Jamkrindo Fasilitasi Kredit Perumahan Bagi Karyawan

Oleh : Herry Barus | Senin, 10 September 2018 - 12:30 WIB

Randi Anto Dirut Perum Jamkrindo
Randi Anto Dirut Perum Jamkrindo

INDUSTRY.co.id - Jakarta - Perusahaan Umum Jaminan Kredit Indonesia (Perum Jamkrindo) memfasilitasi para karyawannya dalam program pembiayaan pemilikan rumah bekerja sama dengan PT BRI Multifinance Indonesia dan PT Sarana Multigriya Finansial (Persero).

"Semua karyawan bisa mengikuti program, hanya disesuaikan dengan kemampuan angsuran. Jumlah pinjamannya juga fleksibel," kata Direktur Utama Perum Jamkrindo Randi Anto dalam acara peluncuran program di Jakarta, Senin (10/9/2018)

Randi mengungkapkan bahwa saat ini jumlah pegawai di Jamkrindo sekitar 1.100 karyawan. Hingga akhir September 2018, ia memperkirakan akan terdapat 15 peminjam yang memanfaatkan fasilitas tersebut.

Direktur Bisnis Penjaminan Jamkrindo, Amin Mas'udi, mengatakan seluruh karyawan Jamkrindo bisa memperoleh kemudahan pembiayaan kredit dengan plafon pembiayaan perumahan mencapai Rp700 juta dengan bunga fix selama 20 tahun.

Amin menjelaskan plafon dan pengenaan bunga fix hingga 20 tahun lebih menarik karena umumnya pembiayaan konvensional mengenakan bunga fix beberapa tahun saja, selanjutnya mengikuti tingkat bunga pasar. Selain itu, debt to service ratio (DSR) bisa mencapai 40 persen dari take home pay.

"Ini lebih tinggi dari DSR yang umum diterapkan dalam kredit pemilikan rumah yakni 30 persen dari take home pay," kata dia.

Selain plafon pembiayaan maksimal sebesar Rp700 juta, para karyawan yang memanfaatkan fasilitas ini bisa memilih kepemilikan bangunan yang diinginkan, baik rumah tapak siap huni atau rumah susun siap huni.

Karyawan Jamkrindo juga dibebaskan memilih pengajuan pembiayaan untuk bangunan di lokasi mana saja di seluruh Indonesia. Proses pembayaran cicilan juga lebih mudah karena dilakukan skema potong gaji oleh perusahaan.

"Dengan adanya kerjasama ini kebutuhan perumahan bagi karyawan kini dapat terpenuhi. Kami optimistis hal ini akan memberikan dampak positif bagi kinerja perusahaan," kata Amin.

Dalam kesempatan yang sama, Direktur Utama SMF Ananta Wiyogo berharap akses kepemilikan rumah bagi seluruh karyawan Jamkrindo dapat aplikasikan dan dimanfaatkam pada institusi lain ke depannya.

"Melalui kerja sama ini kami berharap selanjutnya produk ini dapat diaplikasikan juga oleh berbagai pihak sehingga dapat memungkinkan mewujudkan kepemilikan rumah yang layak dan terjangkau," kata dia

Komentar Berita

Industri Hari Ini

WIR Group Hadir di ASEAN+ Youth Summit 2023

Kamis, 02 Mei 2024 - 17:36 WIB

Laba Bersih WIR Group Naik Sebesar 11,1% di Kuartal Pertama 2024

Pada kuartal pertama tahun 2024, WIR Group (PT WIR Asia Tbk) mencatat pertumbuhan yang signifikan atas pendapatannya yang mencapai Rp672,6 miliar, meningkat 8,1% dari kuartal pertama tahun sebelumnya.…

Bank BTPN

Kamis, 02 Mei 2024 - 17:18 WIB

Triwulan I-2024, Bank BTPN Catat Peningkatan Penyaluran Kredit Sebesar 24% YoY

PT Bank BTPN Tbk (Bank BTPN) mencetak kinerja positif pada Triwulan I-2024 dengan mencatat peningkatan total penyaluran kredit sebesar 24% year-on-year (yoy) menjadi Rp186,56 triliun pada…

Living World Kota Wisata Cibubur

Kamis, 02 Mei 2024 - 16:59 WIB

Living World Kota Wisata Cibubur Berkolaborasi dengan Pemkab Bogor dan Pendopo Hadirkan UMKM Lokal

Living World, pusat perbelanjaan yang dikembangkan oleh PT Sahabat Kota Wisata yang merupakan perusahaan joint venture antara Kawan Lama Group dan Sinar Mas Land, berkolaborasi dengan Pemerintah…

Ilustrasi kelapa sawit

Kamis, 02 Mei 2024 - 16:40 WIB

GAPKI Kutuk Keras Tindakan Pencurian TBS Kelapa Sawit, Ganggu Iklim Investasi di Kalteng

Terbongkarnya aksi pencurian TBS perkebunan kelapa sawit yang marak terjadi di Kalimantan Tengah. Pencurian dilakukan dengan dalih Fasilitasi Pembangunan Kebun Masyarakat (FPKM) serta klaim…

Menperin Agus Gumiwang Kartasasmita

Kamis, 02 Mei 2024 - 16:27 WIB

Kemenperin - Hippindo Jalin Kolaborasi Jodohkan 65 IKM Pangan dan Furnitur dengan 23 Peritel Besar

Kementerian Perindustrian (Kemenperin) menggelar Business Matching antara industri kecil dan menengah (IKM) pangan dan furnitur bersama ekosistem peritel dan distributor yang tergabung dalam…