Keselamatan Berkendara Jadi Perhatian Khusus Kemenhub

Oleh : Herry Barus | Senin, 24 September 2018 - 11:30 WIB

Menhub Budi Karya Sumadi (Foto Dok Kemenhub)
Menhub Budi Karya Sumadi (Foto Dok Kemenhub)

INDUSTRY.co.id - Jakarta- Kementerian Perhubungan akan menggencarkan kampanye keselamatan berkendara sepeda motor ke seluruh provinsi dalam upaya mengurangi angka kecelakaan yang setiap tahun cenderung meningkat.

"Kampanye keselamatan jangan menggunakan sepeda motor saat mudik yang selama ini kami gencarkan ternyata memberikan dampak penurunan kecelakaan hingga 30 persen, dan kegiatan kampanye akan kami gencarkan hingga kabupaten," kata Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi kepada awak media usai melepas ribuan peserta lomba lari "10 K Hubrun 2018" di Senayan Jakarta, Minggu (23/9/2018)

Kampanye keselamatan yang akan digencarkan adalah mengurangi kecepatan sepeda motor, menggunakan helm dengan baik dan benar, serta jangan menggunakan telepon genggam saat berkendara.

Kampanye tersebut, kata Menhub, sebenarnya sudah dijalankan di beberapa daerah dengan mengajak gubernur seperti di Jawa Tengah, Sulawesi Selatan, Kalimantan Selatan, serta Riau. Sementara dengan menteri adalah Menteri Luar Negeri.

"Nanti pasti akan banyak menteri dan gubernur yang saya ajak mengendarai sepeda motor untuk tujuan keselamatan berkendara agar masyarakat paham pentingnya keselamatan berkendara," katanya.

Menhub Budi mengatakan, mayoritas kecelakaan sepeda motor yang terjadi selama ini adalah ketidakpatuhan pengendara dalam mengemudi seperti tidak bisa mengendalikan kecepatan sehingga resiko kecelakaan sangat besar.

Selain itu jika terjadi kecelakaan pengendara maupun yang dibonceng tidak menggunakan helm dengan baik dan benar, seperti tidak mengikat tali dengan cara yang benar sehingga jika kecelakaan helm akan terlepas.

Faktor lain, katanya, pengemudi tidak konsentrasi mengemudi sepeda motor karena sambil menggunakan handphone sehingga tidak melihat apa yang terjadi disekelilingnya.

"Kampanye keselamatan seperti itu sebenarnya sederhana tapi ternyata efektif dan tentunya tidak akan berhenti sampai di sini. Tapi akan terus-menerus saya lakukan di seluruh provinsi," kata Budi Karya.

Pemerintah daerah tentunya juga diminta untuk ikut mengkampanyekan keselamatan berkendara di masing-masing wilayah dalam upaya menekan angka kecelakaan sepeda motor. (Ant)

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Presiden Joko Widodo bersama Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto saat melihat AMMdes di GIIAS 2018 (Foto: Dok. Liputan6)

Rabu, 26 Juni 2019 - 11:05 WIB

AMMDes Kemanakah Kau?

Alat Mekanik Multifungsi Pedesaan (AMMDes) sudah resmi diluncurkan di pameran otomotif Gaikindo Indonesia International Auto Show 2018. Meski demikian, hingga kini kendaraan yang dirancang untuk…

Indodax resmikan kantor baru di Jakarta (Hariyanto/INDUSTRY.co.id)

Rabu, 26 Juni 2019 - 10:50 WIB

Komitmen Berikan Pelayanan Lebih Baik, Indodax Resmikan Kantor Baru di Jakarta

Kantor baru ini akan menjadi pusat dari seluruh cabang Indodax yang sudah didirikan sebelumnya yaitu Bali, Semarang, dan Surabaya.

Ruang Kerja Regus (Foto Dok Industry.co.id)

Rabu, 26 Juni 2019 - 10:00 WIB

Penyedia Ruang Kerja fleksibel, Regus, Luncurkan ProgramWaralaba Terbaru di Indonesia

Regus, penyedia ruang kerja fleksibel terkemuka di dunia, telah meluncurkan skema waralaba terbaru di Indonesia. Program baru ini memungkinkan operator waralaba Indonesia untuk memasuki ruang…

Hoshinoya Tokyo

Rabu, 26 Juni 2019 - 09:50 WIB

Hoshinoya Tokyo Bakal Jadi Tuan Rumah Tokyo Summer Nights 2019

Hoshino Resorts melalui brand teranyarnya, Hoshinoya Tokyo akan menjadi tuan rumah "Tokyo Summer Nights 2019" dari tanggal 1-17 Agustus 2019.

PREPD

Rabu, 26 Juni 2019 - 09:20 WIB

PREPD closes Pre-Series A round to fund growth of a new hydration-boosting drinks

PREPD closes Pre-Series A round to fund growth of a new hydration-boosting drinks