perhubungan secara khusus dan masyarakat umum. Ancaman penyalahgunaan narkotika ada di depan mata dan seharusnya menjadi perhatian seluruh pihak,” tegasnya.

Tentang Ikatan Pilot Indonesia

Ikatan Pilot Indonesia (IPI) merupakan organisasi yang dibentuk pada 11 November, 2015 di Jakarta dan disahkan Kementerian Hukum dan HAM pada 17 Desember, 2015. Organisasi ini didirikan untuk menampung aspirasi, menjaga harkat dan martabat pilot Indonesia sekaligus sebagai wujud persatuan para pilot Indonesia. Saat ini Dewan Ketua IPI periode 2016-2019 adalah Captain Rama V. Noya selaku Ketua.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Gubernur Sumatera Utara, H. Edy Rahmayadi (kemeja putih) didampingi Direktur BTN, Budi Satria (kanan), sedang berbincang-bincang dengan calon konsumen KPR BTN ketika sedang melakukan akad kredit di Medan, Sumatera Utara, Senin (22/04/2019).

Selasa, 23 April 2019 - 01:35 WIB

Bank BTN Gelar Akad Kredit Massal untuk 8.500 Unit Rumah Bernilai Rp1 Triliun

PT Bank Tabungan Negara Tbk (BBTN), atau Bank BTN, menggelar akad massal untuk 8.500 unit rumah yang digelar secara serentak di seluruh kantor cabang perseroan dengan total nilai mencapai lebih…

Prince Hassan Resmikan Klinik Bantuan BAZNAS Untuk Pengungsi Palestina

Senin, 22 April 2019 - 21:01 WIB

Prince Hassan Resmikan Klinik Bantuan BAZNAS Untuk Pengungsi Palestina

Presiden Jordan Medical Aid For Palestinians (MAP), Prince El Hassan Bin Talal, meresmikan klinik bantuan Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) untuk pengungsi Palestina di Yordania. “Klinik…

Traveloka Epic Sale 2019

Senin, 22 April 2019 - 20:46 WIB

Mudahkan Pengguna Wujudkan Impian Liburan Hari Raya, Traveloka Hadirkan EPIC Sale 2019

Para pengguna Traveloka sebentar lagi akan dapat menikmati potongan harga terbatas yang luar biasa melalui program khusus Traveloka Epic Sale. Program yang akan berlangsung pada tanggal 24-27…

Capres Prabowo Subianto (Foto Dok Industry.co.id)

Senin, 22 April 2019 - 20:30 WIB

Capres Prabowo Sakit, Tak Bisa Bertemu Utusan Capres Jokowi

Direktur Komunikasi dan Media Badan Pemenangan Nasional (BPN) Prabowo Subianto-Sandiaga Uno, Hashim Djojohadikusumo menyebutkan calon presiden nomor urut 02 Prabowo Subianto tidak bisa bertemu…

Ilustrasi Industri Manufaktur (Foto: Ridwan/Industry.co.id)

Senin, 22 April 2019 - 20:15 WIB

Kejar Target Pertumbuhan Industri 5,4 Persen, Ini Program Strategis Menperin

Kementerian Perindustrian terus berupaya menciptakan sumber daya manusia (SDM) kompeten terutama yang siap menghadapi era industri 4.0.