Keselamatan Berkendara Jadi Perhatian Khusus Kemenhub

Oleh : Herry Barus | Senin, 24 September 2018 - 11:30 WIB

Menhub Budi Karya Sumadi (Foto Dok Kemenhub)
Menhub Budi Karya Sumadi (Foto Dok Kemenhub)

INDUSTRY.co.id - Jakarta- Kementerian Perhubungan akan menggencarkan kampanye keselamatan berkendara sepeda motor ke seluruh provinsi dalam upaya mengurangi angka kecelakaan yang setiap tahun cenderung meningkat.

"Kampanye keselamatan jangan menggunakan sepeda motor saat mudik yang selama ini kami gencarkan ternyata memberikan dampak penurunan kecelakaan hingga 30 persen, dan kegiatan kampanye akan kami gencarkan hingga kabupaten," kata Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi kepada awak media usai melepas ribuan peserta lomba lari "10 K Hubrun 2018" di Senayan Jakarta, Minggu (23/9/2018)

Kampanye keselamatan yang akan digencarkan adalah mengurangi kecepatan sepeda motor, menggunakan helm dengan baik dan benar, serta jangan menggunakan telepon genggam saat berkendara.

Kampanye tersebut, kata Menhub, sebenarnya sudah dijalankan di beberapa daerah dengan mengajak gubernur seperti di Jawa Tengah, Sulawesi Selatan, Kalimantan Selatan, serta Riau. Sementara dengan menteri adalah Menteri Luar Negeri.

"Nanti pasti akan banyak menteri dan gubernur yang saya ajak mengendarai sepeda motor untuk tujuan keselamatan berkendara agar masyarakat paham pentingnya keselamatan berkendara," katanya.

Menhub Budi mengatakan, mayoritas kecelakaan sepeda motor yang terjadi selama ini adalah ketidakpatuhan pengendara dalam mengemudi seperti tidak bisa mengendalikan kecepatan sehingga resiko kecelakaan sangat besar.

Selain itu jika terjadi kecelakaan pengendara maupun yang dibonceng tidak menggunakan helm dengan baik dan benar, seperti tidak mengikat tali dengan cara yang benar sehingga jika kecelakaan helm akan terlepas.

Faktor lain, katanya, pengemudi tidak konsentrasi mengemudi sepeda motor karena sambil menggunakan handphone sehingga tidak melihat apa yang terjadi disekelilingnya.

"Kampanye keselamatan seperti itu sebenarnya sederhana tapi ternyata efektif dan tentunya tidak akan berhenti sampai di sini. Tapi akan terus-menerus saya lakukan di seluruh provinsi," kata Budi Karya.

Pemerintah daerah tentunya juga diminta untuk ikut mengkampanyekan keselamatan berkendara di masing-masing wilayah dalam upaya menekan angka kecelakaan sepeda motor. (Ant)

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Nagaswara Luncurkan Nagadigit

Sabtu, 25 Juni 2022 - 12:32 WIB

Nagaswara Luncurkan Nagadigit, Sebagai Upaya Mendukung Musisi Memperkenalkan Karyanya Lewat YouTube

Nagaswara sebagai mayor label terus melakukan terobosan, agar bisnis industri musiknya bisa terus bertahan dan bisa bersaing dengan label rekaman lain. Menyadari kalau tahun 2022 adalah tahun…

Ilustrasi usaha pendinginan ikan. (Dasril Roszandi/NurPhoto via Getty Images)

Sabtu, 25 Juni 2022 - 12:12 WIB

Wow Ekspor produk perikanan Indonesia ke Negeri Tirai Bambu Capai USD 890, Menteri Trenggono Genjot Ekspor

Jakarta - Kementerian Kelautan dan Perikanan terus menggenjot nilai ekspor produk perikanan ke Tiongkok untuk mendukung percepatan pertumbuhan ekonomi nasional.

Wasono, bersama Si Bali, hewan kurban yang menjadi pilihan Presiden Jokowi untuk dikirim ke warga Umbulsariz Srimartani, Piyungan, Sabtu (17/7/2021). - Harian Jogja

Sabtu, 25 Juni 2022 - 11:52 WIB

Harap Simak! Pemerintah Sedang Siapkan Pengaturan Hewan Kurban di Tengah Wabah PMK

Jakarta-Jelang Iduladha 1443 Hijriah, Kementerian Agama akan melakukan pengaturan terkait hewan kurban di tengah mewabahnya penyakit mulut dan kuku (PMK) pada hewan ternak di tanah air.

Mantan Puteri Indonesia 2022 Melanie Putria (Foto: Chodijah Febriyani/Industry.co.id)

Sabtu, 25 Juni 2022 - 11:30 WIB

Jangan Tergiur Promo! Ini Tips Pilih Klinik Kecantikan ala Melanie Putria

Perawatan kulit saat ini menjadi tren di kalangan wanita maupun pria. Untuk mendapatkan kulit wajah yang sehat dan terawat salah satu solusinya adalah melakukan perawatan ke klinik kecantikan.

Maulana Ardiansyah

Sabtu, 25 Juni 2022 - 10:56 WIB

Maulana Ardiansyah Penyanyi Spesialis Trending Topik di YouTube, Siap Menghibur Pewarta Hiburan

Penyanyi banyak trending topik Maulana Ardiansyah, dan salah satunya single terbarunya, Dermaga Biru kini tengah trending menyatakan kesiapannya untuk hadir pada acara Launching MARS Forwan…