Volume Penjualan Ekspor Semen Indonesia Tahun ini Ditargetkan Tiga Juta Ton

Oleh : Abraham Sihombing | Kamis, 20 September 2018 - 02:15 WIB

PT Semen Indonesia Tbk (SMGR) (indonesianindustry)
PT Semen Indonesia Tbk (SMGR) (indonesianindustry)

INDUSTRY.co.id - Surabaya – Manajemen PT Semen Indonesia Tbk (SMGR) menargetkan ekspor semen sebanyak 3 juta ton bernilai total Rp4,44 triliun hingga akhir tahun ini. Pada Januari-Agustus 2018, perseroan telah mengekspor 1,99 juta ton semen, atau lebih tinggi 42,7% dibandingkan periode yang sama pada 2017 sebanyak 1,39 juta ton.

“Itu artinya, sepanjang 8 bulan pertama tahun ini, perseroan telah merealisasikan 66,33% dari target ekspor setahun penuh,” ujar Adi Munandir, Direktur Marketing & Supply Chain SMGR, dalam acara Investor Summit di Gedung Bursa Efek Indonesia (BEI) Surabaya, Jawa Timur, Rabu (19/09/2018).

Adi mengemukakan, keberhasilan pencapaian penjualan ekspor Januari hingga Agustus 2018 diatas membuktikan bahwa kualitas produk yang dihasilkan pabrik semen perseroan telah diakui secara Internasional serta berdaya saing tinggi.

Adapun negara tujuan ekspor semen dan klinker perseroan adalah Srilanka, Tahiti, Timor Leste, Tonga, Uni Emirat Arab, Yaman, Filipina, China. Di samping itu, perseroan juga mengekspor ke Australia, Austria, Maladewa, India dan Bangladesh.

“Perseroan akan terus mendorong ekspor guna memperkuat kurs rupiah terhadap Dolar AS serta untuk memacu utilisasi pabrik domestik. Pasalnya, industri semen dalam negeri sedang saat ini mengalami kelebihan pasokan 40%. Itu mengakibatkan persaingan dagang menjadi sangat ketat,” papar Adi.

Karena itu, demikian Adi, untuk meningkatkan penjualan di pasar ekspor, perseroan akan memperkuat jaringan ekspor di berbagai negara tujuan ekspor serta menjajaki berbagai negara lainnya dan ikut aktif dalam kegiatan misi dagang. (Abraham Sihombing)

 

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Tambang Batubara (ist)

Selasa, 17 Mei 2022 - 10:44 WIB

Pasokan Batubara Dunia Melimpah, HBA Mei Turun Jadi USD275,64 per Ton

Harga Batubara Acuan (HBA) bulan Mei 2022 turun USD12,76 dari bulan sebelumnya ke angka USD275,64 per Ton. Penurunan HBA bulan Mei 2022 disebabkan oleh meningkatnya jumlah pasokan batubara dunia,…

Petani Sawit menyampaikan aspirasi

Selasa, 17 Mei 2022 - 10:11 WIB

Petani Sawit Minta Larangan Ekspor Minyak Goreng dan CPO Dicabut

Petani Sawit mengharapkan larangan minyak goreng dan CPO dicabut.

Ketua DPR Puan Maharani

Selasa, 17 Mei 2022 - 09:57 WIB

Mengecam Keras! Puan Maharani: Jerat Penculik yang Cabuli Anak dengan UU TPKS

Jakarta-Ketua DPR RI Dr. (H.C) Puan Maharani mengecam keras penculikan belasan anak di wilayah Jakarta dan Bogor yang disertai dengan kekerasan seksual.

Peternakan sapi perah

Selasa, 17 Mei 2022 - 09:31 WIB

Waspada! Pasca Temuan Penyakit Mulut dan Kuku di Mojosongo, Polda Jateng Wanti-Wanti Peternak Sapi

Semarang-Tim Satgas Pangan Polda Jateng mewanti-wanti kepada para peternak sapi di Boyolali pasca temuan penyakit mulut dan kuku (PMK) pada sapi di Mojosongo, pekan lalu.

Ichitan gelar Mobile Legend Championship berskala nasional untuk dukung perkembangan E-sports di Indonesia. (Foto: Humas Ichitan)

Selasa, 17 Mei 2022 - 07:55 WIB

Dukung Perkembangan E-sports, Ichitan Gelar Mobile Legend Championship Berskala Nasional

Ichitan akan menggelar Mobile Legends Championship berskala nasional. Kegiatan ini bisa menjadi ajang pembuktian kemampuan para penggemar Mobile Legends di Indonesia.