Mensos Agus Pantau Kesiapan Atlet Asian Para Games

Oleh : Herry Barus | Jumat, 14 September 2018 - 12:20 WIB

Agus Gumiwang Menteri Sosial (Foto Dok Industry.co.id)
Agus Gumiwang Menteri Sosial (Foto Dok Industry.co.id)

INDUSTRY.co.id - Jakarta- Menteri Sosial Agus Gumiwang Kartasasmita mengunjungi lokasi latihan atlet Asian Para Games di Surakarta, Jawa Tengah, Kamis (13/8/2018) , untuk memantau kesiapan mereka yang akan bertanding pada ajang olahraga bagi penyandang difabilitas tersebut.

"Bagaimana latihan hari ini? Terus semangat ya, kompetisi sudah semakin dekat. Jaga kesehatan, istirahat yang cukup dan nutrisi makanan harus diperhatikan ya," ujarnya saat menyapa para atlet penyandang disabilitas panahan di Lapangan Balai Besar Rehabilitasi Sosial Bina Daksa (BBRSBD) Prof DR Soeharso Surakarta.

Dalam keterangan tertulis yang diterima di Jakarta, Mensos Agus didampingi tim pelatih panahan berdialog dengan para atlet dan menjelaskan rangkaian proses latihan yang dijalani.

Total terdapat 14 atlet panahan Indonesia yang akan berlaga di Indonesia Asian Para Games 2018. Dari jumlah tersebut, delapan di antaranya alumus Balai Besar Rehabilitasi Sosial Bina Daksa Prof DR Soeharso Surakarta.

"Melihat para atlet disabilitas berlatih, saya merasakan energi dan semangat yang luar biasa terpancar dari dalam diri mereka. Semoga semuanya dapat tampil dengan bail dan membawa hasil terbaik untuk Indonesia," katanya.

Ia menjelaskan sebagian besar atlet yang akan berlaga di Asian Paragames 2018 adalah alumus BBRSBD Prof DR Soeharso Surakarta.

Tercatat 38 alumus berlaga pada 10 cabang olahraga, yakni angkat berat, tenis meja, anggar, atletik, basket, bowling, renang, bulutangkis, panahan, dan paracycling.

"Ini tentunya menjadi sebuah kebanggaan bagi kami keluarga besar Kementerian Sosial. Anak-anak didik kami telah menunjukkan prestasi yang luar biasa, mampu tampil dengan baik dan konsisten dalam latihan sehingga dapat berkompetisi di Asian Para Games 2018," kata dia.

Di BBRSBD, para penyandang difabilitas mendapatkan bimbingan vokasional, bimbingan sosial, bimbingan fisik, bimbingan mental spiritual, pelayanan kesehatan, dan pemberian alat bantu.

Mereka ditempa menjadi mandiri, percaya diri, memiliki kompetensi, dan optimistis dalam menjalani hari-hari ke depan setelah mereka lulus.

Usai meninjau atlet panahan, Menteri Agus ke lokasi Pemusatan Latihan Nasional Wheelchair Fencing di Jalan Letjen Suprapto Surakarta.

Kementerian Sosial mengawal penuh upaya untuk mendorong kesuksesan Indonesia sebagai tuan rumah Asian Para Games yang ramah difabilitas.

Sebagaimana diamanatkan dalam Keputusan Presiden RI Nomor 2 Tahun 2016 tentang Panitia Nasional Penyelenggaraan Asian Para Games 2018, pada pasal 5 disebutkan bahwa Menteri Sosial merupakan Anggota Panitia Pengarah dan Wakil Ketua I Panitia Penyelenggara Indonesia Asian Para Games 2018.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Anita , Mengembalikan Kejayaan Musik Mandarin di Indonesia

Sabtu, 20 Juli 2019 - 21:00 WIB

Anita , Mengembalikan Kejayaan Musik Mandarin di Indonesia

Jika menyimak tren yang ada, saat ini Indonesia sedang dilanda demam artis, musik dan drama Korea. Para promotor musik di Indonesia berlomba mendatangkan penyayi Korea yang sedang digandrungi…

Peresmian Pabrik PT Pegatron Technology Indonesia

Sabtu, 20 Juli 2019 - 18:05 WIB

Menperin Apresiasi Investasi Pegatron di Batam

Kementerian Perindustrian memberikan apresiasi terhadap realisisasi investasi dari Pegatron selaku perusahaan teknologi asal Taiwan, yang secara resmi telah mengoperasikan pabriknya di Batam,…

Lion Air (Ist)

Sabtu, 20 Juli 2019 - 18:00 WIB

Lion Air Ajak Turis Milenial Lebih Luas Eksplorasi Destinasi Unggulan

Sulawesi Selatan (Sulsel) berlokasi strategis telah menyimpan tujuan wisata memukau, asyik dan keren. Spot popular antara lain Pantai Losari dan Trans Studio Makassar.

DFSK Glory 560

Sabtu, 20 Juli 2019 - 17:48 WIB

Mudahkan Pengunjung Miliki Kendaraan, DFSK Hadirkan Program Leasing

DFSK turut meramaikan Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2019 dengan menampilkan seluruh jajaran kendaraannya lengkap lengkap beserta program penjualan yang menguntungkan bagi…

Bendungan Sei Gong

Sabtu, 20 Juli 2019 - 17:33 WIB

Bendungan Sei Gong Mulai Diisi Untuk Pasok Air Baku Kota Batam

Bendungan yang merupakan salah satu Proyek Strategis Nasional (PSN) tersebut dibangun untuk mengantisipasi peningkatan kebutuhan air baku yang mendesak, baik untuk domestik maupun industri di…