MUI Maluku Pastikan Vaksin MR Halal

Oleh : Herry Barus | Selasa, 18 September 2018 - 12:28 WIB

Penelitian vaksin dokter (rino/industry.co.id)
Penelitian vaksin dokter (rino/industry.co.id)

INDUSTRY.co.id - Ambon- Majelis Ulama Indonesia (MUI) Provinsi Maluku memastikan vaksin measles rubella (MR) halal dan aman untuk diberikan kepada anak-anak.

"Vaksin MR halal sehingga aman untuk diberikan kepada anak usia 0-15 tahun, karena itu orang tua diimbau untuk membawa anak guna diberi vaksin MR," kata ketua MUI Maluku, Abdullah Latuapo.

Menurut dia, fatwa MUI menyatakan vaksin MR dibolehkan diberikan kepada anak, karena itu mengimbau seluruh masyarakat mendukung program pemerintah dengan membawa anak untuk diimunisasi.

Ia mengatakan, fatwa MUI Pusat Nomor 33 Tahun 2018 terkait imunisasi MR,  menyatakan dibolehkan untuk dberikan kepada anak-anak.

Fatwa MUI telah disebarkan ke seluruh puskesmas, sekolah di Provinsi Maluku agar menindaklanjuti pemberian imunisasi.

Yang terjadi di Kota Ambon saat ini adalah masih banyak terjadi penolakan imunisasi di sejumlah sekolah muslim, dengan fatwa MUI ini diharapkan orang tua segera membawa anak untuk diimunisasi.

"Yang terpenting adalah masyarakat peduli terhadap kesehatan, sehingga mulai membawa anaknya untuk diberikan imunisasi MR agar terlindung dari berbagai penyakit mematikan," ujarnya.

Abdullah menjelaskan, pihaknya juga akan terus mendukung upaya Pemerintah Kota (Pemkot) Ambon untuk mencapai target pemberian vaksin diatas 95 persen.

"Kami akan memberikan pemahaman melalui sosialisasi di sekolah maupun lingkungan bagi Posyandu, selain itu kita berharap di setiap ceramah di masjid dapat disampaikan, sehingga seluruh anak di Maluku terlindung," tandasnya.

Ditambahkannya, MUI memandang penyelenggaraan imunisasi MR merupakan salah satu bentuk ikhtiar dalam mengantisipasi dampak negatif penyakit-penyakit yang dapat dicegah dengan imunisasi. (Ant)

Komentar Berita

Industri Hari Ini

BNI sebagai sponsor utama, siap mendukung gelaran BNI Java Jazz Festival pada 24 - 26 Mei 2024 di JIEXPO Kemayoran yang diselenggarakan oleh Java Festival Production.

Minggu, 05 Mei 2024 - 16:48 WIB

BNI Java Jazz on The Move Special Edition Kembali Hadir!

PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk atau BNI sebagai sponsor utama, siap mendukung gelaran Jakarta International BNI Java Jazz Festival pada 24-26 Mei 2024 di JIExpo Kemayoran Jakarta, yang…

Salah satu lini bisnis MPMX

Minggu, 05 Mei 2024 - 15:40 WIB

MPMX Catat Pendapatan Bersih Capai Rp3,9 Triliun di Kuartal I-2024

PT Mitra Pinasthika Mustika Tbk (MPMX) sukses mencatat pertumbuhan pendapatan bersih mencapai Rp3,9 triliun di kuartal I-2024, atau naik 3% year-on-year (yoy) dibandingkan periode yang sama…

Delegasi The 2nd UN Tourism Regional Conference on the Empowerment of Women in Tourism in Asia and the Pacific saat belajar budaya Bali

Minggu, 05 Mei 2024 - 15:30 WIB

Kemenparekraf Ajak Delegasi The 2nd UN Tourism Regional Conference Belajar Budaya Bali

Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) mengajak para delegasi Delegasi The 2nd UN Tourism Regional Conference on the Empowerment of Women in Tourism in Asia and the Pacific…

KOBEX: Penjualan Alat Berat Non-Tambang Meningkat, KOBEX Bukukan Pendapatan Rp531,94 Miliar Di Triwulan I-2024

Minggu, 05 Mei 2024 - 13:20 WIB

Top! Strategi Apik Membuahkan Hasil, Penjualan Alat Berat Non-Tambang Meningkat, KOBEX Bukukan Pendapatan Rp531,94 Miliar di Triwulan I-2024

Jakarta– PT Kobexindo Tractors Tbk (KOBX) penyedia alat berat terintegrasi telah merilis Laporan Keuangan (Unaudited) triwulan I tahun 2024. Perseroan melaporkan pertumbuhan pendapatan sebesar…

PT BRI Asuransi Indonesia saat RUPS

Minggu, 05 Mei 2024 - 13:02 WIB

BRI Insurance Tebar Dividen 25 Persen

Rapat Umum Pemegang Saham Tahunan 2024 (RUPST) PT. BRI Asuransi Indonesia telah digelar pada hari Senin, tanggal 29 April 2024 di Menara Brilian. Jakarta.