Volume Penjualan Ekspor Semen Indonesia Tahun ini Ditargetkan Tiga Juta Ton

Oleh : Abraham Sihombing | Kamis, 20 September 2018 - 02:15 WIB

PT Semen Indonesia Tbk (SMGR) (indonesianindustry)
PT Semen Indonesia Tbk (SMGR) (indonesianindustry)

INDUSTRY.co.id - Surabaya – Manajemen PT Semen Indonesia Tbk (SMGR) menargetkan ekspor semen sebanyak 3 juta ton bernilai total Rp4,44 triliun hingga akhir tahun ini. Pada Januari-Agustus 2018, perseroan telah mengekspor 1,99 juta ton semen, atau lebih tinggi 42,7% dibandingkan periode yang sama pada 2017 sebanyak 1,39 juta ton.

“Itu artinya, sepanjang 8 bulan pertama tahun ini, perseroan telah merealisasikan 66,33% dari target ekspor setahun penuh,” ujar Adi Munandir, Direktur Marketing & Supply Chain SMGR, dalam acara Investor Summit di Gedung Bursa Efek Indonesia (BEI) Surabaya, Jawa Timur, Rabu (19/09/2018).

Adi mengemukakan, keberhasilan pencapaian penjualan ekspor Januari hingga Agustus 2018 diatas membuktikan bahwa kualitas produk yang dihasilkan pabrik semen perseroan telah diakui secara Internasional serta berdaya saing tinggi.

Adapun negara tujuan ekspor semen dan klinker perseroan adalah Srilanka, Tahiti, Timor Leste, Tonga, Uni Emirat Arab, Yaman, Filipina, China. Di samping itu, perseroan juga mengekspor ke Australia, Austria, Maladewa, India dan Bangladesh.

“Perseroan akan terus mendorong ekspor guna memperkuat kurs rupiah terhadap Dolar AS serta untuk memacu utilisasi pabrik domestik. Pasalnya, industri semen dalam negeri sedang saat ini mengalami kelebihan pasokan 40%. Itu mengakibatkan persaingan dagang menjadi sangat ketat,” papar Adi.

Karena itu, demikian Adi, untuk meningkatkan penjualan di pasar ekspor, perseroan akan memperkuat jaringan ekspor di berbagai negara tujuan ekspor serta menjajaki berbagai negara lainnya dan ikut aktif dalam kegiatan misi dagang. (Abraham Sihombing)

 

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Huawei P30 Pro Mystic Blue dan Case Glamor Swarovski

Senin, 14 Oktober 2019 - 17:12 WIB

Huawei P30 Pro Hadirkan Warna Baru, dan Case Glamor Swarovski untuk Pasar Indonesia

Meskipun Huawei memperkenalkan dua varian warna baru di IFA 2019, yakni Mystic Blue dan Musty Lavender, namun hanya Mystic Blue yang diberikan untuk pasar Indonesia.

Danyonpom 2 Marinir Lepas Atlet Binsat Renang dan Dayung

Senin, 14 Oktober 2019 - 17:00 WIB

Danyonpom 2 Marinir Lepas Atlet Binsat Renang dan Dayung

Komandan Batalyon Polisi Militer 2 Marinir Letkol Marinir Afin Dudun Abisantha, S.E., M.M.,M. Tr.Hanla. memimpin acara pelepasan atlet renang dan dayung dalam rangka lomba Pembinaan Satuan (Binsat)…

Presiden Joko Widodo Meresmikan Proyek Palapa Ring Timur

Senin, 14 Oktober 2019 - 17:00 WIB

Presiden Joko Widodo Meresmikan Proyek Palapa Ring Timur

Presiden Republik Indonesia, Ir. Joko Widodo, Senin (14/10/2019) meresmikan beroperasinya Palapa Ring Timur yang telah selesai dibangun bulan Agustus 2019 lalu. Paket Palapa Ring Timur melengkapi…

Film 'Naga Bonar Reborn' Siap Tayang Bulan Oktober 2019

Senin, 14 Oktober 2019 - 16:21 WIB

Film ‘Naga Bonar Reborn’ Siap Tayang Tapi Masih Bermasalah Soal Hak Cipta

Film Naga Bonar Reborn yang diproduksi oleh PT Gempita Tjipta Perkasa (GTP) menurut kabar yang diterima oleh Industry.co.id sudah mendapat jadwal tayang dari jaringan bioskop XXI pada tanggal…

Dompet Dhuafa Bersama TaniHub Lahirkan Inovasi Digital Di Sektor Peternakan

Senin, 14 Oktober 2019 - 16:19 WIB

Dompet Dhuafa Bersama TaniHub Lahirkan Inovasi Digital Di Sektor Peternakan

Membangkitkan gairah perekonomian melalui pertanian dan peternakan lokal Indonesia, menjadi salah satu konsen kiprah 26 tahun Dompet Dhuafa, di kancah dunia filantropi (14/10), Menghadapi laju…