Kenalkan Aikido, Ikiru Dojo Undang Pelatih Senior Asal Jepang Ke Indonesia

Oleh : Ahmad Fadli | Minggu, 23 September 2018 - 12:25 WIB

Ikiru Dojo sebagai salah satu pusat pelatihan Aikido mengundang Yoshinobu Irie, seorang pelatih senior (Shihan) asal Hombu Aikido Tokyo(22/9) ke Jakarta.
Ikiru Dojo sebagai salah satu pusat pelatihan Aikido mengundang Yoshinobu Irie, seorang pelatih senior (Shihan) asal Hombu Aikido Tokyo(22/9) ke Jakarta.

INDUSTRY.co.id, Jakarta -Guna memperkenalkan Aikido, salah satu seni bela diri asal Jepang,  Ikiru Dojo sebagai salah satu pusat pelatihan Aikido mengundang Yoshinobu Irie, seorang pelatih senior (Shihan) asal Hombu Aikido Tokyo(22/9) ke Jakarta.

Kedatangan salah satu pelatih aikido asal Negeri Sakura tersebut juga merupakan bagian dari rangkaian program Seminar Ikiru Dojo 2018.

“Dengan kedatangan Yoshinobu Irie Shihan, diharapkan kita bisa belajar langsung dari pelatih yang memang sudah menekuni seni bela diri Aikido sejak lama.” Kata Siaji Benedictus, Dojo-Cho Ikiru Aikido.

Siaji juga menambahkan bahwa pihaknya yakin, kehadiran Yoshinobu IrieShihan yang telah menekuni Aikido lebih dari 30tahun akan menambah minat masyarakat Indonesia terhadap seni bela diri tersebut.

“Saat ini, Yoshinobu IrieShihan memegang dan 7 dalam tingkatan bela diri aikido. Beliau juga merupakan senior di Hombu Aikido, Tokyo yang merupakan pusat Aikido di seluruh dunia.” tambah Siaji.

Senada dengan Siaji, Instruktur kepala Ikiru Aikido, Jerry Lim juga menyampaikan bahwa dalam kurun waktu beberapa tahun terakhir, Aikido di Indonesia mengalami pertumbuhan yang cukup pesat. Hal ini terihat dari semakin bertambahnya minat masyarakat yang memiliki minat untuk mengikuti pelatihan aikido secara rutin.

“Setidaknya, sekarang ada lebih dari 50 anggota aktif aikido di Ikiru Dojo yang secara reguler selalu mengikuti pelatihan. Jumlahnya terus mengalami kenaikan dibanding tahun lalu.” kata Jerry.

Menurut Jerry, pertumbuhan peminat seni bela diri aikido tersebut salah satunya dikarenakan mulai tingginya kesadaran masyarakat Indonesia untuk memiliki kemampuan perlindungan diri secara pribadi. “Penguasaan teknik yang dipelajari dalam Aikido ini nantinya akan menjadi bekal masyarakatdalam melindungi dirinya sendiri secara pribadi.” terang Jerry.

“Konsep Aikido dalam self defense menggunakan sesedikit tenaga sendiri dan lebih banyak menggunakan tenaga lawan untuk melumpuhkan sehingga banyak wanita dan anak-anak yang menjadi tertarik untuk berlatih Aikido” kata Jerry.

Sementara itu, Steve Aditya, yang merupakan salah satu pengajar senior di Ikiru menambahkan bahwa seni bela diri Aikido sebagai olahraga melatih untuk lebih mengoptimalkan kemampuan tubuh yang jarang sekali terlatih, seperti kelincahan, keseimbangan, refleks, dan persendian. Hal ini menjadi faktor yang menarik bagi mereka yang ingin menjaga stamina ataupun bentuk fisik.

Sebagai salah satu pusat pelatihan aikido, Ikiru Dojo berada di kawasan Kebon Jeruk, Jakarta. Selain itu, pusat pelatihan aikido ini juga memiliki jaringan di beberapa daerah di Indonesia, seperti di Semarang dan Bali. Untuk mengoptimalkan pelatihan seni bela diri Aikido, Steve menerangkan bahwa hingga saat ini Ikiru Dojo secara rutin aktif dalam kegiatan Aikido di tingkat internasional.

“Di Aikido, tidak ada turnamen atau pertandingan kejuaraan. Namun, terdapat beberapa ajang internasional aikido yang pernah diikuti oleh kita. Beberapa diantaranya adalah  All Japan Demonstration di Nippon Budokan, Jepang, International Aikido FederationdanIkiru Embukai yang diadakan di Vietnam. Selain itu setiap tahun, pengajar-pengajar senior Ikiru secara khususakan berlatih di Jepang dengan Yoshinobu Irie Shihan.” kata Steve.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Kepala Badan Karantina Pertanian Ali Jamil saat musnahkan komoditas Ilegal

Rabu, 17 Juli 2019 - 11:55 WIB

Barantan Gandeng Polri Bidang Pengawasan dan Penegakan Hukum

Jakarta - Badan Karantina Pertanian Kementerian Pertanian menjalin kerjasama dengan Kepolisian. Kerjasama dalam bidang pengawasan dan penegakan hukum.

Direktur Industri Maritim, Alat Transportasi, dan Alat Pertahanan Ditjen ILMATE Kemenperin, Putu Juli Ardika

Rabu, 17 Juli 2019 - 11:15 WIB

AMMDes Pengumpan Ambulans Jadi Pilot Project di Banten

Kementerian Perindustrian terus mendorong pemanfaatan pada Alat Mekanis Multiguna Pedesaan (AMMDes) di seluruh daerah Indonesia.

Kepala Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Industri (BPSDMI) Kemenperin, Eko S.A. Cahyanto

Rabu, 17 Juli 2019 - 10:40 WIB

Bikin SDM Industri Kompetitif, Kemenperin Susun Kurikulum Hingga Usul Insentif

Kementerian Perindustrian terus memacu ketersediaan dan kompetensi sumber daya manusia (SDM) sektor industri. Langkah strategis yang telah dilakukan, salah satunya adalah pelaksanaan pendidikan…

Direktur Utama PT ASDP Indonesia Ferry (Persero)/ASDP Ira Puspadewi

Rabu, 17 Juli 2019 - 10:00 WIB

Sinergi Pengembangan Destinasi Pariwisata baru di Bakauheni, Lampung

Direktur Utama PT Pengembangan Pariwisata Indonesia (Persero)/ Indonesia Tourism Development Corporation (ITDC) Abdulbar M. Mansoerdan Direktur Utama PT ASDP Indonesia Ferry (Persero)/ASDP Ira…

Dirjen Bina Konstruksi selaku Ketua Komite K2 Syarif Burhanuddin

Rabu, 17 Juli 2019 - 08:55 WIB

Ini Hasil Evaluasi Komite Keselamatan Konstruksi Atas Peristiwa Runtuhnya Formwork Pierhead Tol BORR

Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) melalui Komite Keselamatan Konstruksi (Komite K2) dan Komisi Keamanan Jembatan dan Terowongan Jalan (KKJTJ) telah melakukan evaluasi atas…