Kamis Pagi, Rupiah Bergerak Melemah 27 Poin

Oleh : Hery Barus | Kamis, 13 September 2018 - 10:31 WIB

Rupiah (Foto Dok Industry.co.id)
Rupiah (Foto Dok Industry.co.id)

INDUSTRY.co.id - Jakarta- Nilai tukar rupiah yang ditransaksikan antarbank di Jakarta pada Kamis (13/9/2018)  pagi bergerak melemah sebesar 27 poin menjadi Rp14.803 dibandingkan posisi sebelumnya Rp14.776 per dolar AS.

Analis Senior CSA Research Institue Reza Priyambada di Jakarta, mengatakan, mata uang rupiah kembali mengalami depresiasi terhadap dolar AS, namun dengan rentang yang terbatas.

"Upaya pemerintah untuk kembali menarik aliran modal asing di tengah volatilitas yang terjadi pada sejumlah negara berkembang menjaga fluktuasi rupiah relatif stabil," katanya.

Ia mengatakan kunjungan Presiden Joko Widodo ke sejumlah negara serta kehadiran Indonesia di World Economic Forum turut memberikan harapan akan adanya investasi yang masuk ke Indonesia.

Pemerintah, lanjut dia, juga telah mulai mengurangi defisit transaksi berjalan dengan berupaya menarik lebih banyak penghasilan ekspor.

"Sejumlah kabar positif itu diharapkan dapat menahan tekanan rupiah terhadap dolar AS lebih dalam," katanya.

Ia menambahkan Lembaga Penjaminan Simpanan (LPS) juga telah menaikkan tingkat suku bunga penjaminan untuk simpanan dalam rupiah dan valuta asing (valas) untuk mengakomodasi pengetatan moneter dan kecenderungan risiko likuiditas yang lebih tinggi akibat meningkatnya penyaluran kredit.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Anita , Mengembalikan Kejayaan Musik Mandarin di Indonesia

Sabtu, 20 Juli 2019 - 21:00 WIB

Anita , Mengembalikan Kejayaan Musik Mandarin di Indonesia

Jika menyimak tren yang ada, saat ini Indonesia sedang dilanda demam artis, musik dan drama Korea. Para promotor musik di Indonesia berlomba mendatangkan penyayi Korea yang sedang digandrungi…

Peresmian Pabrik PT Pegatron Technology Indonesia

Sabtu, 20 Juli 2019 - 18:05 WIB

Menperin Apresiasi Investasi Pegatron di Batam

Kementerian Perindustrian memberikan apresiasi terhadap realisisasi investasi dari Pegatron selaku perusahaan teknologi asal Taiwan, yang secara resmi telah mengoperasikan pabriknya di Batam,…

Lion Air (Ist)

Sabtu, 20 Juli 2019 - 18:00 WIB

Lion Air Ajak Turis Milenial Lebih Luas Eksplorasi Destinasi Unggulan

Sulawesi Selatan (Sulsel) berlokasi strategis telah menyimpan tujuan wisata memukau, asyik dan keren. Spot popular antara lain Pantai Losari dan Trans Studio Makassar.

DFSK Glory 560

Sabtu, 20 Juli 2019 - 17:48 WIB

Mudahkan Pengunjung Miliki Kendaraan, DFSK Hadirkan Program Leasing

DFSK turut meramaikan Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2019 dengan menampilkan seluruh jajaran kendaraannya lengkap lengkap beserta program penjualan yang menguntungkan bagi…

Bendungan Sei Gong

Sabtu, 20 Juli 2019 - 17:33 WIB

Bendungan Sei Gong Mulai Diisi Untuk Pasok Air Baku Kota Batam

Bendungan yang merupakan salah satu Proyek Strategis Nasional (PSN) tersebut dibangun untuk mengantisipasi peningkatan kebutuhan air baku yang mendesak, baik untuk domestik maupun industri di…