Kunjungan Wisman Indochina Diharapkan Berwisata ke Indonesia

Oleh : Herry Barus | Senin, 24 September 2018 - 10:00 WIB

Wisman Tiongkok (Foto Banten.co)
Wisman Tiongkok (Foto Banten.co)

INDUSTRY.co.id - Jakarta- Kementerian Pariwisata dan Kedutaaan Besar RI bersinergi dalam rangka mempromosikan pariwisata Indonesia di negara-negara yang terletak di kawasan Indochina, dimulai di Vientiane, Laos.

Dubes RI untuk Laos, Pratito Soeharyo dalam siaran pers KBRI Vientiane yang diterima di Jakarta, Minggu (23/9/2019)  menyatakan bahwa RI dan Laos memiliki kedekatan dan kesamaan.

Hal tersebut disampaikan Dubes RI dalam kegiatan misi penjualan tujuh destinasi prioritas yang diawali di Vientiane, Laos, 22 September 2018.

Acara diawali dengan penampilan tarian dan lagu Selayang Pandang sebagai tarian penyambutan kepada para peserta yang dihadari hampir 60 orang industri dari negara Laos.

Dubes RI juga menyampaikan harapannya untuk dapat mewujudkan adanya konektivitas berupa penerbangan langsung dari Indonesia ke Laos pada masa kepemimpinannya di sana.

"Diharapkan dengan adanya penerbangan langsung, dapat secara signifikan menumbuhkan jumlah kunjungan wisatawan, baik dari Laos ke Indonesia, maupun sebaliknya," ucapnya.

Sebagai contoh, Bapak Duta Besar menyebutkan penerbangan langsung dari Luang Prabang ke Denpasar, Bali, setidaknya ada penerbangan langsung seminggu satu kali antara kedua negara.

Rangkaian kegiatan ini dilakukan pemerintah karena disadari oleh Kemenpar, kawasan Indochina memiliki potensi yang dapat menguntungkan pariwisata bagi kedua negara di masa depan. Kawasan Indochina memiliki tingkat pertumbuhan yang cukup besar mencapai angka pertumbuhan kurang lebih 7 persen pada tahun 2018, dan pertumbuhan ini dapat memungkinkan tumbuhnya jumlah potensi wisatawan dari kawasan Indochina.

Laos dijadikan negara tujuan awal dari Misi Penjualan ini tidak saja karena antara Laos dan Indochina memiliki hubungan baik yang cukup panjang sejak masa Kerajaan Champa dan kerajaan di Nusantara, tetapi juga karena masing-masing negara memiliki kepedulian yang tinggi untuk meningkatkan kerja sama di bidang pariwisata.

Industri pariwisata Indonesia pada kegiatan Sales Mission ini menyampaikan beberapa presentasi pariwisata di Indonesia, yaitu dari Bandung dan Yogyakarta, tidak ketinggalan pula presentasi program Hotdeals Batam dan Bintan.

Bentuk sinergi antara KBRI dan Kementerian Pariwisata pada 2018 ini diawali dengan penyelenggaraan program FamTrip bagi media Laos untuk berkunjung ke destinasi wisata Indonesia, yaitu ke kota-kota Jakarta, Bali, dan Yogyakarta pada bulan Agustus 2018 atas prakarsa Duta Besar Vientiane didukung oleh Kementerian Pariwisata.

Media Laos sebagai peserta FamTrip diajak melihat perayaan Hari Kemerdekaan tanggal 17 Agustus di Jakarta, dilanjutkan dengan kunjugan wisata ke kawasan Kota Tua, dan diakhiri dengan menikmati pertunjukan laser di Museum Nasional (Monas).

Bali menjadi kunjungan berikutnya dari FamTrip tersebut, media peserta FamTrip diajak menikmati Garuda Winu Kencana, dan tidak ketinggalan pula menikmati kuliner dan wisata pantai Bali yang sudah terkenal di dunia. Sebagai penutup, dilanjutkan dengan wisata ke Yogyakarta, di mana para peserta media Laos diajak mengunjungi Candi Borobudur, Candi Prambanan, Candi Mendut, Keraton Yogyakarta, Malioboro, serta wisata pantai di Prang Tritis, Yogyakarta.

Dampak FamTrip para media Laos tersebut dapat dikatakan besar, karena sampai September ini, media Laos secara berkala mengenalkan pariwisata Indonesia di media Laos yang dikunjungi selama pelaksanaan program FamTrip.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Pavilion Indonesia di EXPOMED EUROSIA 2024

Senin, 29 April 2024 - 11:53 WIB

Siap Dobrak Pasar Eropa, Kemenperin Boyong Sembilan Industri Alat Kesehatan Nasional Mejeng di Turki

Industri alat kesehatan nasional terus berupaya menembus pasar ekspor seiring dengan produk-produknya yang semakin berkualitas dan berdaya saing global. Hal ini diwujudkan lewat keikutsertaan…

Pelepasan ekspor produk handicraft dan kriya.

Senin, 29 April 2024 - 11:31 WIB

Buka Akses Pasar Produk UKM Indonesia ke Kanada, LPEI dan Diaspora Indonesia Berkolaborasi

Kolaborasi antar institusi Pemerintah melalui Lembaga Pembiayaan Ekspor Indonesia (LPEI)/ Indonesia Eximbank sebagai Lembaga Keuangan Pemerintah Indonesia dengan Atase Perdagangan (Atdag) Ottawa,…

PT Autopedia Sukses Lestari Tbk (ASLC)

Senin, 29 April 2024 - 10:55 WIB

ASLC Catat Laba Bersih Melonjak Hampir 8 Kali Lipat di Kuartal 1 2024

PT Autopedia Sukses Lestari Tbk (ASLC) berhasil mencatatkan laba bersih sebesar Rp16,9 miliar di kuartal 1 2024, melonjak hingga hampir 8 kali lipat dibandingkan periode yang sama di tahun sebelumnya.…

Ilustrasi asuransi kendaraan

Senin, 29 April 2024 - 10:45 WIB

Tingkat Kecelakaan Mobil Meningkat, MPMInsurance Edukasi Pentingnya Asuransi Kendaraan

Belakangan ini kita membaca banyak berita terkait kelalaian berkendara yang menyebabkan kecelakaan tunggal maupun massal seperti salah satu kasus terbaru tentang kecelakaan mobil di pintu tol…

 Program Sharp Lovers Day - Sharp Fiestapora

Senin, 29 April 2024 - 10:42 WIB

Sharp Indonesia Umumkan Pemenang Program Sharp Lovers Day - Sharp Fiestapora

Kampanye penjualan besutan Sharp Indonesia bertajuk Sharp Lovers Day – Fiestapora telah berakhir akhir Maret 2024 lalu. Sukses dilaksanakan sejak tujuh tahun silam, Sharp Lovers Day hadir…