Bandara Ngurah Rai Layani 1,95 Juta Penumpang/ Bulan

Oleh : Herry Barus | Jumat, 21 September 2018 - 16:00 WIB

Bandara I Gusti Ngurah Rai di Bali
Bandara I Gusti Ngurah Rai di Bali

INDUSTRY.co.id - Denpasar- PT Angkasa Pura I menyebutkan Bandara Ngurah Rai, Bali, melayani rata-rata 1,95 juta penumpang per bulan selama periode Januari-Agustus 2018 dari total 15,6 juta orang atau naik delapan persen jika dibandingkan tahun sebelumnya.

"Statistik penumpang dari tahun ke tahun terus meningkat dan kami harap mendongkrak target kunjungan wisatawan mancanegara," kata GM Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai, Yanus Suprayogi, di Denpasar, Bali, Kamis (20/9/2018)

Menurut dia, apabila dirinci jumlah pergerakan penumpang rata-rata per hari mencapai 64.300 orang atau per jamnya mencapai rata-rata sebanyak 3.388 orang. Dari total 15,6 juta penumpang selama delapan bulan ini, 4,1 juta di antaranya merupakan warga negara asing atau wisatawan mancanegara.

Jumlah itu melonjak 6,61 persen jika dibandingkan periode sama tahun sebelumnya mencapai 3,8 juta orang.

Pencapaian jumlah wisatawan mancanegara selama delapan bulan itu, lanjut Yanus, berkontribusi hampir 62 persen dari total target wisman ke Bali tahun ini mencapai 6,27 juta orang.

Sementara itu apabila dirinci berdasarkan asal penumpang asing itu dari 4,1 juta wisman, 23,5 persen di antaranya dari China, menjadikan negara itu duduk di posisi pertama. Posisi kedua ditempati Australia sebanyak 18,6 persen, disusul India (5,9 persen), Inggris (4,4) dan Jepang (4,1 persen).

Negara lainnya yaitu Amerika Serikat, Perancis, Malaysia, Jerman, dan Korea Selatan menduduki 10 besar negara penyumbang jumlah turis asing terbanyak.

Sementara itu dalam statistik pergerakan pesawat periode Januari-Agustus 2018, tercatat sebanyak 107.338 pesawat keluar masuk Bandar Udara Internasional I Gusti Ngurah Rai, baik melalui Terminal Domestik dan Terminal Internasional.

Jumlah itu, kata dia, merupakan kenaikan dari periode pencatatan yang sama pada tahun 2017 mencapai 96.723 pesawat yang dilayani oleh bandara itu atau naik sebesar 11 persen.

"Rata-rata per bulan pergerakan pesawat mencapai 13.400 pesawat, per hari 442 pesawat atau per jam 23 pesawat," ucapnya.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Petani sedang membasmi Organisme Pengganggu Tanaman (OPT)

Senin, 23 September 2019 - 19:43 WIB

Amankan Produksi, Kementan Buat Strategi Pengelolaan OPT

Karawang - Kementerian Pertanian (Kementan) terus berupaya mengamankan produksi tanaman dari serangan organisme penganggu tanaman (OPT) yang terintegrasi secara menyeluruh sejak hulu sampai…

Intiland Gandeng Mediapura Hadirkan Layanan Apartemen Sewa di Aeropolis

Senin, 23 September 2019 - 15:17 WIB

Intiland Gandeng Mediapura Hadirkan Layanan Apartemen Sewa di Aeropolis

Kerjasama ini meliputi jasa dan layanan pengelolaan dan penyewaan unit-unit apartemen Aeropolis yang berlokasi di dekat Bandara Internasional Soekarno-Hatta (Soetta), Tangerang, Banten.

Alat mesin pertanian yang diberikan Kementan

Senin, 23 September 2019 - 15:12 WIB

Kementan Minta Petani Olah Lahan Dengan Mekanisasi dan Teknologi

Pekanbaru - Pakar Khusus Modernisasi Pertanian dari IPB yang juga Tenaga Ahli Menteri, Kementerian Pertanian, Dr. Sam Herodian mengunjungi kampung Desa Eko Wisata di Kecamatan Palas, Kota Pekanbaru,…

Direktur Utama PT Pegadaian (Persero) Kuswiyanto

Senin, 23 September 2019 - 14:20 WIB

Tingkatkan Layanan Digital, Pegadaian Siapkan Anggaran Capai Rp700 Miliar

PT Pegadaian (Persero) terus meningkatkan sinergi dengan berbagai perusahaan baik BUMN maupun non-BUMN serta komunitas dan asosiasi masyarakat.

ahli gigi (foto ilustrasi)

Senin, 23 September 2019 - 12:01 WIB

Tukang Gigi Se-Indonesia Tolak RUU KUHP

Jakarta - Penolakan terhadap draft RUU KUHP tidak hanya berasal dari kalangan akademisi dan kelompok masyarakat sipil, namun kalangan tukang gigi juga turut menolak draft perubahan peraturan…