Sektor Logistik Meningkat, Babel Siap Bangun Pelabuhan Internasional

Oleh : Herry Barus | Senin, 17 September 2018 - 12:20 WIB

Pelabuhan Peti Kemas (Foto Dok Industry.co.id)
Pelabuhan Peti Kemas (Foto Dok Industry.co.id)

INDUSTRY.co.id - Pangkalpinang - Gubernur Kepulauan Bangka Belitung, Erzaldi Rosman mengatakan berdasarkan beberapa survei dan studi daerahnya dinyatakan memiliki potensi menjadi kawasan pelabuhan internasional yang dapat menampung semua jenis kapal dengan kapasitas hingga 2.500 GT.

"Dengan adanya potensi ini ke depan diharapkan dapat dibangun sebuah pelabuhan berskala internasional yang dapat menampung kapal-kapal besar sehingga dapat menggerakkan perekonomian di Babel melalui perencanaan yang matang," katanya ketika menjadi pembicara pada pembukaan 1st ICoMA, ICoVAR dan ICoVOSS di Pangkalpinang, belum lama ini.

Ia mengatakan saat ini Bangka Belitung menjadi jalur pelayaran internasional yang stategis dan efisien, sehingga dengan fasilitas pelabuhan yang ada diharapkan dapat memberikan dampak yang sangat baik bagi pembangunan perekonomian di daerah itu.

"Bangka Belitung memiliki tujuh pelabuhan, yaitu dua di Pulau Belitung dan lima di Pulau Bangka. Selain itu, laut Bangka Belitung dengan kekayaannya juga dapat dibandingkan dengan pulau lain di Sumatera," katanya.

Selain memiliki kekayaan laut, Bangka Belitung juga memiliki 450 pulau, dimana 50 pulau di antaranya telah ditempati penduduk. "Ada 400 pulau yang belum tersentuh, sehingga dapat dibayangkan bagaimana keindahan pulau tersebut dan ini merupakan potensi yang bisa kita kembangkan," katanya.

Selain Gubernur Babel Erzaldi Rosman, juga tampil sebagai pembicara kunci Hideaki Kasai dari Akashi National College of Tecnology Japan, Datuk Zainal Kling dari Malaya University dan Seiji Fujiwara dari National Institute of Tecnology Akashi Japan. (Ant)

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Pupuk Indonesia Raih Prestasi di ASEAN Risk Award 2019

Sabtu, 07 Desember 2019 - 09:30 WIB

Pupuk Indonesia Raih Prestasi di ASEAN Risk Award 2019

PT Pupuk Indonesia (Persero) berhasil memboyong dua kategori penghargaan dalam ajang ASEAN Risk Award 2019 yang dihelat di Bali, 5 Desember 2019. Dua kategori tersebut yakni Runner Up kategori…

Peresmian peralatan tempur baru Gunnery Firing Range (GFR) milik Komando Pendidikan Operasi Laut (Kodikopsla) TNI AL

Sabtu, 07 Desember 2019 - 09:30 WIB

Len Industri Komitmen Dukung Kemajuan Pendidikan TNI-AL

PT Len Industri (Persero) terus berkomitmen membantu menyediakan fasilitas pelatihan TNI-AL untuk mendukung industri pertahanan nasional.

Pelaku Bisnis USA Sambut Baik Percepatan Perbaikan Iklim Investasi Indonesia

Sabtu, 07 Desember 2019 - 09:00 WIB

Pelaku Bisnis USA Sambut Baik Percepatan Perbaikan Iklim Investasi Indonesia

Pelaku bisnis Amerika Serikat menyambut baik gebrakan Kabinet Indonesia Maju dalam memperbaiki iklim investasi di Indonesia. Hal tersebut diutarakan sejumlah pengusaha AS dalam forum “Indonesia…

kebakaran hutan dan lahan (karhutla).

Sabtu, 07 Desember 2019 - 07:00 WIB

UNEP : 76% Karhutla 2019 di Lahan Terlantar

Program Lingkungan Perserikatan Bangsa-Bangsa atau United Nations Environment Programme (UNEP) mengeluarkan data terbaru yang menyatakan luasan hutan dan lahan terbakar pada tujuh provinsi di…

BKPM Kembali Gelar Market Sounding Proyek Kerjasama Pemerintah dengan KPBU Pengembangan Kawasan Jogja Agro Techno Park

Sabtu, 07 Desember 2019 - 07:00 WIB

BKPM Kembali Gelar Market Sounding Proyek Kerjasama Pemerintah dengan KPBU Pengembangan Kawasan Jogja Agro Techno Park

Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) bekerjasama dengan Pemerintah Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) dan Kementerian Perencanaan Pembangunan Nasional/Bappenas serta Kantor Bersama Kerjasama…