Volume Penjualan Ekspor Semen Indonesia Tahun ini Ditargetkan Tiga Juta Ton

Oleh : Abraham Sihombing | Kamis, 20 September 2018 - 02:15 WIB

PT Semen Indonesia Tbk (SMGR) (indonesianindustry)
PT Semen Indonesia Tbk (SMGR) (indonesianindustry)

INDUSTRY.co.id - Surabaya – Manajemen PT Semen Indonesia Tbk (SMGR) menargetkan ekspor semen sebanyak 3 juta ton bernilai total Rp4,44 triliun hingga akhir tahun ini. Pada Januari-Agustus 2018, perseroan telah mengekspor 1,99 juta ton semen, atau lebih tinggi 42,7% dibandingkan periode yang sama pada 2017 sebanyak 1,39 juta ton.

“Itu artinya, sepanjang 8 bulan pertama tahun ini, perseroan telah merealisasikan 66,33% dari target ekspor setahun penuh,” ujar Adi Munandir, Direktur Marketing & Supply Chain SMGR, dalam acara Investor Summit di Gedung Bursa Efek Indonesia (BEI) Surabaya, Jawa Timur, Rabu (19/09/2018).

Adi mengemukakan, keberhasilan pencapaian penjualan ekspor Januari hingga Agustus 2018 diatas membuktikan bahwa kualitas produk yang dihasilkan pabrik semen perseroan telah diakui secara Internasional serta berdaya saing tinggi.

Adapun negara tujuan ekspor semen dan klinker perseroan adalah Srilanka, Tahiti, Timor Leste, Tonga, Uni Emirat Arab, Yaman, Filipina, China. Di samping itu, perseroan juga mengekspor ke Australia, Austria, Maladewa, India dan Bangladesh.

“Perseroan akan terus mendorong ekspor guna memperkuat kurs rupiah terhadap Dolar AS serta untuk memacu utilisasi pabrik domestik. Pasalnya, industri semen dalam negeri sedang saat ini mengalami kelebihan pasokan 40%. Itu mengakibatkan persaingan dagang menjadi sangat ketat,” papar Adi.

Karena itu, demikian Adi, untuk meningkatkan penjualan di pasar ekspor, perseroan akan memperkuat jaringan ekspor di berbagai negara tujuan ekspor serta menjajaki berbagai negara lainnya dan ikut aktif dalam kegiatan misi dagang. (Abraham Sihombing)

 

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Aquaproof donasikan APD ke sejumlah rumah sakit

Minggu, 07 Juni 2020 - 15:05 WIB

Aquaproof Donasikan APD untuk Tenaga Medis ke Sejumlah Rumah Sakit

Aquaproof melalui CO-HOPE pada Selasa lalu (2/6/20) mendonasikan APD (Alat Pelindung Diri) ke RS Zahirah dan RS Jantung Jakarta. Perlengkapan yang diberikan berupa Masker N95, surgical mask,…

Mengenal Basuki Surodjo Bos Indusri Teknologi yang Hampir Drop Out Kuliah

Minggu, 07 Juni 2020 - 15:00 WIB

Mengenal Basuki Surodjo Bos Industri Teknologi yang Hampir Drop Out Kuliah

Basuki Surodjo merupakan salah satu pengusaha IT tersukses di Indonesia yang saat ini memiliki beberapa unit usaha seperti Ayooklik.com yang bergerak di bidang e-catalogue Lembaga Kebijakan…

Aplikasi Indodana (Hariyanto/INDUSTRY.co.id)

Minggu, 07 Juni 2020 - 14:00 WIB

Fintech Indodana Resmi Kantongi Izin Usaha dari OJK

Perusahaan teknologi Finansial Lending (Fintech Lending) PT. Artha Dana Teknologi (Indodana) resmi mengantongi izin usaha dari Otoritas Jasa Keuangan (OJK) pada tanggal 3 Juni 2020 sesuai surat…

Minyak Kelapa Murni (ist)

Minggu, 07 Juni 2020 - 13:50 WIB

Kabar Gembira...Guru Besar Untan Buktikan Minyak Kelapa Murni Ampuh Bunuh Virus Covid-19

Pakar Kimia Agroindustri dari Universitas Tanjungpura (Untan) Pontianak, Thamrin Usman mengatakan, minyak kelapa murni atau virgin coconut oil (VCO) dapat membunuh virus corona penyebab Covid-19

Kapolri Jenderal Polisi, Idham Azis (Foto Ist)

Minggu, 07 Juni 2020 - 13:00 WIB

Enam Ton Lebih Narkotika Berhasil Disita Korps Bhayangkara

Kapolri Jenderal Polisi Idham Azis menegaskan bahwa Korps Bhayangkara berkomitmen untuk memberantas narkoba sekaligus memeranginya.