Kenalkan Aikido, Ikiru Dojo Undang Pelatih Senior Asal Jepang Ke Indonesia

Oleh : Ahmad Fadli | Minggu, 23 September 2018 - 12:25 WIB

Ikiru Dojo sebagai salah satu pusat pelatihan Aikido mengundang Yoshinobu Irie, seorang pelatih senior (Shihan) asal Hombu Aikido Tokyo(22/9) ke Jakarta.
Ikiru Dojo sebagai salah satu pusat pelatihan Aikido mengundang Yoshinobu Irie, seorang pelatih senior (Shihan) asal Hombu Aikido Tokyo(22/9) ke Jakarta.

INDUSTRY.co.id, Jakarta -Guna memperkenalkan Aikido, salah satu seni bela diri asal Jepang,  Ikiru Dojo sebagai salah satu pusat pelatihan Aikido mengundang Yoshinobu Irie, seorang pelatih senior (Shihan) asal Hombu Aikido Tokyo(22/9) ke Jakarta.

Kedatangan salah satu pelatih aikido asal Negeri Sakura tersebut juga merupakan bagian dari rangkaian program Seminar Ikiru Dojo 2018.

“Dengan kedatangan Yoshinobu Irie Shihan, diharapkan kita bisa belajar langsung dari pelatih yang memang sudah menekuni seni bela diri Aikido sejak lama.” Kata Siaji Benedictus, Dojo-Cho Ikiru Aikido.

Siaji juga menambahkan bahwa pihaknya yakin, kehadiran Yoshinobu IrieShihan yang telah menekuni Aikido lebih dari 30tahun akan menambah minat masyarakat Indonesia terhadap seni bela diri tersebut.

“Saat ini, Yoshinobu IrieShihan memegang dan 7 dalam tingkatan bela diri aikido. Beliau juga merupakan senior di Hombu Aikido, Tokyo yang merupakan pusat Aikido di seluruh dunia.” tambah Siaji.

Senada dengan Siaji, Instruktur kepala Ikiru Aikido, Jerry Lim juga menyampaikan bahwa dalam kurun waktu beberapa tahun terakhir, Aikido di Indonesia mengalami pertumbuhan yang cukup pesat. Hal ini terihat dari semakin bertambahnya minat masyarakat yang memiliki minat untuk mengikuti pelatihan aikido secara rutin.

“Setidaknya, sekarang ada lebih dari 50 anggota aktif aikido di Ikiru Dojo yang secara reguler selalu mengikuti pelatihan. Jumlahnya terus mengalami kenaikan dibanding tahun lalu.” kata Jerry.

Menurut Jerry, pertumbuhan peminat seni bela diri aikido tersebut salah satunya dikarenakan mulai tingginya kesadaran masyarakat Indonesia untuk memiliki kemampuan perlindungan diri secara pribadi. “Penguasaan teknik yang dipelajari dalam Aikido ini nantinya akan menjadi bekal masyarakatdalam melindungi dirinya sendiri secara pribadi.” terang Jerry.

“Konsep Aikido dalam self defense menggunakan sesedikit tenaga sendiri dan lebih banyak menggunakan tenaga lawan untuk melumpuhkan sehingga banyak wanita dan anak-anak yang menjadi tertarik untuk berlatih Aikido” kata Jerry.

Sementara itu, Steve Aditya, yang merupakan salah satu pengajar senior di Ikiru menambahkan bahwa seni bela diri Aikido sebagai olahraga melatih untuk lebih mengoptimalkan kemampuan tubuh yang jarang sekali terlatih, seperti kelincahan, keseimbangan, refleks, dan persendian. Hal ini menjadi faktor yang menarik bagi mereka yang ingin menjaga stamina ataupun bentuk fisik.

Sebagai salah satu pusat pelatihan aikido, Ikiru Dojo berada di kawasan Kebon Jeruk, Jakarta. Selain itu, pusat pelatihan aikido ini juga memiliki jaringan di beberapa daerah di Indonesia, seperti di Semarang dan Bali. Untuk mengoptimalkan pelatihan seni bela diri Aikido, Steve menerangkan bahwa hingga saat ini Ikiru Dojo secara rutin aktif dalam kegiatan Aikido di tingkat internasional.

“Di Aikido, tidak ada turnamen atau pertandingan kejuaraan. Namun, terdapat beberapa ajang internasional aikido yang pernah diikuti oleh kita. Beberapa diantaranya adalah  All Japan Demonstration di Nippon Budokan, Jepang, International Aikido FederationdanIkiru Embukai yang diadakan di Vietnam. Selain itu setiap tahun, pengajar-pengajar senior Ikiru secara khususakan berlatih di Jepang dengan Yoshinobu Irie Shihan.” kata Steve.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Mabes TNI (Foto Dok Industry.co.id)

Rabu, 26 Juni 2019 - 03:48 WIB

Mabes TNI Mutasi 72 Perwira Tinggi

Markas Besar TNI melakukan mutasi dan promosi jabatan kepada 72 orang perwira tinggi (Pati) di lingkungan TNI.

PostgreSQL Security Team meyakini bahwa registrasi kerentanan keamanan yang terdaftar dalam sistem Common Vulnerabilities & Exposures (CVE) dengan nomor CVE-2019-9193 merupakan sebuah kekeliruan.

Selasa, 25 Juni 2019 - 21:31 WIB

Untuk Kali Pertama, PG Conference Asia 2019 Digelar di Luar Jepang

PGConf.Asia 2019, perhelatan tingkat dunia yang menyuguhkan pemaparan tentang seluruh aspek PostgreSQL, akan digelar di Bali mulai 9 hingga 12 September 2019dengan tema “Saat bisnis bertemu…

Renailt K Range (Ridwan/Industry.co.id)

Selasa, 25 Juni 2019 - 20:35 WIB

Seri Terbaru Renault Trucks, K Range Resmi Masuk Indonesia

Perusahaan otomotif asal Prancis, Renault resmi memperkenalkan seri produk truk terbarunya, K Range. Dalam peluncuran kali ini, Renault menggandeng PT Indo Traktor Utama sebagai distributor…

Bincang-bincang bersama Sasa

Selasa, 25 Juni 2019 - 18:58 WIB

Pertahankan Kualitas, Sasa Terus Berinovasi Dalam Berbagai Produk

Sebagai perusahaan dalam kategori pembuat bumbu dapur atau kitchen food brand, PT Sasa Inti (Sasa) telah berhasil tumbuh menjadi merek lokal terdepan yang memimpin pasar, baik untuk pasar lokal…

PT GMF Aero Asia Tbk (GMFI) (Foto Dok Industry.co.id)

Selasa, 25 Juni 2019 - 18:45 WIB

GMF Siap Buka Bengkel di Bandara Kertajati

PT GMF AeroAsia Tbk,. akan segera melebarkan sayap bisnisnya dengan berencana membuka bengkel di Bandara Kertajati, Majalengka, Jawa Barat.