Orang Tua Berperan Tekan Angka Stunting

Oleh : Herry Barus | Jumat, 14 September 2018 - 12:00 WIB

Anak-anak sekolah (Foto Rmol)
Anak-anak sekolah (Foto Rmol)

INDUSTRY.co.id - Jakarta- Pakar menyebutkan bahwa orang tua, baik ibu maupun ayah, harus berpengetahuan yang cukup sebagai salah satu faktor agar anak tidak mengalami kekerdilan.

"Dengan edukasi yang baik untuk orang tua muda. Saya tekankan orang tua, tidak hanya ibu, tapi penting juga untuk mengedukasi para ayah. Dengan edukasi yang baik, kita bisa mendapatkan penurunan angka stunting lebih baik. Edukasi itu super penting," kata Kepala London School of Hygiene & Tropical Medicine, Inggris, Professor Andrew Prentice di Jakarta, Kamis (13/9/2018)

Menurut Prentice, masalah kekerdilan di Indonesia terbagi menjadi dua kelompok, yakni pada kelompok sosio ekonomi bawah dan atas.

Untuk kelompok sosio ekonomi bawah, kasus kekerdilan terjadi karena asupan gizi makanan yang kurang, termasuk juga akses sanitasi dan kebersihan yang kurang.

Sementara kasus kekerdilan pada kelompok sosio ekonomi atas terjadi karena salah dalam memilih pola makan dan memberikan makan pada anak.

Oleh karena itu meskipun pada orang tua yang memiliki status ekonomi baik, tidak menutup kemungkinan anaknya mengalami kurang gizi, gizi buruk, obesitas, atau bahkan stunting atau kerdil.

Yang dimaksud oleh Prentice tentang edukasi orang tua ialah mengenai bagaimana ayah dan ibu menerapkan pola asuh yang benar pada anaknya.

Prentice mencontohkan orang tua urban yang lebih sering memberikan anaknya makanan cepat saji atau "junk food" ketimbang makanan yang bervariasi dan lebih bergizi. Selain itu, orang tua juga tidak mengajak anak beraktivitas fisik dengan membiarkannya menggunakan gawai.

"Mungkin anda merasa anak anda baik-baik saja. Tapi tetap ada yang salah jika anda mengizinkan anak anda mengonsumsi 'junk food', tidak ada aktivitas fisik. Sejak kecil sudah main gawai karena banyak anak saat ini menonton video di handphone saat sarapan," kata Prentice.

Dia menilai masyarakat Indonesia saat ini kurang mengonsumsi susu dan mengalami defisit kalsium yang sangat banyak. Oleh karena itu dia menyarankan agar para orang tua memberikan anak asupan susu maupun bahan makan olahan dari susu untuk menjaga nutrisi dan mencegah kekerdilan.

Kondisi kerdil pada anak yang dikhawatirkan ialah bukan soal kondisi fisik anak yang lebih pendek, melainkan kondisi IQ anak yang rendah karena kurang gizi. (Ant)

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Pengunjung mengamati papan elektronik yang memperlihatkan pergerakan IHSG di gedung BEI (Foto Rizki Meirino)

Rabu, 24 Juli 2019 - 07:47 WIB

Hari Ini IHSG Diwarnai Aksi Jual

Jakarta -Pergerakan IHSG secara teknikal mengkonfirmasi pola dark cloud cover dengan melemah menguji support moving Average 20 hari dan lower bollinger bands. Indikator Stochastic dan RSI pun…

DSC|X Gelar Roadshow di Jakarta (Hariyanto/INDUSTRY.co.id)

Rabu, 24 Juli 2019 - 07:20 WIB

Jadi Episentrum Wirausaha Muda dan Industri Kreatif, DSC|X Gelar Roadshow di Jakarta

Ajang yang hingga kini meraih antusiasme tinggi kepesertaan dari para wirausahawan muda nasional sejak dibuka pendaftarannya secara daring pada 15 Mei lalu dihelat di Estubizi Business Center,…

Presiden Direktur BCA Jahja Setiaatmadja (Foto Ist)

Rabu, 24 Juli 2019 - 07:00 WIB

Euromoney Nobatkan BCA sebagai Bank Terbaik

Kinerja, pencapaian, dan transformasi layanan perbankan yang dilakukan BCA menuai pengakuan hingga ke kancah internasional. Melalui ajang Euromoney Awards for Excellence 2019, PT Bank Central…

PT Jasa Marga

Rabu, 24 Juli 2019 - 07:00 WIB

Semester I 2019, Jasa Marga Catat EBITDA Sebesar Rp 3,34 Triliun

Pada Semester I Tahun 2019, PT Jasa Marga (Persero) Tbk. berhasil mencatat EBITDA sebesar Rp3,34 triliun, tumbuh sebesar 15,4% dibandingkan dengan Semester I tahun lalu. Jasa Marga pada periode…

 Cabai di Pasar

Rabu, 24 Juli 2019 - 06:58 WIB

Program Simantri Sukses Tingkatkan Kesejahteraan Petani

Manggarai - Pelbagai upaya dilakukan Kementerian Pertanian guna meningkatkan kesejahteraan petani. Salah satunya SIMANTRI. SIMANTRI adalah Kegiatan Sistem Manajemen Pertanian Terintegrasi yang…