Pekan Ekonomi Syariah Tingkatkan Ekonomi Sulsel

Oleh : Herry Barus | Sabtu, 15 September 2018 - 09:45 WIB

Bank Mandiri Syariah (Foto Dok Industry.co.id)
Bank Mandiri Syariah (Foto Dok Industry.co.id)

INDUSTRY.co.id - Makassar- Kepala Kantor Perwailan Bank Indonesia Wilayah Sulawesi Selatan (Kpw BI Sulsel ) Bambang Kusmiarso menilai Pekan Ekonomi Syariah (PES) 2018 mampu menggairahkan ekonomi Sulawesi Selatan yang pertumbuhan ekonominya di atas rata-rata pertumbuhan ekonomi nasional.

"Hal inilah mendasari Bank Indonesia wilayah Sulsel menggelar PES 2018 sebagai tindak lanjut 2017 untuk melihat perkembangannya dari tahun ke tahun," kata Kepala Wilayah BI Sulsel Bambang Kusmiarso di Makassar, Jumat (14/9/2018)

Menurut dia melalui tema yang diusung ini yakni "Optimalisasi Potensi Wisata Berbasis Syariah untuk Mendorong Pertumbuhan Ekonomi Iklusi" diharapkan mendapat sambutan banyak pengunjung di salah satu mal ternama di Makassar sejak 14 - 16 September 2018.

Dia mengatakan, Sulsel sebagai pintu gerbang Kawasan Timur Indonesia dan masuk dalam Top 10 destinasi wisata muslim.

Hal itu selanjutnya menjadi pemicu BI Sulsel menggelar PES 2018 untuk lebih mendekatkan lagi masyarakat dengan perbankan syariah.

Selain itu, lanjut Bambang, pelaku bank syariah juga menggandeng mitranya khususnya para pelaku UMKM untuk hadir bersama-sama memberikan sosialisasi sekaligus mendekatkan produknya dengan masyarakat.

Sementara itu, Ketua Asosiasi Perbankan Syariah Indonesia (Asbesindo) Sulsel Kamaruddin Kammisi mengatakan, target transaksi pada PES 2018 diharapkan minimal sama dengan capaian FESYAR 2017 yakni sekitar Rp30 miliar.

"Kita optimis itu dapat dicapai dengan melihat antusiasme masyarakat untuk hadir pada kegiatan PES 2018, termasuk membeli produk dari mitra perbankan syariah yang tersebar di Sulsel.

Pembukaan PES 2018 ditandai dengan pemukulan gendang oleh Gubernur Sulsel Nurdin Abdullah bersama dengan Kepala Kpw BI Sulsel Bambang Kusmiarso, Wakil Wali Kota Makassar Syamsu Rizal dan Ketua Asbesindo Sulsel Kamaruddin Kammisi.

Pada kesempatan yang sama para pelaku usaha bersama sejumlah bank syariah menggelar pameran dan program unggulan masing-masing.

Selain itu, juga digelar "fashion show" busana muslim, talk show dan sertifikasi produk atau makanan halal. (Ant)

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Celebrating Confidence on the Road: Mazda Indonesia Luncurkan The New Mazda CX-3 dan Program Layanan Purna Jual 5 Years MyMazda Warranty

Senin, 06 Mei 2024 - 16:17 WIB

Mazda Optimis Penjualan Melesat Didorong Tiga Model Mobil Ini

Mobil Mazda punya eskterior yang sangat unik dan punya salah satu varian warna merah yang sangat berbeda dengan lainnya yang cukup ilegan nan gagah. Membuat pengemudinya nyaman dan punya pengalaman…

Brand skincare Kharities Beauty milik Rey Utami berhasil masuk dalam skincare kualitas terbaik versi Indonesia Quality Observer.

Senin, 06 Mei 2024 - 15:48 WIB

Ini 5 Skincare Kualitas Terbaik Berdasarkan Hasil Riset Indonesia Quality Observer

Berdasarkan hasil penelitian dan riset Indonesia Quality Observer terhadap produk-produk skincare yang beredar di Indonesia dengan mengacu pada kualitas produk, didapat 5 brand skincare terbaik.

Juru Bicara Kemenperin, Febri Hendri Antoni Arif (Foto: Ridwan/Industry.co.id)

Senin, 06 Mei 2024 - 15:39 WIB

Kemenperin Bongkar Kasus SPK 'Bodong' Senilai Rp80 Miliar di Direktorat IKFH

Kementerian Perindustrian (Kemenperin) berhasil membongkar kasus Surat Perintah Kerja (SPK) fiktif di Direktorat Industri Kimia Hilir dan Farmasi (Direktorat IKFH) Tahun Anggaran 2023.

Cashew Milk produk lokal

Senin, 06 Mei 2024 - 14:33 WIB

Kebaikan Rasa Bumi Indonesia dari Arummi Cashew Milk

Arummi merupakan brand pionir produk susu plant-based lokal berbahan dasar kacang mede atau cashew. Arummi Cashew Milk menghadirkan kebaikan rasa bumi Indonesia dari bahan kacang mede berkualitas,…

Praktisi hukum Dr.Siprianus Edi Hardum, S.IP, S.H.,M.H.

Senin, 06 Mei 2024 - 14:15 WIB

Polisi Didesak Tangkap Provokator Penyerangan terhadap Mahasiswa yang Sedang Berdoa di Serpong

Jakarta – Kapolda Metro Jaya didesak perintahkan anak buahnya agar segera menangkap provokator dan pelaku penyerangan terhadap para mahasiswa Katolik yang sedang menjalankan doa Rosario di…