Lima Pelabuhan di Maluku Disinggahi Tol Laut

Oleh : Herry Barus | Jumat, 21 September 2018 - 09:45 WIB

Pelabuhan Peti Kemas (Foto Dok Industry.co.id)
Pelabuhan Peti Kemas (Foto Dok Industry.co.id)

INDUSTRY.co.id - Ambon - Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Provinsi Maluku menyatakan bahwa hingga kini baru lima pelabuhan di Maluku yang disinggahi kapal tol laut.

"Ke lima pelabuhan itu masing-masing Pelabuhan Dobo, Kabupaten Kepulauan Aru, Saumlaki, Kabupaten Maluku Tenggara Barat (MTB), Namrole, Kabupaten Buru Selatan (Bursel), Namlea, Kabupaten Buru dan pelabuhan Tiakur, Kabupaten Maluku Barat Daya (MBD)," kata Kepala Bidang Perdagangan Dalam Negeri Disperindag Provinsi Maluku Bustaman Ohorella di Ambon, Rabu  (19/9/2018)

Kalau ditanya kenapa kapal tol laut belum menyinggahi pelabuhan Ambon dan Tual itu memang ada alasannya, sebab dua pelabuhan ini setiap kali disinggahi kapal-kapal barang daru Pulau Jawa.

Bustaman mengatakan, jadi lima daerah itu yang disinggahi tol laut sebab ada perbedaan harga yang menonjol terutama kebutuhan pokok.

"Program tol laut ini merupakan kebijaksanaan Pemerintah Pusat, di bidang angkutan, dengan harapan akan menekan harga di pasaran terutama kebutuhan pokok," katanya.

Jadi selama ini harga -harga yang dipatok para pedagang di Kabupaten Aru, MTB maupun di MBD selalu tinggi melebihi lima persen dari harga yang ada di sentra produksi.

Namun setelah adanya program tol laut harga masih tetap tinggi bahkan bisa mencapai 20 persen.

"Misalnya saja gula pasir yang kalau di Ambon atau di sentra produksi Rp12.000/Kg, ternyata di Dobo maupun di Samlaki hingga kini masih tetap berkisar antara Rp20.000/Kg, bahkan di MBD lebih dari itu," ujarnya.

Hal ini merupakan pertanyaan untuk Pemda setempat, karena kapal-kapal tol laut ini setelah mengangkut kebutuhan pokok ke lima pelabuhan tersebut setelah kembali harus ada muatan atau kargo, ternyata tidak ada, kapal-kapal itu balik ke Jawa dalam keadaan kosong.

"Kapal-kapal tol laut ini juga minimal sebulan sekali melakukan pelayaran, namun ternyata yang terjadi dua hingga tiga bulan baru dia kembali lagi, hal ini disebabkan akibat faktor penyebab yang tadi itu, dia kembali dalam keadaan kosong," ujarnya.

Ini situasi yang terjadi seperti itu, lanjutnya, dari hasil pemantauan dan pengamatan Disperindag Provinsi Maluku kenyataannya sepertti itu. (Ant)

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Aldila Warganda SH (kiri) dan Rheno Halomoan Setjo SH yang menjadi penjamin kepulangan Ratih (kerudung). TKW yang dua tahun terlantar di Dubai.

Selasa, 21 Mei 2019 - 09:27 WIB

Alasan Kemanusiaan, Aldila Warganda SH Jadi Penjamin Kepulangan TKW Ratih Dari Dubai

Aldila Warganda SH dari Kantor Pengacara Satria Tarigan & Aldila Warganda Legal Consultan menjadi penjamin kepulangan seorang Tenaga Kerja Wanita (TKW) bernama Ratih yang sudah dua tahun terlunta…

Kegiatan transaksi di kantor BRI Syariah

Selasa, 21 Mei 2019 - 08:51 WIB

BRI Syariah dan Paytren Kembangkan Sistem Skema Onboarding Account

Jakarta --- Menindaklanjuti nota kesepahaman antara BRIsyariah dan Paytren perihal Pemanfaatan Jasa Perbankan Syariah yang telah ditandatangani pada tanggal 26 April 2019 dalam acara Indonesia…

Menteri Perhubungan, Budi Karya Sumadi (twitter.com/budikaryas)

Selasa, 21 Mei 2019 - 08:33 WIB

Menhub Prediksi Jumlah Pemudik Tahun Ini Naik Jadi 23 Juta Orang

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi memprediksi jumlah pemudik pada tahun 2019 akan meningkat mencapai 23 juta orang pemudik. Tren kenaikan sebanyak 6 persen dari tahun 2018 ini mengikuti…

Direktur Utama BNI Syariah saat memberikan santunan ke anak Yatim

Selasa, 21 Mei 2019 - 08:13 WIB

BNI Syariah Salurkan Bantuan Rp 1,4 Miliar

Jakarta - Serentak di 76 titik di Indonesia, BNI Syariah menggelar kegiatan sosial bertajuk 'Kisah Cinta Hasanah' bekerjasama dengan Yayasan Hasanah Titik (YHT). Acara ini dalam rangka Milad…

Pedagang bawang putih di salah satu pasar tradisional

Selasa, 21 Mei 2019 - 08:04 WIB

Uniknya Strategi Menuju Swasembada Bawang Putih

Jakarta - Di tengah pro kontra langkah Indonesia yang masih impor dalam memenuhi kebutuhan konsumsi bawang putih, Ditjen Hortikultura memastikan pertanaman bawang putih lokal terus on the track…