Volume Penjualan Ekspor Semen Indonesia Tahun ini Ditargetkan Tiga Juta Ton

Oleh : Abraham Sihombing | Kamis, 20 September 2018 - 02:15 WIB

PT Semen Indonesia Tbk (SMGR) (indonesianindustry)
PT Semen Indonesia Tbk (SMGR) (indonesianindustry)

INDUSTRY.co.id - Surabaya – Manajemen PT Semen Indonesia Tbk (SMGR) menargetkan ekspor semen sebanyak 3 juta ton bernilai total Rp4,44 triliun hingga akhir tahun ini. Pada Januari-Agustus 2018, perseroan telah mengekspor 1,99 juta ton semen, atau lebih tinggi 42,7% dibandingkan periode yang sama pada 2017 sebanyak 1,39 juta ton.

“Itu artinya, sepanjang 8 bulan pertama tahun ini, perseroan telah merealisasikan 66,33% dari target ekspor setahun penuh,” ujar Adi Munandir, Direktur Marketing & Supply Chain SMGR, dalam acara Investor Summit di Gedung Bursa Efek Indonesia (BEI) Surabaya, Jawa Timur, Rabu (19/09/2018).

Adi mengemukakan, keberhasilan pencapaian penjualan ekspor Januari hingga Agustus 2018 diatas membuktikan bahwa kualitas produk yang dihasilkan pabrik semen perseroan telah diakui secara Internasional serta berdaya saing tinggi.

Adapun negara tujuan ekspor semen dan klinker perseroan adalah Srilanka, Tahiti, Timor Leste, Tonga, Uni Emirat Arab, Yaman, Filipina, China. Di samping itu, perseroan juga mengekspor ke Australia, Austria, Maladewa, India dan Bangladesh.

“Perseroan akan terus mendorong ekspor guna memperkuat kurs rupiah terhadap Dolar AS serta untuk memacu utilisasi pabrik domestik. Pasalnya, industri semen dalam negeri sedang saat ini mengalami kelebihan pasokan 40%. Itu mengakibatkan persaingan dagang menjadi sangat ketat,” papar Adi.

Karena itu, demikian Adi, untuk meningkatkan penjualan di pasar ekspor, perseroan akan memperkuat jaringan ekspor di berbagai negara tujuan ekspor serta menjajaki berbagai negara lainnya dan ikut aktif dalam kegiatan misi dagang. (Abraham Sihombing)

 

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Dirut Bank BTN, Maryono, sedang memberikan penjelasan mengenai kondisi sektor properti pasca pilpres 2019 di Jakarta.

Rabu, 22 Mei 2019 - 23:58 WIB

BTN SIAPKAN RP14,58 TRILIUN SAMBUT LIBUR IDUL FITRI 1440 H

Jakarta-Untuk menjamin tercukupinya kebutuhan dana tunai bagi nasabah menjelang dan sesudah Hari Raya Idul Fitri 1440 H, PT Bank Tabungan Negara (Persero) Tbk menyiapkan dana sebesar Rp 14,58…

Segarkan Tubuh dan Jiwa dengan Varian Baru Fayrouz Kurma

Rabu, 22 Mei 2019 - 23:53 WIB

Segarkan Tubuh dan Jiwa dengan Varian Baru Fayrouz Kurma

Segarkan Tubuh dan Jiwa dengan Varian Baru Fayrouz Kurma

Manajemen PT Blue Bird Tbk [kiri- kanan] Andeka Putra (Chief Information Officer), Andrianto Djokosoetono ( Direktur) Noni Purnomo (CEO) Sigit P. Djokosoetono Purnomo Prawiro (Direktur) Sandy Permadi (Chief Finance Officer )

Rabu, 22 Mei 2019 - 23:02 WIB

Bluebird Tunjuk Noni Purnomo sebagai Direktur Utama PT Blue Bird Tbk

Jakarta-Sesuai keputusan Rapat Umum Pemegang Saham Tahunan (RUPST) yang dilaksanakan oleh PT Blue Bird Tbk pada hari Rabu, 22 Mei 2019, di Gedung Bursa Efek Indonesia, Jakarta; Noni Purnomo…

Perayaan Idul Fitri (Foto Dok Industry.co.id)

Rabu, 22 Mei 2019 - 21:00 WIB

Tujuh Perayaan Idul Fitri di Seluruh Dunia

Hari Raya Idul Fitri, hari raya keagamaan yang menandai berakhirnya bulan suci Ramadan, dirayakan oleh umat Islam di seluruh dunia. Kali ini, Agoda, salah satu agen perjalanan online yang paling…

Wiranto, Menkopolhukam (Foto Dok Industry.co.id)

Rabu, 22 Mei 2019 - 20:00 WIB

Wiranto: Aparat Keamanan akan Bertindak Tegas

Menteri Koordinator Bidang Politik Hukum dan Keamanan Wiranto menyebutkan pemerintah sudah mengetahui dalang dari aksi kerusuhan yang terjadi pada Selasa malam (21/5/2019) hingga Rabu dini hari…